Beranda > CurHat, Info, Jamsostek, Jobs > Pencairan JHT Jamsostek

Pencairan JHT Jamsostek

Senin kemarin selesai sudah tujuan saya ke Kantor Jamsostek Cilandak untuk mengambil saldo JHT. Oh iya… sebelum saya menceritakan pengalaman saya *ternyata gampang dan cepat*, ada baiknya kita tahu, apa dan bagaimana JHT itu.

JHT merupakan singkatan dari Jaminan Hari Tua

(www.jamsostek.co.id/info)

Definisi Program JHT
Program Jaminan Hari Tua ditujukan sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena meninggal, cacat, atau hari tua dan diselenggarakan dengan sistem tabungan hari tua. Program Jaminan Hari Tua memberikan kepastian penerimaan penghasilan yang dibayarkan pada saat tenaga kerja mencapai usia 55 tahun atau telah memenuhi persyaratan tertentu.
Iuran Program Jaminan Hari Tua :

  • Ditanggung Perusahaan = 3,7%
  • Ditanggung Tenaga Kerja = 2 %

Kemanfaatan Jaminan Hari Tua adalah sebesar akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya.

Manfaat Program JHT
Jaminan Hari Tua akan dikembalikan / dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya, apabila tenaga kerja :

  • Mencapai umur 55 tahun atau meninggal dunia, atau cacat total tetap
  • Mengalami PHK setelah menjadi peserta sekurang-kurangnya 5 tahun dengan masa tunggu 6 bulan >> koreksi, sekarang masa tunggu hanya 1 bulan saja sesuai PP no. 1 tahun 2009 :)
  • Pergi keluar negeri tidak kembali lagi, atau menjadi PNS/ABRI.

Okeh.. kita lanjutken…

Ceritanya kan saya dah kerja lebih dari 5 tahun nih. trus “gatel” juga pengen nyairin tuh saldo JHT. Jangan ditiru ya teman2, soalnya kan sebetulnya JHT itu untuk kebutuhan di hari tua, lha wong namanya saja Jaminan Hari Tua, malah pengen diambil sebelum tua, sekali lagi jangan dicontoh ya *ketawa nyengir*

Setelah blogwalking ke www.harrypoe.wordpress.com dan melihat website resmi Jamsostek *lebih banyak ga bisa dibukanya, sekalinya bisa dibuka, downloadnya lamaaaa banget*, saya menyiapkan syarat-syarat untuk bisa mengajukan pencairan dana JHT tsb.

Syarat utama pencairan:

1. Telah menjalani masa keanggotaan lebih dari 5 tahun, dan

2. Telah menjalani masa tunggu tenggang 6 bulan, dari kantor tempat mengundurkan diri terakhir.

Kemudian menyiapkan:

1. Fotocopy Kartu Keluarga (2) + aslinya dibawa

2. Fotocopy KTP (2) + aslinya dibawa

3. Fotocopy KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) (2) + aslinya dibawa

4. Fotocopy Surat Keterangan Kerja (2) + aslinya dibawa

5. Materai Rp 6.000 (1)

Tambahan nih… Siapin juga:

- Surat ket. domisili dari RT setempat yang ditinggali sekarang (kalau beda antara domisili di KTP dengan tempat kita mencairkan JHT

- Siapin aja pas foto (atau nanti disana difoto ditempat)

Sempat menelfon ke Kantor Jamsostek Gatot Subroto (021-5207797 dengan Pak Budi) apakah JHT saya hanya bisa dicairkan diwilayah Jakarta Utara saja –mengingat lokasi perusahaan saya yang dulu dan tempat kepesertaan Jamsostek saya didaftarkan di Jamsostek cabang Pluit– oiya, FYI, sebelum di Jakarta Utara, saya bekerja diluar pulau Jawa

Ternyata jawabannya cukup melegakan, karena ternyata bisa dicairkan dimana saja asal persyaratannya lengkap!

Maka dengan semangat ’45 pada 18 Februari kemarin, meskipun dari pagi hujan melulu, tidak menyurutkan niat saya untuk pergi (setelah minta ijin untuk masuk setengah hari ke atasan saya tentunya) ke :

Jamsostek Kantor Cabang Cilandak
Jl. R.A Kartini Kav 13 , Cilandak Barat, Jakarta 12430. Telp 021-75917963 s/d 72

Tiba disana sekitar jam 10 pagi. Masuk, disisi kiri ada Pak satpam, dan saya minta info bagaimana cara pengambilan saldo JHT. Saya disuruh membaca persyaratan (yang rupanya sudah ada dimejanya) dan diberikan Form 5 dan surat keterangan untuk diisi. saya pun mengisi form tersebut dan menyerahkan berkas-berkas persyaratannya. Saldo saya dicek jumlahnya.

Dan….. sebelum jam 12 siang, ternyata proses pencairan telah selesai! Saldo JHT saya diberikan dalam bentuk cash! Alhamdulillah… ternyata tak se-njlimet dan se-susah seperti yang saya bayangkan!

Sayapun lalu segera pergi ke Bank terdekat untuk menabungkan uang tersebut.

*eh… lupa…. bayar hutaaaaang…. ayoooooo…xixixixixi*

dbc bisnis

Photobucket

Baca juga:
Alamat kantor Jamsostek se Jabodetabek

About these ads
  1. Siti Patimah
    Februari 21, 2008 pukul 2:18 am

    Saya baru mengikuti Jamsostek yg diselenggarakan di Perusahaan kami, tapi saya tidak puas dengan pengelola jamsostek di kantor saya, karena potongan yang ada pada slip gaji saya tidak sesuai dengan Perincian Saldo JHT Jamsostek saya yang telah diberikan oleh Jamsostek. Selama ini saya dipotong untuk jamsostek sebesar Rp. 78.000,-/bulan, tapi di rincian saldo JHT hanya sebesar Rp. 57.000,- saya komplain kepada pengelola di kantor saya, namun responnya negatif, dia bilang sisa darinya untuk jaminan kematian.
    Pada prinsipnya saya ingin mengetahui yang sebenarnya kepada Jamsostek, bagaimana hitungan dari Asuransi tersebut. Mohon responnya secara rinci dan bijaksana. karena dikantor saya banyak sekali yang komplain terhadap Jamsostek.

    Terimakasih.
    Besar harapan saya segera direspon secepatnya. untuk konfirmasi lebih lanjut, email ke saya.

    @Siti Patimah
    Biasanya setiap awal tahun kita akan mendapat lembar kecil (setengah halaman kertas folio) yang merinci potongan tersebut dan berapa saldo JHt yang kita punya. Apakah anda mendapat lembar tersebut?
    Lebih jelasnya silahkan and ke http://www.jamsostek.co.id/info/guestbook untuk bertanya lebih lanjut, atau menelfon/ mendatangi kantor cabang jamsostek terdekat jika pengelola kantor anda enggan untuk memberikan keterangan secara terperinci.

  2. Lisriani
    April 4, 2008 pukul 3:43 am

    Saya telah mengikuti JHT selama 5 Tahun 6 bulan,dan sekarang ingin mencairkan dana tersebut ,karena tempat saya bekerja sekarang tidak mengikuti program jamsostek lagi,saya telah mengajukan permohonan pencairan dana tersebut ke kantor jamsostek terdekat,tapi saya mengalami sedikit masalah yang disebabkan perusahaan terakhir tempat saya bekerja belum menonaktifkan keikutsertaan saya. Saya sudah berusaha untuk menelpon ke Personalia 3 kali beliau bilang “ok ” tapi sampai saat ini belum terlaksana, Yang ingin saya tanyakan apakah saya dapat menonaktifkan keikutsertaan saya??Bagaimana caranya??

    Terima kasih…
    Besar harapan saya segera mendapat respon dari pihak Jamsostek secepat mungkin

    • arif
      Desember 3, 2012 pukul 2:48 am

      saya juga pernah mengalami seperti anda……anda langsung ke jamsostek di mana kepesertaan anda di daftar kan nanti bilang ke security atau petugas jamsostek yang bagian menonaktifkan jamsotek anda

      • Dede SitiSofiah
        Desember 11, 2012 pukul 1:19 pm

        Kalo udh mngikuti kpesertaan jamsostek slma 2 thun, dan skrg udh stahun saya kluar dri prushaan trsebut dan tidak mngikuti jamsostek lg.kalo ingin d ambil sekalian d nonaktifkan bisa g ya sblm 5 thun?

  3. WIHARTONO
    April 18, 2008 pukul 7:26 pm

    apakah benar JHT bisa dicairkan,sementara saya masih aktif bekerja diperusahaan?

  4. Thomas
    April 29, 2008 pukul 2:08 am

    Saya hanya ingin kasih info yang saya ketahii tentang jamsostek untuk :

    @Siti Patimah
    Tenaga Kerja hanya dipotong 2% dari gaji untuk JHT. Jadi 2% tidak akan hilang justru akan kembali ke tenaga kerja dalam bentuk tabungan JHT. Jadi tidak ada potongan lainnya untuk tenaga kerja untuk program JK dan JKK.

    @WIHARTONO
    JHT tidak bisa dicairkan apabila tenaga kerja masih aktif bekerja diperusahaan dia terdaftar jd peserta jamsostek.

    Sekian infonya. Semoga bisa membantu.

    @Thomas
    Terima kasih banyak pak atas infonya…
    Salam kenal ya.

  5. sani
    April 29, 2008 pukul 2:54 am

    Setelah sebelumnya puyeng cari info di web resmi Jamsostek karena lemot, harus log in dulu dll . Baca info kamu ttg proses pencairan JHT rasanya sedep benerrr . Simple tapi jelas. & sangat membantu. Thanks ya Toet…

    @sani
    trims kembali… senangnya bisa membantu.

  6. stephanus
    April 30, 2008 pukul 3:51 pm

    saya peserta jamsostek lebih dari 15 tahun, berhenti bekerja krn perusahaan merger dan kary.diberi pilihan tetap bekerja atau mundur. saya pilih keluar dgn pesangon 1 x PMTK. Berhenti sejak februari 2008. Walaupun saya berhenti bulan februari 2008 namun perusahaan(ktr pst di Jakarta) telah menerapkan policy selama masa transisi merger sejak januari 2008 pembayaran jamsostek pending . Terhadap policy ini perusahaan juga telah membuat surat ke Jamsostek dgn tembusan semua kantor cabang.
    yang menjadi pertanyaan ;
    1.kapan masa tenggang saya dihitung dari januari 2008 atau februari ketika saya keluar.
    2. mengapa hrs menunggu 6 bulan padahal saya tdk ada niatan untuk bekerja lagi di perusahaan lain krn usia (50 Thn).
    Saya perlu pencairan dini ,dimaksudkan buat modal kerja wiraswasta saja. adakah solusinya ?
    3. potongan-potongan apa saja yang dikenakan pada saat pencairan ?

  7. Noa
    Mei 15, 2008 pukul 3:48 am

    Bos, thx buat infonya..

    Btw aku punya 3 kartu jamsostek nich, yg pertama sudah lewat 5 thn & 6 bulan register di Jakut, tadinya dah mo ke cabang asal, tp semenjak baca blog ini jd tau bisa cair kesemua cabang.

    yang 1 lagi masih 3 thn dan cabang di daerah sudirman,

    1 kartu lagi masih belum jadi karna baru pindah kantor, gw rencana mo nerusin di kartu ke 2 dan ke 3 tp kata HRDnya jangan, takutnya tar saldonya ngaco.. gitu..

    kalo mau cairin itu ditanya kita masih bekerja atau tidak? denger2 kalo kita masih kerja dana JHT gak boleh dicairin?

    pls advice.

    thx

    @Noa
    salam kenal…
    di form ada pertanyaan seperti itu, kita masih bekerja atau tidak. sebenarnya sih aturannya tidak boleh dicairkan kalau kita masih bekerja, karena kalau bekerja kan dapat penghasilan, sedangkan tujuan JHT kan untuk hari tua, tapi pada prakteknya ya…. boleh dan bisa dicairkan. Di form tersebut ya kita jawab kalau kita belum bekerja lagi.
    Sebagai info, jika kita sekarang masih bekerja dan didaftarkan di kantor jamsostek cabang A, maka JANGAN mencairkan JHT di kantor jamsostek cabang A tersebut (ini yang memberitahu karyawan jamsosteknya sendiri lho).
    Semoga jawaban diatas dapat membantu
    terima kasih kembali…

  8. edward
    Mei 15, 2008 pukul 4:28 am

    mohon tanya dana jht kita sempat putus dari pt a kemudian setelah 6 bulan lanjut di pt b, pengembangan dana saldo jht pt a tidak berlanjut benar ya pak

    @edward
    benar (CMIIW)

  9. Noa
    Mei 16, 2008 pukul 3:57 am

    Salam kenal jg pak..!

    wah ditambah 1 referensi bagus neh, kalo gitu tar aku tanya HRD yg kantor baru itu daftar jamsostek dimana biar gak ketauan..:P

    Btw aku kartu jamsostek aku dicairin 2duanya bisa gak yach, kalo yang pertama sudah 6 thn, tp yg kedua baru 3thn. sebenernya sih gpp jg ditabung di jamsostek, tp takutnya kalo ada kebijakan nanti kudu 1 kartu kan repot tuch..

    pls advice yach..

    Thx

    @Noa
    hihihi… daku wanita loh…hihi….
    bisa… bisa kok kartu yg 6 tahun dan 3 tahun itu.. nanti di jamsostek kan ada print listnya… asal persyaratan lengkap… selamat mencoba…
    kalo udah selesai ngurus kasih tau hasilnya ya….

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 3:54 am

      bisa tuh soalnya dihitung dr masa kepesertaan awal

  10. edward
    Mei 19, 2008 pukul 2:54 am

    menurut saya jht kan sistemnya dana karyawan, kenapa dana pengembangan ngak berlanjut, padahal dana kita tetap tersimpan di jamsostek, kan lucu

  11. nawi
    Mei 31, 2008 pukul 1:23 am

    saya bekerja di suatu perusahaan dan ikut kepesertaan jam sostek tetapi selanjut nya di 2tahun terakhir ini JHT saya tidak disetorkan ke pt.jamsostek tetapi gaji saya tetap dipotong JHT nya.
    bangai mana dengan pengembangan saldo saya?
    apakah perusahaan tempat sya bekerja itu bisa dituntut,apa dasar hukum nya?

    @nawi
    wah, apakah anda yakin bahwa JHT anda tidak disetorkan ke Jamsostek?
    gaji anda sudah dipotong, perusahaan wajib menyetorkan ke jamsostek.
    mohon pencerahan dari yang lain, dasar hukum apa yang dipakai untuk menuntut perusahaan tsb?
    thx sebelumya

  12. salim
    Mei 31, 2008 pukul 3:41 am

    saya telah mengikut program jamsostek sejak oktober 1998 dan telah berhenti dari perusahaan tempat saya terdaftar bulan efektif bulan januari 2008, tepatnya di medan. Sekarang saya telah pindah ke jakarta dan ingin mencairkan dana jamsostek dari jakarta. Ada sedikit ganjalan setelah mengetahui syarat2 yang harus dilengkapi yaitu KARTU K.K ASLI, berhubung saya belum menikah dan otomatis nama saya masih tercantum di KK orang tua, sehingga KK asli tidak saya bawa ke jakarta (yg ada cuma fotocopy), apakah dengan cuma pakai yang fotocopy dana tersebut dapat dicairkan. Mohon pencerahannya…thanks

    @salim
    pak salim, secara peraturan memang syaratnya harus KK asli, tapi mungkin bisa dibicarakan di kantor jamsostek tempat anda ingin mencairkan dana JHT tersebut, jelaskan secara rinci alasan mengapa anda tidak bisa membawa KK asli tsb… mungkin ada kebijakan yang bisa diambil oleh kantor jamsosteknya.
    mohon maaf jika jawabannya kurang memuaskan ya :-)

  13. Noa
    Juni 3, 2008 pukul 9:20 am

    Hi mba toetoet…

    Sorry waktu itu salah panggil he..3x

    Btw senin tgl 2 June kemarin aku dtg ke kantor jamsostek gatsu utk mencairkan dana jht.
    awalnya ada satpam yg cek kartu jamsostek kita, apakah sudah 5 thn apa blum? kemudian baru dikasih form, dan nunggu lama..:(
    soale datengnya dah jam 11.00 berhubung kantorku di BIP jadi bisa bolak-balik n nunggu di kantor.

    sepertinya KK asli gak perlu diperlihatkan, asalkan ada FC kk itu sudah beres, yg bener2 dilihat itu KTP ASLI dan SURAT REFF PERUSH ASLI.

    terus dana aku minta cash jadi nunggu hari jumat tgl 6 June ini balik lage…

    masih deg-degan sama nilai tunainya brp, soale kmrn blm sempet cek saldo..

    btw this blog is very helpfull to me..!!

    Thank’s berat yach…

    ps: yg 1 kartu lagi aku tunggu 2 thn lage degh.. itung2 nabung :)

    @Noa
    Hai juga…:-)
    duh yg lagi deg2an nunggu..
    bisa belanja2 dong yaa *eits.. salah… ditabung!!* hehe
    thx atas info tambahannya ya

  14. Noa
    Juni 4, 2008 pukul 3:54 am

    Berhubung kantor jamsostek cuma jalan kaki 5 menit dr kantor gw, hari ini gw dateng lage utk cek saldo… penasaran gw..:p

    ternyata hasilnya lumayan jg..:)

    kartu yg kedua juga aku cek saldonya.. wow ternyata jauh lebih besar… 2x dr yg pertama. dan aku tanya sebenernya bisa dicairin bareng gak sama yg pertama, soale kartu kedua baru 3 thn, mereka bilang seh coba aja ( so masih blum pasti).

    ya udah ditabung deh.. 2 thn lage cairin dan mengenai bunga dari jamsostek itu hitungannya Yearly (tahunan) makanya kalo dilihat bulanan tidak ada penambahan saldo..

    gitu aja info terakhir…

    ternyata lumayan jg ikut jamsostek…. :)

    @Noa
    Senyum-senyum terus nih kaya’nya :-)
    Bermanfaat *tapi terkadang kita tidak sadar, ada yang protes kenapa gaji kita kok dipotong setiap bulan*
    Masa depan…

  15. Juni 5, 2008 pukul 8:16 am

    Saya sudah keluar dari tempat kerja saya yang lama hampir 8 tahun, di tempat bekerja berikutnya tidak ada jamsostek, apakah saya dapat mencairkan jamsostek saya apabila tidak ada surat keterangan kerja ? bagaimana bila perusahaan tempat saya bekerja sudah tutup ?

    @tribudiarto
    pak, sewaktu bapak keluar dari pt lama, apakah bapak tidak meminta surat keterangan kerja? Karena di surat keterangan kerja itu biasanya dicantumkan lama bekerja, jabatan awal-akhir, alasan berhenti kerja – ini diperlukan untuk cross cek apakah memang benar pernah bekerja di pt tersebut.
    uhhhmm…. rekan2, apakah ada yang bisa memberi info untuk pak tribudiarto?
    thx in advance ya…

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 4:27 am

      @ tribudiarto
      saya pernah ngurusin punya temen pak, gampang tinggal bikin surat kehilangan aja dr kepolisian yang menerangkan bahwa surat keterangan kerja nya hilang, beresssss

  16. Noa
    Juni 10, 2008 pukul 6:49 am

    Kalo perusahaannya masih ada sih bisa minta ke HRDnya..

    Tp kalo perushnya sudah tutup yach kudu di akalin pak, misalnya membuat kop surat ASPAL he..3x (cara ini digunakan kalo emang udah bener2 kepepet..pet..pet…) he..3x

  17. Sabani Tama
    Juni 18, 2008 pukul 1:45 am

    Mba Noa atau Toetoet Saya ingin bertanya neh. Saya bekerja diperusahaan Swasta dan posisi saya adalah HRD staff dan kebetulan saya menangani mengenai Jamsostek dan saya sebenarnya awam mengenai jamsostek terutama apabila ada menanyakan pencairan dana jamsostek tersebut dari awal dia bekerja dan setelah dia putus bekerja? mohon penjelasannya.

    trim
    sabani

    @sabani
    Penjelasan mengenai Jamsostek secara garis besar dan detailnya sebenarnya bisa anda baca dari buku, ataupun melalui website resmi Jamsostek *walaupun bukanya lama dan terkadang malah tidak dapat dibuka*, ataupun by google, di blog orang2… banyak yang bisa anda dapat, sekaligus menambah ilmu.
    ada menanyakan pencairan dana jamsostek tersebut dari awal dia bekerja dan setelah dia putus bekerja? >> monggo dilihat tulisan saya mengenai pencairan JHT ini :-)
    Happy searching!! hehe..

  18. wand
    Juni 25, 2008 pukul 4:18 am

    Mba’ Noe
    5 tahun kepesertaan di hitung dari mana tahunnya ato bulannya ?
    btw saya Agt 2003 ikut Jamsostek dan Mei 2006 saya sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut
    kapan saya harus mencairkan karena sampai saat ini sy blm cairkan, kebutulan lagi BU hi..hi…hi..

    thx

    @wand
    dihitung dari bulannya.
    Kalau di bulan Mei 2006 anda sudah tidak bekerja lagi, pastikan kepesertaan anda di jamsostek dari perusahaan dikeluarkan di bulan apa (biasanya 1 bulan sesudahnya, yaitu bulan Juni 2006 anda sudah tidak terdaftar di Jamsostek)
    Bulan Juni 2006 + masa tunggu 6 bulan = berarti anda sudah bisa mencairkan JHT di bulan Januari 2007.
    Semoga jawaban diatas membantu.
    Salam
    Toetoet

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 4:40 am

      @ wand

      boleh koreksi dikit mba’ toetoet???? mdh2 betul…
      “wand” ikut jamsostek 23 Agt 2003
      Tidak bekerja lg Mei 2006 berarti masa kepesertaan baru 2 tahun 4 bulan
      nah sedangkan JHT baru bs dicairkan setelah masa kepesertaan minimal 5 tahun dan masa tunggu 6 bulan setelah berhenti bekerja

      jd kalo menurut sy JHT nya “wand” baru bs dicairin di feb 2009
      Agst 2003 – feb 2009 = 5 th 6 bln

      semoga bs membantu dan apabila ada kesalahan mohon maaf

      regards
      santy

      @Santy: thx banget ya buat koreksinya

  19. hindun permatasari
    Juni 28, 2008 pukul 8:02 am

    saya mau tanya, gimana klo mencairkan jamsostek dengan menggunakan surat kuasa untuk istri yg mencairkan, makasih saya tunggu jawabannya ya??

    @hindun permatasari
    bisa…
    asal ada surat kuasa bermaterai, dan dengan melampirkan fotocopy ktp, surat nikah, dan persyaratan standar untuk pengambilan JHT ya… thx kembali…

  20. roby
    Juni 30, 2008 pukul 10:49 am

    boss aye kerja selama 8 bulan 3bulan sebelumnya aye dah daftar di jamsostek dari perusahaan sekarang aye gk kerja di perusahaan itu lagi.yg aye pingin tau apakah kartu saya masih berlaku.untuk didaftarkan lagi.

    @roby
    bisa…. kalau kamu kerja lagi, lanjutkan saja kartunya, jadi ga bikin kartu baru lagi

  21. roby
    Juni 30, 2008 pukul 10:51 am

    aye kerja tahun 2002

  22. ebenezer daniel
    Juli 1, 2008 pukul 11:17 am

    bagus sekali response mbak/mas noa dan toetoet.
    Sebenarnya sistem pencairan jht yang merupakan salah satu program yang ada di Jamsostek (selain JKK, JKM dan JPK) tidak sulit kok sepanjang para peserta memahaminya misalnya :
    -sudah berhenti bekerja dengan masa kepesertaan min 5 tahun dan masa tunggu 6 blan
    – Meninggal dunia
    – Mencapai usia 55 tahun
    – Cacat tetap total (permanent disability)
    – menjadi anggota abri/tni/polri dan atau pns
    – meninggalkan negara RI selama-lamanya (menjadi WNA)
    silahkan menghubungi kantor jamsostek terdekat dengan mengisi : form 5 (form pengambilan JHT) dan form pernyataan tidak bekerja lagi dengan melampirkan :
    -KPJ/jamsostek card
    -Identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport)
    -Surat berhenti bekerja/verklaring/resignation letter
    -kartu Keluarga
    Kalau ini sudah dipenuhi rasanya akan gampang menyelesaikan klaim tadi.
    okey, semoga penjelasan ini bermanfaat.

    @ebenezer daniel
    thx banget ya tambahan infonya…

    regards,
    toetoet

  23. NANA
    Juli 3, 2008 pukul 4:01 am

    AQ mo tanya masa rehat dari keluar kerja 6 bulan,hitungannya gmana contoh kali 01 januari keluar 01 juni terhitung 6 bulan gak?

    thank

    @NANA
    terhitung bisa diambil di bulan juli
    sama2

  24. miyanto
    Juli 3, 2008 pukul 4:39 am

    Saya sudah berhenti kerja di 2 perusahaan, pertama saya berhenti tahun 2001 dan yang kedua berhenti April 2008 (kurang lebih 1 tahun 8 bulan) yang ingin saya tanyakan apakah JPK juga bisa dicairkan seperti JHT dan karena istri saya sudah meninggal Pebruari 2008 lalu. Apakah JPK atau istilahnya apa dapat dicairkan saya mohon penjelasan. thanks

    @miyanto
    JPK (jaminan pemeliharaan kesehatan) tidak bisa dicairkan seperti JHT pak.
    JPK itu untuk berobat, anda, istri anda dan anak anda (batas max 3 anak).

  25. fivi
    Juli 3, 2008 pukul 6:02 am

    Saya pernah mjd anggota jamsostek 1 tahun sejak juni 2000-juni 2001 dr perusahaan I, tahun 2002-Maret 2008 saya didaftar lg oleh perusahaan II dg no kartu yg berbeda. Apakah sy dapat mengambil JHT dari kartu I atau syukur2 sekalian kartu II saat ini? Thanks

    @fivi
    untuk kartu 1 anda sudah bisa mengambil JHTnya.
    untuk kartu yang ke II, apakah anda sudah keluar kerja di perusahaan II pada bulan maret 2008? berarti anda harus menungggu sampai bulan oktober 2008 baru bisa mengambil JHT tsb (masa tunggu 6 bulan).
    trims kembali.

  26. rian
    Juli 10, 2008 pukul 5:07 am

    Saya pernah mjd anggota jamsostek selama 6 bulan sejak nov 2006- april 2007 dr perusahaan I, skrg pindah di perusahaan II & akan diikutkan pada JAMSOSTEK.
    -Apakah saya harus didaftar dgn no kartu yang berbeda atau bisa menggunakan no kartu yg lama?
    -Bila bisa didaftar dgn no kartu yg lama, apakah saldo yg lama tetap ada atau hilang?
    -Bila hrs didaftar dgn no kartu yang berbeda, apakah sy dapat mencairkan dana JAMSOSTEK dari kartu I?
    Thx

    @rian
    – sebenarnya lebih enak tinggal melanjutkan, jadi KPJ anda tetap 1 kartu.
    – jangan takut, saldo lama anda tetap ada, kan itu “tabungan” anda, setiap bulan gaji anda dipotong untuk iuran itu, jadi itu hak anda.
    – bisa.
    thx kembali…

  27. rudy
    Juli 14, 2008 pukul 7:46 am

    Pengambilan dana jamsostek peraturannya sekarang kok aneh harus nunggu 6 bulan lagi. padahal itu uang kita sendiri. yang kita setiap bulan di potong gaji sebenarya hak kita mau ambil kapan saja setelah 5 tahun. Jadi peraturan ini merugikan peserta JAMSOSTEK.
    Pimpinan Jamsostek tolong di revesi peraturan ini.

    • Ujang
      Agustus 16, 2010 pukul 6:29 am

      YG TERHORMAT BPK PIMPINAN JAMSOSTEK..KNP SAYA MAU NGAMBIL UANG SAYA TDK BS!!! PADAHAL SAYA SDH BERENTI BEKERJA N GILIRAN MAU DI AMBIL TG 5 THN NIAN DARI MS BERENTI!!!N PADAHAL SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN UANG TERSEBUT TP TG DI AMBILNYA TG 5 THN 6 BLN DL KATA KARYAWAN BPK N PADAHAL SAYA SDH BERENTI 2 THN N BERARTI TG 3THN LG AGAR BS CAIR N KEBURU BASI UANG SAYA PAK!!!!!!!!! MHN KEBIJAKAN BPK DI ATUR ULANG N KARNA UANG SAYA CM SEDIKIT N NGAMBILNYA TG 3 THN LG N KEBURU HARGA2 POKOK MAHAL!!!!!

      rudy :
      Pengambilan dana jamsostek peraturannya sekarang kok aneh harus nunggu 6 bulan lagi. padahal itu uang kita sendiri. yang kita setiap bulan di potong gaji sebenarya hak kita mau ambil kapan saja setelah 5 tahun. Jadi peraturan ini merugikan peserta JAMSOSTEK.
      Pimpinan Jamsostek tolong di revesi peraturan ini.

      • angga
        Januari 20, 2011 pukul 3:09 am

        Saya juga pernah mengajukan pengambilan < 5 thn tp ditolak. Peraturan ini kata orang jamsostek dr pemerintah, mereka hanya menjalankan saja. Menurut saya sangat tidak fair, saya pekerja kontrak per tahun. pada tahun ke 4, kontrak nya diganti ke vendor lain, dan mereka tidak mau meneruskan. Lalu dana jamsostek tidak bisa dicairkan karena baru 4 tahun. Kalo gitu pemerintah jangan buat peraturan yg membolehkan kontrak donk, kalo saya karyawan tetap kan saya tidak perlu repot urus jamsostek yang diputus. Untuk apa uang jamsostek saya selama 4 tahun di endapkan di jamosostek, jika saya bisa ambil uang itu bisa untuk usaha dll. Dan ada regulasi yg sangat tidak fair juga, salah satu syarat pencairan adalah apabila menjadi anggota abri/tni/pns. Ko bisa kalo jadi pns/abri/tni dana jamsostek bisa dicairkan <5thn, sedangkan yg karyawan biasa tidak bisa. Ini ketimpangan namanya. Perlu diingat uang jamsostek saya bukan berasal dari pemerintah, tp dipotong dr gaji saya dan dibayarkan juga oleh perusahaan saya. Kenapa harus sulit untuk mengambil uang sendiri. Jika begitu sebaiknya Jamsostek dibubarkan saja, uang yang untuk ditabung di jamsostek ditabung di bank oleh perusahaan seperti, bisa dicairkan jika karyawan diberhentikan/kontrak habis. Saya rasa regulasi saat ini sangat merugikan karyawan sebagai rakyat, yang diuntungkan ya pemerintah dengan jamsostek.

      • deden
        Maret 15, 2011 pukul 9:42 am

        mohon banget kepada petinggi jamsostek orang yang mo ngambil uang sendiri ohon di permudah dan di fasilitasi aza. perusahaan bisa maju karena kita-kita juga.

    • deden
      Maret 15, 2011 pukul 9:39 am

      iya bener padahal itu kan uang kita, eh malah ribet mo ngambil uang sendiri juga,,,, jadi gk kebeyang apalagi law kita suruh ambil uang orang lain… aduh malah pusing tobayar semesteran lagi

  28. Juli 17, 2008 pukul 2:45 pm

    mba, kartu asli JHT saya hilang tapi slip pemberitahuan JHT masih ada jadi sy tahu nokepesertaan. Bisa ga ya dicairkan dengan surat ket hilang dari polisi. Saya sudah resigned sejak 9 bulan y.l

    @widi
    dicoba saja mbak, seharusnya bisa ya karena dikuatkan dengan surat ket. hilang itu dan ada bukti saldo JHT. kabar2i lagi ya mbak…

  29. Bonbon
    Juli 18, 2008 pukul 10:40 am

    @rudy
    Emang dari peraturan pemerintahnya seperti itu… dulu waktu jamannya PHK besar2an gak pake 6 bulanan. Sekarang dipake lagi.
    Lagi pula 6 bulan itu kan jaga2 kalo si tenaga kerja kerja lagi, trus no kpj nya dilanjutkan.. + 6 bulan tersebut buat ngurus administrasi & pembukuannya + Nah ini manfaat tambahannya KALO SI TENAGA KERJA MENINGGAL DUNIA DALAM MASA TUNGGU 6 BULAN, MAKA DIA BERHAK MENDAPATKAN JKM + JHT NYA (hari gini mah perusahaan gak ada yang mo tau kalo ex karyawannya meniggal).
    6 bulan itu terhitung dari bulan apa si perusahaan ngiur terakhir si tenaga kerja, gak maen di tanggal. So bisa jadi gak sesuai dengan surat berhenti (biasanya gak ke kontrol ama hrd perusahaan gara2 karyawan bejibun)
    kalo ente jadi PNS, abri, polisi, itu bisa diajukan koq tanpa tunggu 6 bulan. tapi tetep harus nunggu iuran terakhir (kadang ada perusahaan yang nunggak iuran tuh)
    trus kalo ente meninggalkan RI(jadi WNA n bukan TKI), cacat tetap total, usia 55 ke atas, juga bisa.
    sekian dari pengalaman saya.
    kalo mo ubah peraturan ya.. demo aja yuk ke pemerintah ^_^

  30. Juli 20, 2008 pukul 8:23 am

    untuk mencairkan dana jht jamsostek dikatakan salah satu persyaratan nya adalah fotocopy kartu keanggotaan jamsostek, bagaimana cara mencairkannya jika kasusnya kartunya hilang, sementara sudah keluar, saya sempat mendatangi kantor jamsostek terdekat dan diberi informasi harus mengurus ke kantor jamsostek dimana perusahaan mendaftarkan keanggotaannya, disertai surat keterangan hilang dari polisi, dan surat yang harus ditandatangani oleh pemilik perusahaan, tapi kalau kasusnya untuk minta tanda tangan dari pemilik perusahaan lama jelas akan mengalami kesulitan, karena posisinya sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut, jadi apakah ada solusi lainnya?

  31. tata
    Juli 21, 2008 pukul 5:23 pm

    gmn caranya para karyawan bs tw hak2 & kwajibannya serta manfaat dr keikusertaan pd program2 jamsostek?(emang prnah ada iklan atau info ttg jamsostek yg dimuat dimedia??) spya perusahaan g lg dg seenaknya memanipulasi data mengenai jaminan sosial karyawan. ditambah lg di Indonesia bnyk bgt pekerja yg awam ttg ini (mungkin krn faktor latar blakang pendidikan yg kurang dsb).intinya gmn caranya kesejahteraan para pekerja bs terjamin????dan gmn spya para pekerja lbh sadar ttg jaminan sosial yg hrsnya mrk terima??

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 4:52 am

      @ tata
      sebenernya untuk memberikan penjelasan ke karyawan adalah tanggung jawab perusahaan (biasanya yang menangani HRD), HRD bs meminta bantuan kepada pihak jamsostek u/ mensosialisasikan ttg jamsostek kpd karyawan. pasti pihak jamsostek akan melayani, hehe sok tau yee…

      Saya pernah nanganin jamsostek di perusahaan sy yg lama, dan itu sy jalanin, alhamdulillah semua karyawan bs mengerti ttg jamsostek dan ap yang menjadi hak2 mereka, mudah kan???

      • Sity
        Juli 23, 2010 pukul 3:03 am

        betul sekali mba santy….sudah menjadi tugas HRD untuk memberikan informasi pada karyawannya tentang program jamsostek yang diikutsertakan oleh perusahaan.Kalo masih kurang puas, bisa juga buka website jamsostek….

  32. adeirawan
    Juli 22, 2008 pukul 6:40 am

    Saya telah menjadi anggota sejak 0904 di perusahaan I apakah saya bisamengambil JHT saya sekarang….

  33. Bonbon
    Juli 24, 2008 pukul 1:04 am

    @ virgo
    Kalo kartu ilang mah bikin surat ket hilang polisi aja disertai nomor nya. nomor itu bisa didapet di saldo cetak yg kita terima tiap tahun(dilampirin juga pada saat pengajuan) dan ngurusnya juga di tempat jamsostek tempat kepesertaan nya. Tapi kalo situ di aceh dan tempat ngedaftarinnya di papua mah ngurus di aceh aja.. sapa juga yg mo pergi jauh2.

    @ hindun p
    buat tambahan aja… pengurusan jht bisa di kuasakan ke istri/suami/anak/famili terdekat tapi tanda tangan di formulir harus tenaga kerjanya sendiri. Kemudian untuk pembayaran, ditransfer ke rek TK nya juga atau cash tetapi tk sendiri yang dateng buat tanda tangan di jamsosteknya. Kalo si TKnya stroke gak bisa kemana mana dan gak punya rek, biasanya uangnya langsung dianterin ama jamsosteknya ke rumah.
    So di Jamsostek emang bener2 dana TK harus sampe ke TK sendiri karena itu namanya “jaminan”, beda hal dengan bank yang bisa menggunakan surat kuasa.
    @tata
    Jamsostek biasanya mengadakan penyuluhan ke perusahaan2. biasanya yg hadir hrd, Serikat pekerja di pershn. Dan tugas pengurus perusahaan adalah yang meneruskan informasi ke tenaga kerja. Biasanya perusahaan yg terbuka ke TK, terlihat dari disampaikannya saldo cetak tiap tahun. Di situ bisa terlihat berapa upah kita yang dilaporkan dan berapa yang dipotong.

    @Bonbon
    Waduh… terima kasih sekali atas penjelasannya…..

  34. eko
    Juli 25, 2008 pukul 8:17 am

    Mbak,

    Saya keluar dari perusahaan lama maret 21/ 08.
    bekerja dari 2004(kepesertaan jamsostek april 2004). kapan JHT saya bisa dicairkan ya ?

    @eko
    jika anda sudah dikeluarkan oleh perusahan dari kepesertaan jamsostek pada bulan maret 2009, maka tinggal ditambah saja masa tunggu 6 bulan, berarti JHT anda sudah bisa dicairkan pada bulan Oktober 2009. CMIIW.

  35. dr.Agus Hasan Setiawan
    Juli 27, 2008 pukul 4:58 am

    Bagaimana kl clinic saya mau menjadi pelayan JPK.

    @dr. Agus Hasan Setiawan
    Bapak bisa menghubungi kantor Jamsostek terdekat untuk kerjasama pelayanan JPK tersebut.
    Maaf jika tidak banyak membantu :-)

  36. Bonbon
    Juli 30, 2008 pukul 1:53 pm

    Mbak,

    Saya keluar dari perusahaan lama maret 21/ 08.
    bekerja dari 2004(kepesertaan jamsostek april 2004). kapan JHT saya bisa dicairkan ya ?

    @eko
    jika anda sudah dikeluarkan oleh perusahan dari kepesertaan jamsostek pada bulan maret 2008, maka tinggal ditambah saja masa tunggu 6 bulan, berarti JHT anda sudah bisa dicairkan pada bulan Oktober 2008. CMIIW.

    ==>bukan seperti itu ngitungnya >_<
    kepesertaan 04-2004, maka lima tahun nya ya di 04-2009, asal nomor gak lanjut aja. Kalo nomor dilanjut, ya tunggu 6 bulan berhenti dan 5 tahun kepesertaan. getoo lho cc…

    @Bonbon
    astaga…. maaf… jawaban saya salah.. saya ga liat 5 tahunnya…
    thx banget ya mas/bang Bonbon… udah dikoreksi*duh, untung ada mas Bonbon*

  37. Bonbon
    Agustus 2, 2008 pukul 3:53 am

    Gpp, kl saya salah juga tolong diperbaiki.
    Panggil saja saya mas, biar lebih akrab… :-P
    Gubrak, kayak org ngegombal.
    Garing deh saya. Kriuk..kriuk gantinya krupuk

    @Bonbon
    Baiklah mas Bonbon…
    silahkan…krupuknya dinikmati *halah*
    tambah garing ya :p

  38. Likyo
    Agustus 3, 2008 pukul 11:16 am

    Mohon penjelasan kalu belum 5 thn tp sudah lewat 6 bulan dan berhenti kerja karena jadi TKW eh TKI bisa kagak gue ambil?..kalu bisa mohon syaratnya..
    Thank

  39. nayla
    Agustus 4, 2008 pukul 4:15 am

    mbak mo tanya kalo ngecek saldo dimana aja and buat tau berapa yang dilapor perusahaan juga slnya perusahaan aku gak terbuka

    makasih

  40. novrie
    Agustus 8, 2008 pukul 11:10 am

    tanya donk mba, potongan apa saja pada saat pencairan dana JHT, krn setahu saya saldo tsb akan dipotong pajak juga, berapa % ya ?

    makasih

  41. egi
    Agustus 13, 2008 pukul 6:01 am

    mas,
    mau tanya apa bisa ukt urus klaim jht jamsostek ini diwakilkan oleh suami/istri?
    kira2 apa ajah persyaratan tambahannya selain yg udah disebutin di atas?

    trus kira2 boleh ga yah formulir utk pengisian klaim jamsostek itu minta tolong diambilkan oleh org lain (diwakilkan)?

    mohon pencerahannya yah.thx

    -egi-

  42. riezna
    Agustus 14, 2008 pukul 5:32 am

    mo tanya dunk
    gw mo bikin usaha baru ne
    toko elektonik gt n jasa perbaikan
    mungkin org krj sktr 3-5 org.
    petanyaan gw, emang jamsostek itu wajib diikutsertakan buat para pegawai ya?
    gw da tanya tmn gw yg da buka usaha bertaun2, dy ga masukin pegawainya ke jamsostek tu..
    tlng direply asap ya
    tq

    • hery
      Januari 26, 2010 pukul 8:57 am

      Seharusnya Jamsostek itu kewajiban pengusaha untuk melindungin pegawainya. Misalnya dari kematian, sakit dan hari tuanya agar pegawai bekerja dengan tenang. Tapi banyak juga pengusaha yang bandel tidak ikutin peg.nya Jamsostek. Banyak juga yang gajinya gede pada ikutan Jamsostek di manage sendiri saja…dan mau diambil kapan saja ga perlu nunggu2. Asal konsekuen dan disiplin. Krn Jaminan kesehatannya saja di Puskesmas…mau ke RS besar harus pakai rujukan2 dan kelas RSnya kelas menengah kebawah.

  43. bubun
    Agustus 27, 2008 pukul 12:26 am

    @riezna
    sesuai dgn peraturan pemerintah no 14 / 1993 ttg penyelenggaraan program jamsostek pada pasal 2 ayat 3 “pengusaha yg mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 10 org atau lebih atau membayar upah total minimal Rp. 1 juta sebulan, wajib mengikutsertakan tenaga kerjanya dalam program jamsostek.

    @ bubun
    thx ya udah mo jawab pertanyaan2 disini…
    salam kenal
    *toetoet*

  44. bubun
    Agustus 27, 2008 pukul 12:28 am

    @egi

    bisa dgn catatan uang jht ditransfer ke rekening bank tidak bisa diambil tunai.

  45. Agustus 27, 2008 pukul 11:57 am

    Wah… berguna banget infonya. Makasih ya udah berbagi pengalaman. Salam kenal.

    @Raatje
    Sama-sama…
    Blog dikau bagus banget! Kapan2 ajarin aku ya…
    Salam kenal juga.
    *thx juga to mas Bonbon yg udah ngebantu*

  46. kyosuke
    Agustus 28, 2008 pukul 7:23 am

    @ egi on Agustus 13, 2008 (6.01 am)

    Utk pengambilan FORMULIR klaim JHT bisa diwakilkan utk diisi dan ditanda tangani dulu di rumah.
    Pada saat penyerahan formulir ke Jamsostek bisa juga diwakilkan asalkan dilampirkan fotokopi buku rekening atas nama yang bersangkutan (sesuai dengan KPJ, tdk boleh atas nama orang lain)
    Kalau mau datang sendiri juga lebih baik.

  47. kyosuke
    Agustus 28, 2008 pukul 7:33 am

    tanya donk mba, potongan apa saja pada saat pencairan dana JHT, krn setahu saya saldo tsb akan dipotong pajak juga, berapa % ya ?

    @novrie on Agustus 8,2008

    Pada saat pencairan saldo JHT tidak akan dipotong secuilpun, malahan saldo tenaga kerja akan dibungakan.
    (sebagai ilustrasi : Saldo Rp. 50.000,- di bank akan habis dipotong administrasi, tapi kalo di Jamsostek akan ditambah dengan bunga dan tdk dipotong sepeserpun)

    • hariani
      Desember 30, 2010 pukul 1:26 pm

      aq ambil dr kutipan di atas *kalo di jamsostek akan ditambah dgn bunga dan tdk dipotong sepersen’pun*
      Maksdnya gmn?
      Apakah kalo JHT tdk diambil walaupun sudah lewat dr 5 thn 6 bln akan berbunga?

  48. kyosuke
    Agustus 28, 2008 pukul 7:36 am

    @ nayla on Agustus 4, 2008

    Utk ngecek saldo bisa di kantor Jamsostek cabang terdekat di mana saja, karena Jamsostek sekarang sudah On-Line

  49. Bonbon
    Agustus 31, 2008 pukul 10:37 am

    aseeek neh.. kayaknya kyosuke karyawan jamsostek sendiri…

    Oiii yang mo nnyanya, halah… nanya jamsostek, ke kyosuke aja.
    kalo ada yang mo ngurus, bisa lewat situ juga? (koq kayak biro jasa aja!?)

    wokwokwok, canda oom.

    Met, puasa yah teman2…

    @Bonbon
    Jangan2 Bonbon dan Kyosuke sama2 di Jamsostek..hehehe
    met puasa juga ya….
    thx banget info & jawabannya
    *toetoet*

  50. Bonbon
    Agustus 31, 2008 pukul 10:43 am

    @kyosuke on Agustus 28, 2008

    itu mungkin potongan pajak penghasilan kali mas, eh om, eh pak, klo gak salah (berarti bener) 25jt s/d 50jt kena 5%. Agresif gitu, bet salah ==> harusnya progresif. Biasa lah pemerintah. Duit sendiri, pake pajak juga.

  51. irsan
    September 3, 2008 pukul 3:25 am

    mba mo tanya dong, saya menjadi anggota jamsostek dari tahun 2005, dan pada bulan maret 2008 masa kontrak kerja saya habis, dan saya bermaksud ingin mencairkan jpk dan jht saya bisa nggak ya….?

    @irsan
    dibulan maret 2008 masa kontrak kerja anda habis, jika HRD anda sudah mengeluarkan anda dari jamsostek, maka anda bisa mencairkan JHt di bulan oktober 2008.
    JPK tidak bisa dicairkan karena itu adalah kerjasama jamsostek dengan poliklinik / rumah sakit yang ditunjuk. Dulu waktu anda sakit dan berobat, anda tidak mengeluarkan biaya kan? karena sudah ada kerjasama itu… jadi tidak bisa dicairkan.

    • hariani
      Desember 30, 2010 pukul 1:19 pm

      Berarti kalo mengalami kecelakaan dan harus dioperasi, apakah semua biaya ditanggung jamsostek (JPK)?? Kalo emang tdk sepenuhnya ditanggung, brp % yg ditanggung oleh jamsostek?

  52. eko
    September 3, 2008 pukul 10:27 am

    Mba..
    Makasih banyak ya pencerahan ttg jamsostek.
    Mo nanya nih mba, saya dulu diikutkan jamsostek mulai thn 2000 dr perusahaan di wilayah tangerang, trus resign n masuk company baru thn 2005.

    Trus alahamdulillah saya dapat company baru di daerah jakarta selatan, n saya minta dilanjutin Jamsosteknya, etung2 biar banyak tabungannya dan gak ganti2 kartu. ternyata company saya skrg dah ditutup per mei 2008 kmrn.

    Pertanyaannya :
    1. Bener gak sih Jamsostek di perusahaan lama boleh dilanjutkan ke perusahaan baru?
    2. Misal mau tanya saldo uang kita bisa gak lewat telepon?…krn tadi pagi saya datang ke jamsostek tanegrang,3/9/2008, antri nya minta ampun mba, n saya balik lagi deh gak jadi tanya.

    Thanks mba ya…

    @eko
    hai… salam kenal.. makasih kembali mas…
    1. Memang seharusnya begitu mas eko, jika kita pindah perusahaan, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) kita dilanjutkan ke perusahaan baru. Jadi nomernya masih yang lama, tidak usah buat kartu baru lagi. Jadi Jamsostek juga melanjutkan saldo anda dari perush lama ke perush baru.
    *pada prakteknya banyak yang kalau pindah perusahaan, malah buat kartu baru, ga mau repot ngurusnya*
    2. Saya ga tahu mas eko… coba telp saja dulu.
    *sebagai patokan kira2 berapa saldo JHT kita, bisa dilihat di lembar rincian saldo JHT yang diberikan kepada kita -bisa setiap bulan, bisa setiap tahun- (tergantung perush mau per bulan atau per tahun).
    >>> jamsostek tangerang ya, tepatnya kantor cabang berapa?… hehe… emang antri…:) kalau kesana musti sabar.

  53. Adysaputra
    September 6, 2008 pukul 5:24 pm

    Numpang tanya ya…
    Kebetulan saya sudah 8 tahun bekerja di salah satu BUMN, kebetulan data diri pada Jamsostek saya ada kesalahan, mulai dari kesalahan penulisan nama, NIP hingga tahun masuk bekerja, sudah beberapa kali saya mohon dilakukan perbaikan atas data diri tersebut namun sulit sekali (mungkin karena saya tidak tahu prosedur yang harus dilakukan), salah satu cara yang saya lakukan adalah membuat surat ke Div. SDM tempat saya bekerja untuk membantu pengurusan tersebut, namun hingga saat ini pun belum ada jawaban/konfirmasi baik dari perusahaan tempat bekerja apalagi dari Jamsostek sendiri.
    Mohon saran dan masukannya.
    Terima kasih.

    @Adysaputra
    Prosedur yang anda lakukan sudah benar pak, div. SDM anda harusnya memfollow up, apalagi sampai menjadi tahunan, seharusnya sejak awal sudah dikoreksi karena ini akan berhubungan dengan saldo JHT anda. Pihak Jamsostek tentunya akan berpatokan pada data yang dilaporkan (dalam hal ini data2 anda ternyata banyak yang salah).
    Pihak Jamsostek mempunyai Form Koreksi data, apakah anda sudah mengisi form tersebut?
    Form tersebut diisi dengan data yang ada dan dikoreksi dengan data yang seharusnya, ditandatangani oleh anda dan div. SDM anda, disertai dengan bukti pendukung (KTP, surat keterangan sudah berapa lama anda bekerja, dll) dan divisi SDM anda yang melaporkan ke Jamsostek.
    Di push lagi saja pak div. SDMnya..
    Terima kasih kembali….

  54. Moko
    September 8, 2008 pukul 3:35 pm

    wah..asik yah udah pada punya jamsostek..

    aq numpang tanya boleh mba??

    aq kerja di sebuah perusahaan distributor gula yang sangat terkenal (jelas terkenal, wong cuma satu satunya) tapi yang saya bingung, di perusahaan ini tidak ada jamsosteknya. memangnya prosedur pengajuan JHT segitu ribetnya kah, sampai berbulan-bulan?? setiap aq tannya ke bag. HRD(dari 3 bulan yang lalu) slalu bilang sedang dalam proses(sampai sekarang).

    mana perusahaan ini ada peraturan baru yang mewajibkan saya menyerahkan ijazah asli(>,<).

    mohon pencerahannya mba, aq baru masuk ke dunia kerja nih, jadi masih awam banget soal JHT. mo buka situs JHT ga bisa kebuka2 (-_-“)

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih ^_^

    @Moko
    Monggo silahkan….

    Sesuai dengan jawaban dari bubun tgl 27 Aug 2008 :
    sesuai dgn peraturan pemerintah no 14 / 1993 ttg penyelenggaraan program jamsostek pada pasal 2 ayat 3 “pengusaha yg mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 10 org atau lebih atau membayar upah total minimal Rp. 1 juta sebulan, wajib mengikutsertakan tenaga kerjanya dalam program jamsostek.

    Sebenarnya prosedur pengajuan JHT tidak ribet jika sudah tahu syarat2nya. Memang ada masa tunggu 6 bulan dari masa berhenti kerja. Tapi saya agak bingung nih, yang anda tanyakan ke bag. HRD itu apa ya masalahnya? apanya yang masih dalam proses?

    Menyerahkan ijasah asli ya?
    Setahu saya ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya menyerahkan ijasah asli, itu di bag. tertentu, misalnya bagian penagihan. Kan berkaitan dengan uang tuh, in case kalau dia mo coba2 kabur, kan ijasahnya ditahan… buat jaga2 aja.
    mungkin ada yang mau menambahkan?

    Untuk selanjutnya mungkin bisa dibaca ya info2 diatas ini…

    salam kenal dan terima kasih kembali….

    • akbar
      Maret 3, 2010 pukul 11:42 am

      PAk saya pernah bekerja di perusahaan,,09/06.dan saya berhenti pada perusahaan tersebut 05/09.menurut pendapat bpk bisa gak jht saya di cairkan..02/10…karna saya butuh uang tersebut…
      sebelum nya saya ucapkan thanks.

  55. ichsan
    September 9, 2008 pukul 3:17 am

    salam kenal……

    saya mo nanya nih mas..?
    1. saya mempunyai 2 kartu Jamsostek yg satu uda berjalan 3 taon yg satu lagi baru beberapa bulan aja,kira2 bisa gak saldo di kartu JHT yg lama di masukin ke kartu JHT yg baru?

    2. bisa gak dana JHT dicairkan sebelum 5 taon?

    jawaban nya saya tunggu mas…ato di email aja

    @ichsan
    salam kenal juga… (akyu mbak loh…hehehe)
    1. Sudah terlanjur punya 2 kartu… ga bisa digabung mas, tapi penghitungan di Jamsostek lengkap kok… bisa diketahui jumlahnya berapa.
    2. Harus min. 5 tahun kepesertaan, jadi ga bisa mas…

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 5:21 am

      @ ichsan
      Maaf nambahin nih mba toetoet, 2 kartu ato lebih bisa digabung ko… jd anda bs pilih mau kartu mana yg dipakai (kalo punya kartu banyak tar bs ilang ilang) urus aja ke kantor jamsostek, flagmasi ato amalgasi sy lupa tuh apa disebutnya kalo penggabungan 2 kartu ato lebih, disana nanti kita bisa ngisi formulir untuk penggabungan saldo supaya jd satu kartu

      terimakasih
      santy

      @santy:
      sebaiknya sih 1 kartu aja ya, kan repot juga kalau harus bikin lagi, daftar lagi… kartunya banyak jadi kaya’ kartu kredit, mending bisa digesek ya :p

  56. September 9, 2008 pukul 7:22 am

    Mbak Toetoet, terimakasih sekali atas info anda. Kebetulan saya mau cairin Jamsostek. Ternyata info yang anda berikan jauuuuh..lebih lengkap dan lebih melegakan dari CS Jamsostek sendiri. Blog anda oke banget.Salam kenal dan mohon ijin untuk link
    ke blog anda

    @Sasa
    sama-sama…. terima kasih kembali… senang bisa membantu.
    *jadi malu ah..hehe*
    salam kenal juga & monggo di link…

  57. Moetia
    September 10, 2008 pukul 1:00 am

    Mbak mau tanya.
    Saya Mulai bekerja pd bulan Okt’ 2003, dan sudah resign pada bulan Nov’2007, (4thn) saya ingin mencairkan dana tsbt, apakah saya harus menunggu sampai keanggotaan 5 thn, yaitu dibulan okt 2008? ato saya sudah dapat mencairkanya sekarang ? Terima Kasih
    Mutia

    @moetia
    ya, anda harus menunggu sampai 5 tahun (benar, bulan okt 08) baru bisa mencairkan dana JHT anda
    terima kasih kembali

  58. nadine
    September 11, 2008 pukul 8:55 am

    Mbak, klo misalnya kt sudah resign sebelum 5thn? apa msh bs diambil jg?
    saya telah bekerja selama 3thn di pershaan yg lama, tp sampai saat ini belum bekerja kembali.
    Dananya bs diambil ya?

    dimohon pencerahannya

    @nadine
    sayangnya tetap blum bisa diambil say, musti nunggu sampe 5 tahun dulu
    musti bersabar ya…

  59. dina
    September 12, 2008 pukul 3:12 am

    Mbak,
    saya bekerja di perusahan lama, selama 4thn berakhir dec’07, sampai saat ini saya belum dpt pekerjaan baru, apakah saya bs mencairkan dana tersebut? kira2 kapan bulan yg tepat utk mencairkan dana jamsostek saya

    trims

    @dina
    4 tahun dec ’07 + 1 tahun lagi = 5 tahun (berarti dec’08). anda bisa mencairkan dana JHT di bulan januari 2009.
    trims kembali…

  60. Yudhi Widiastuti
    September 16, 2008 pukul 2:25 am

    aloow…
    aku baru liat blog ini….mbak di kartu Jamsostek itu kan ada nama terus dibawahnya tgl lahir sama ada angka 1006, 4 digit itu tanggal kepesertaan bukan ya?nah aku dah resign dr kantor lama itu terhitung akhir Juli 08..kira2 JHT ku bisa dicairin kapan ya mb, 1011? ato 6 bulan setelah resig, Januari 09? mohon pencerahannya…TQ

    Lam kenal

    You – dhee

    @Yudhi
    1006 itu berarti kamu terdaftar sebagai peserta jamsostek pada bulan oktober tahun 2006.
    kalo kamu baru bekerja (untuk pertama kali di tahun 2006) itu berarti musti nunggu 5 tahun lagi (2006 + 5 = tahun 2011).
    salam kenal kembali

  61. Dimas
    September 20, 2008 pukul 7:48 am

    Mbak,
    saya pertama kali terdaftar di jamsostek karawang waktu kerja dari feb 2000 sampai feb 2002
    trus kartunya dilanjutin waktu kerja di cikarang dari mei 2002 sampai oktober 2002
    sekarang saya tinggal di ciputat, kira2 jhtnya bisa dicairin di jamsostek terdekat gak?

    Thanks sebelumnya

    @Dimas
    Bisa…kan Jamsostek sudah online.
    Contohnya saya, dulu saya terdaftar di jamsostek batam, kemudian di jamsostek pluit (jakarta utara). Saya mencairkan di jamsostek cilandak (jakarta selatan).
    yang penting persyaratan dibawa lengkap. oke? Thx kembali Dimas…

  62. ariyanti berlian
    September 21, 2008 pukul 2:25 pm

    selamat malam mba…
    saya mau tanya, saya kan uda resign dari kantor lama pada bulan mei 2008.
    awal saya bekerja 2003 tapi nama pt hotan jaya graha namun kira kira 1 tahun lalu saya mendapat kartu peserta jamsostek dengan nomor. kemudian perusahaan tempat saya masih sama tapi nama pt nya berubah lalu saya mendapat kartu baru. kalo diitung selama saya bekerja dari tahun 2003 sd 2008 udah 5 tahun. kira kira saldo saya cairnya kapan ? apakah kartu saya digabungkan bisa diambil dalam masa tunggu 6 bulan jadi bulan 11 bisa diambil. atau pendapat mba bagaimana??? terima kasih sebelumnya

    @ariyanti berlian
    bulan desember 2008 baru bisa dicairkan. meskipun kartu ada 2, saldo JHT anda akan digabungkan. Jadi tenang saja… OK?

  63. Ir.Mislan
    September 22, 2008 pukul 2:57 am

    Dulu saya bekerja di Ternate (MALUT) PT. TAIWI dan JHT saya dari JAMSOSTEK Ternate karena perusahaan kami bangkrut maka saya pulang kampung di Purworejo-Jawa Tengah maka 6 Bln setelah masa tunggu nanti tgl 29-09-2008, saya harus mencairkan JHT saya kemana ? Jamsostek yang terdekat dari Kab:Purworejo karena di Purworejo tidak ada kantor Cabang Jamsostek
    Demikian terima kasih.

    @Ir. Mislan
    Mohon maaf pak, saya tidak bisa menjawab..hehe..
    mungkin yang terdekat di kantor jamsostek Magelang. CMIIW.
    ada yang bisa membantu?

  64. Ir.Mislan
    September 23, 2008 pukul 1:00 am

    Terima kasih atas Responnya tapi mengapa ada kata mungkin.

    @Ir. Mislan
    Terima kasih kembali pak.
    Saya tulis mungkin karena mungkin juga ada kantor Jamsostek yang lebih dekat daripada yang di Magelang.

  65. kyosuke
    September 25, 2008 pukul 7:30 am

    daerah Purworejo masih merupakan wilayah kerja Jamsostek Magelang, jadi mungkin yg paling deket utk pencairan saldo JHT ya di sana (maaf kl salah krn saya bukan dari daerah tsb)
    Alamat Jamsostek Magelang :
    Jl Panca Arga No 31 Magelang (kl blm pindah kantor)

    Thx a lot

    @kyosuke
    trims ya udah dibantu

  66. Prasetyo
    September 25, 2008 pukul 8:39 am

    Salam kenal mbak,

    saya peserta jamsostek yang cukup dikecewakan oleh pelayanan jamsostek tapi ternyata tidak online.
    saya pernah bekerja di perusahaan di daerah tangerang-banten,dengan masa kerja saya sudah 5 tahun 1,5 bulan.
    saya keluar bekerja bulan feb 08 dan saya berencana mencairkan JHT bulan september ini, berarti saya sudah menunggu 6 bulan.
    tetapi karena perusahaan yg dulu masih punya tunggakan pembayaran ke jamsostek 1 tahun.
    Pas saya mau ambil JHT di kantor cabang serang (kebetulan saya tinggal di serang-banten) saya ditolak sampai 3X, padahal persyaratan sudah lengkap seperti yang disyaratkan jamsostek.penolakan yang 1&2 karena saldo saya belum ditutup oleh jamsostek perusahaan terdaftar. dan yang ketiga karena alasan perusahaan masih nunggak dan harus diurus di cabang terdaftar.
    akhirnya dengan rasa kesal saya harus melangkahkan kaki ke jamsostek cikupa-banten.
    begitu sampai sanapun masih ditolak juga karena ada perbedaan nama antara KTP dan KPJ yang cuma tidak dicantumkan gelar saja.
    nah ini yang saya anggap tidak fair & profesional.
    birokrasi yang berbelit. istilah Online hanya berlaku bagi perusahaan yang sehat. padahal kita dipotong tiap bulan.
    mohon masukannya.terima kasih

  67. Bonbon
    September 27, 2008 pukul 11:15 am

    @prasetyo
    teman saya juga punya kasus yang sama seperti situ. dia lebih parah malahan pt nya. +- 2 taon tuh perusahaan nunggak . dia dirujuk(kayak rumah sakit aja) ke tempat perusahaan didaftarin. pas di cabang itu dia diterima cs untuk kelengkapan berkas. selain itu dia dipertemukan ao(bukan anggur orang tua) untuk masalah iuran perusahaan. gak tau gimana cerita terusannya, dia akhirnya buat semacam perjanjian kalo dia bersedia menerima iuran yang di iurkan ama tuh perusahaan ndableg. emang sih gak hari itu dia terima karena si ao nya itu juga koordinasi ke perusahaan.
    yah, begitulah kalo perusahaan yang kurang sehat n waras
    kalo masalah beda nama barang 1 ato 2 huruf, nama belakang, mending siapin aja data pendukung. kayak akte kelahiran atau ijazah

  68. Anton Rahim
    Oktober 6, 2008 pukul 6:17 pm

    alhamdulillah akhirnya ketemu juga jamsostek.
    saya mau tanya nih mba, mas, om, tante..semuanya..

    saat ini saya pny 3 kartu jamsostek (JHT).
    1. Perus. I–>tahun 2003 (selama 1 tahun 9 bln).
    2. Perus. II–> tahun 2006/ 0206 ( dec 2007).
    3. Perus.III–> tahun 2008/ 0208.

    pertnayaannya:
    1 apa bisa saya mencairkan dana JHT pada Perus.I? bgm prosesnya? apa surat keterangan bekerja sudah cukup utk pengambilan JHT?

    2. apa di Perus.II sy juga bisa mencairkan dana JHT?

    3. pd perus.III–> tentu saja blm bisa!! hehehe…

    makasih atas jawabannya.

    @anton
    1. Bisa. Prosesnya? Silahkan dibaca artikelnya… ada kok cara2nya.
    2. Sudah bisa juga.
    3. halah… :-)
    terima kasih kembali…

  69. Oktober 7, 2008 pukul 3:54 pm

    minal aidin wal faidzin,mbak…lam kenal
    mbak masa kerja saya 6 tahun di perusahaan.gimana yach caranya ngambil JHT tsb?? kalau diterbitkan surat keluar dr persh trus gimana status karyawan saya?? mohon bantuane cara2 yg plg siplah,soalnya buat tambah2 Dp rumah nichhhehehe.. harap maklum..hehe lagi..kalo bisa ke email saya ya mbak..makasih haturnuwun sblmnyaaa..

    @mario
    minal aidin wal faidzin… salam kenal juga
    waduh… kalau masih bekerja di perusahaan berarti status masih jadi karyawan..ya ndak bisa dong bag. HRD ngeluarin surat keluar dari perusahaan…
    uhmm.. kalo ga salah jamsostek ada program pembiayaan rumah gitu deh. Jadi dibayarin sama jamsostek dulu, trus kita nyicil… coba dicari deh infonya

  70. Oktober 7, 2008 pukul 3:57 pm

    oiya email saya re.oo@live.com ditunngu yach

  71. robin
    Oktober 8, 2008 pukul 3:54 am

    Bagaimana ya cara menonaktifkan jamsostek secara pribadi tanpa melalui perusahaan.

    @robin
    wah.. setahu saya ga bisa pak, kan didaftarkannya oleh perusahaan, bukan pribadi.

  72. Oktober 8, 2008 pukul 4:06 am

    Thanks berat infonya ya, mau saya coba nih… :D

    @wa0nez
    sama2….. slamat mencoba…

  73. martin sr
    Oktober 8, 2008 pukul 5:22 am

    Trimakasih atas pelayanan Jamsostek yang baik ketika saya dirawat karena sakit. Hingga sekarang saya belum mendapatkan Laporan mengenai Saldo Tahunan. Mohon bantuannya….

  74. Oktober 8, 2008 pukul 6:25 am

    Nanya nih…kl keluar dr pers krn ada kasus, jht masih bs dicairin gak?

    @Wibowo
    kasus apa nih pak..hehe
    JHT bisa dicairkan bila persyaratan lengkap, terutama surat keterangan bekerja dari perusahaan. Selama perusahaan melakukan kewajiban ke jamsostek dengan membayarkan iuran rutin… ya anda akan mendapatkan JHT anda…kan itu hak kita…

  75. HERY MULYONO
    Oktober 9, 2008 pukul 10:01 am

    mau tanya nich, Juni 2008 saya sudah pindah kerja dan di perusahaan saya yang baru tdk ada jht, apa bisa diteruskan atau tidak terus kalau tidak kapan dana saya bisa dicairkan, keanggotaan saya Juni 2005

  76. sugiyanto
    Oktober 15, 2008 pukul 6:32 am

    sy masuk kerja th 1996 hingga skrg, saat ini kondisi perusahaan baru goyah scr nasional, untuk mengantisipasi jk ada rasionalisasi maka saya ingin tanya :
    – syarat2 pencairan dana jamsotek
    – kantor pusat jakarta jika pencairan didaerah bisa tidak ?
    – alamat kantor jamsotek di purwokerto ?
    trim banyak

    @sugiyanto
    – syarat pencairan JHT bisa dilihat di postingan.
    – bisa…kan jamsostek sudah online. contohnya saya, dulu didaftarkan di jamsostek batam, bisa dicairkan di jakarta.
    – wah… saya ga tahu…ada yang bisa membantu?
    terima kasih kembali

  77. Kenjiro Shinozuke
    Oktober 15, 2008 pukul 7:20 am

    @ HERY MULYONO

    kalo JHT anda tidak dilanjut maka uang JHT anda bisa diambil dengan masa kepesertaan di jamsostek minimal selama 5 tahun sejak kepesertaan yang tertulis di KPJ anda. kalo anda kepesertaan Juni 2005 berarti bisa diambil Juni 2010. demikian terima kasih.

    @Kenjiro Shinozuke
    Terima kasih ya udah menjawab pertanyaan hery mulyono
    salam kenal…

  78. Oktober 16, 2008 pukul 9:38 am

    ok banget nih linknya, sy ikutan ya?

    walaupun simple, tetapi dapat menjawab pertanyaan2 yang mudah dipahami oleh kita2 yang masih baru dalam dunia jamsostek.

    sebenarnya kalau boleh tahu, atau bisa minta jawaban ke yang lebih tahu. bagaimana proses prosedure seorang karyawan baru mendaftar jamsostek, dan berapa lama prosesnya?

    terimakasih ya mba, mohon bantuannya.

    @aida
    Silahkan…monggo… :-)
    Karyawan baru itu didaftarkan oleh perusahaan untuk menjadi peserta Jamsostek.
    Kalau belum pernah menjadi peserta, dibuatkan KPJ (Kartu peserta Jamsostek) baru. Kalau sudah pernah sebelumnya, KPJ-nya diperpanjang (tetap memakai kartu lama). **tapi banyak juga sih yang membuat kartu baru, tidak memperpanjang kartu lama, biar bisa mencairkan JHT…hehe**
    Prosesnya tergantung pihak HRD di perusahaan… Apakah melaporkan ke kantor Jamsosteknya lama atau cepat. Dan tergantung juga kerja para karyawan Jamsosteknya…kalo cepat dikerjakan ya bisa cepat, kalo mereka lagi malas, eh banyak kerjaan, ya bisa lama.
    Sebagai contoh di salah satu PT di Jakarta : Pihak HRD datang ke kantor Jamsostek hari senin untuk melapor, trus balik lagi hari senin berikutnya, KPJ para karyawan yang didaftarkan sudah selesai, sudah jadi, trus dibagikan deh ke karyawan PT tersebut.
    Terima kasih kembali….

  79. atien
    Oktober 16, 2008 pukul 12:32 pm

    mbak tlg dong kasus ade aq. Dia jadi tenaga honorer di BUMN sejak 2000 dan diikutin jamsostek. Lalu taun 2006 diangkat jadi pegawai tetap. Sekarang gimana cara cairkan JHTnya, karena jika sdh jadi pegawai tetap BUMN tsb tidak bekerja sama dgn jamsostek. Cpet jwb ya mbak… tx

    @atien
    Adik mbak sudah dikeluarkan belum dari kepesertaan Jamsostek di BUMN tsb?
    Jika sudah maka JHT bisa dicairkan dengan syarat2 yang dipenuhi tentunya.
    Yang penting ada Surat Keterangan Kerja yang menerangkan dia menjadi karyawan honorer dari tahun 2000 s/d 2006.

  80. sugiyanto
    Oktober 17, 2008 pukul 12:28 am

    Terima kasih atas jawaban dari pertanyaan sebelumnya, nih mau tanya lagi :
    Apakah ada aturan jangka waktu pencaiaran dana Jamsostek dari waktu keluar dari Perusahaan ? jika ada waktunya berapa Minggu, bulan ?

    @sugiyanto
    sama2…
    Ada, masa tunggu 6 bulan mas.

  81. Hendro
    Oktober 17, 2008 pukul 2:46 pm

    Kalau kita belum sampai 5 th bekerja sudah keluar dari perusahaan, apakah untuk bisa mencairkan JHT tetap harus menunggu sampai 5 th dari tgl terdaftar jamsostek?
    Sedangkan dari pihak perusahaan jg hrs menutup saldo kita dulu?
    Kalau blm ditutup apakah tdk bs dicairkan mskpn sudah 5 th?

    @Hendro
    Ya, kita tetap harus menunggu sampai 5 tahun dulu, dan tentunya pihak perusahaan juga harus menutup saldo kita. Perusahaan harus menutup/mengeluarkan kita dari kepesertaan Jamsostek, baru bisa dicairkan.

  82. Oktober 18, 2008 pukul 5:39 am

    ya.. saya juga tidak terlalu rumit mengurus dana dari Jamsostek ini, ketika my Imam pindah kantor. Dan dari pengalamanku ternyata masih lebih rumit ngurus perubahan KTP saat “pemekaran wilayah”.
    Yang penting syarat-syaratnya mesti lengkap. Insya Allah

    @yanti
    Ya.. asal syarat2nya lengkap ya mb… :-)

  83. Fatharani
    Oktober 18, 2008 pukul 2:18 pm

    Dengan segala cara untuk membuka situs jamsostek http://www.jomsostek.co.id kmd portalbumn yang ada fila jamsosteknya, tidak berhasil juga, frustasi dah, ternyata web nya hanya buat gaya gaya doangan tetapi tak bermanfaat…, bahkan punya mbak Toetoet yg lebih bermanfaat dari situs yg resmi, sebenarnya hanya ingin cari tahu alamat kantor cabang2 Jamsostek DKI, Depok atau Bogor. Agar bisa mencari alternatif kantor Jamsostek yg terdekat dari rumah, semoga mbak Toetoet bisa membantu, Regards.

    @Fatharani
    Kebetulan saya buka situsnya *lagi bisa*
    Ini alamat kantor Jamsostek se-Jabodetabek, semoga membantu…

    Kantor Pusat
    Jl. Jend. Gatot Subroto No. 79
    Jakarta Selatan 12930
    Tlp. (021) 5207797 (Hunting 20 Lines)
    Fax. (021) 5202310

    Kanwil III
    Gedung Selatan Menara Jamsostek lt. 8 Tower B
    Jl. Gatot Subroto No. 38 Kav. 71-73
    Jakarta Selatan
    Tlp. (021) 5229291
    Fax. (021) 5229321

    Kantor Cabang di Kanwil III
    Kantor Cabang Salemba
    Jl. Salemba Raya No. 65
    Jakarta 10440
    Tel. (021) 3905226, 390 5227
    Fax. (021) 3905229
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Rawamangun
    Jl. Pemuda Kav.10 No. 90
    Jakarta Timur
    Tel. (021) 47868141 s/d 43
    Fax. (021) 47867071
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Grogol
    Gedung Bank Lippo Lt. 3
    Jl. Daan Mogot No. 95 C,
    Jakarta Barat 11510
    Tel. (021) 5664269, 5659123, 5665331
    Fax. (021) 5664268
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Kalideres
    Komp. Naga Sakti Blok 6D
    Jl. Daan Mogot Km 14
    Jakarta Barat
    Tel. (021) 54395596, 54395598
    Fax. (021) 54395696
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Tanjung Priok
    Jl. Bukit Gading Indah Blok I No 5-8
    Jakarta Utara
    Tel. (021) 4530123
    Fax. (021) 45842723, 458 42725
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Pulo Gadung
    Gedung PT Astra Agrolestari Tbk.
    Kawasan Industri Pulo Gadung
    Jl. Pulo Ayang Raya Blok OR-1
    Jakarta Timur
    Tel. (021) 4616555
    Fax. (021) 4616618
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Setiabudi
    Menara Jamsostek Lt.2
    Jl. Gatot Subroto
    Jakarta Selatan
    Tel. (021) 5279318 s/d 23
    Fax. (021) 5279324/5
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Gambir
    Gedung Bank Liman Int. Lt. 2
    Jl. Ir. H. Juanda No. 12
    Jakarta Pusat
    Tel. (021) 3857701, 3857775, 3857702
    Fax. (021) 3512176
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Cilandak
    Jl. R.A Kartini Kav 13
    Cilandak Barat
    Jakarta 12430
    Tel. (021) 75917963 s/d 72
    Fax. (021) 75917973, 75917974
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Kebayoran Baru
    Wijaya Grand Center Blok C1
    Jl. Darmawangsa III, Keb.Baru
    Jakarta 12160
    Tel. (021) 72799513
    Fax. (021) 7393661
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Kebon Sirih
    Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 94
    Jakarta Pusat
    Tel. (021) 3905119, 3905029
    Fax. (021) 3141709
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Pluit
    Jl. Pluit Timur Blok L Barat No.5-9
    Jakarta Utara
    Tel. (021) 66695182 s/d 184
    Fax. (021) 66604157
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Cawang
    Gedung Cawang Kencana lantai 7 Suite 703 & 704
    Jl. Mayjen Sutoyo Kav.22
    Jakarta 13630
    Tel. (021) 8007971, 8002659, 8002660
    Fax. (021) 8007972
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Mangga Dua
    GedungGreen Boutiqy Blok C No. 5
    Jl. Arteri Mangga Dua Raya Centre
    Jakarta 14430
    Tel. (021) 6286534, 6286535
    Fax. (021) 6122663
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Cilincing
    Jl. Kramat Jaya No. 22 B-C Kecamatan Koja
    Jakarta Utara
    Tel. (021) 4353438, 4353441, 4353451, 4353529
    Fax. (021) 4353363
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Gatot Subroto
    Gedung Jamsostek Lt.1
    Jl. Jend. Gatot Subroto No. 79
    Jakarta Selatan 12930
    Tel. (021) 5260419 s/d 22
    Fax. (021) 5223544, 5207808
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang di Kanwil IV
    Kantor Cabang Bandung I
    Gedung Soilens Lt. III
    Jl. P. Hasan Mustofa No. 39
    Bandung 40124
    Tel. (022) 7275736, 7204486, 7102733
    Fax. (022) 7275570, 7275810
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Bandung II
    Jl. BKR No 54 D
    Bandung
    Tel. (022) 5204194
    Fax. (022) 5224144
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Tangerang I
    Jl. Perintis Kemerdekaan II Kav. 14
    Tangerang 15118
    PO Box 235
    Tel.(021) 5587403, 5524110
    Fax. (021) 5527002
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Tangerang II
    Komplek Sasa Plaza Blok B No 26, Ps. Kemis
    Jl. Gatot Subroto, Jatiuwung
    Tangerang
    Tel. (021) 5910441, 5912978, 5912385
    Fax. (021) 5917843
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Tangerang III
    Ruko BSD Sektor IV Blok RS
    Jl. Rinjani III/ 5 No. 38
    Serpong – Tangerang
    Tel. (021) 53153735, 53153736
    Fax. (021) 53153740
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Bogor I
    Jl. Pemuda No. 8 A
    Bogor
    Tel. (0251) 318179, 317923, 374040
    Fax. (0251) 313760, 346959
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Bogor II
    Jl. Raya Cileungsi KM 1 No 6
    Jonggol, Bogor 16820
    Tel. (021) 8230763
    Fax. (021) 8230765
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Bekasi
    Jl. Pramuka No. 29
    Bekasi 17141
    Tel. (021) 8843909
    Fax. (021) 8845438, 88957687
    Status Kantor: Cabang I

    Kantor Cabang Karawang
    Gedung Bank Tata Cabang Karawang
    Jl. Tuparev No. 399 Karawang
    Tel. (0267) 411439 Fax. (0267) 400966
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Cikarang
    Office Park Kawasan Industri Jababeka Tahap II
    Jl. Cikarang Baru No. 12
    Cikarang Bekasi
    Tel. (021) 89113873 s/d 75
    Fax. (021)89113877/ 78
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Cimahi
    Jl. Raya Sangkuriang No. 15
    Cimahi
    Tel. (022) 6626713, 6626717
    Fax. (022) 6626984
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Sukabumi
    Jl. Surya Kencana No. 68
    Sukabumi 14311 PO Box 74
    Tel. (0266) 222481
    Fax. (0266) 222066
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Serang
    Jl. Jend. A. Yani No. 154
    Serang 42118 PO Box 65
    Tel. (0254) 250155, 200794
    Fax. (0254) 200031
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Tasikmalaya
    Jl. R.E. Martadinata No. 260
    Tasikmalaya
    Tel. (0265) 327987, 327811
    Fax. (0265) 331346
    Status Kantor: Cabang III

    Kantor Cabang Purwakarta
    Jl. Terusan Ibrahim, Singadilaga 14
    Purwakarta
    Tel. (0264) 231108, 214917
    Fax. (0264) 230751
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Majalaya
    Jl. Soekarno Hatta No. 592
    Bandung
    Tel. (022) 7500380
    Fax. (022) 7500810
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Balaraja
    Ruko Citra Raya Blok K1 No. 28
    Cikupa Tangerang
    Tel. (021) 59401956, 59401988
    Fax. (0231) 59402001
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Depok
    Kompl. Ruko ITC Depok No. 38-39
    Jl. Margonda Raya No. 56
    Depok 16431
    Tel. (021) 77215101
    Fax. (021) 77215104
    Status Kantor: Cabang II

    Kantor Cabang Cirebon
    Jl. Evakuasi No. 11B
    Cirebon 45122
    PO Box 164
    Tel. (0231) 485660
    Fax. (0231) 485785
    Status Kantor : Cabang II

  84. Hendro
    Oktober 20, 2008 pukul 2:04 am

    Saya keluar dari perusahaan lama setelah 3 tahun bekerja, kemudian di perusahaan yang baru untuk 6 bulan pertama saya tidak mendapat jamsostek, karena masih dalam masa percobaan. Nah yang saya tanyakan, apakah saya masih bisa melanjutkan jamsostek saya yg lama, setelah tentunya idle selama 6 bulan dulu?

    @Hendro
    ya, tidak apa2 pak, dilanjutkan saja.

  85. nurlia
    Oktober 22, 2008 pukul 3:30 am

    halo mbak mau ikutan tanya juga nih :

    saya ikut jamsostek di perush I sudah sejak akhir 2002 dan sudah resign sejak 2 tahun lalu. Kartu Jamsosteknya tetap saya gunakan di perush tempat saya bekerja sekarang ini. Akan tetapi Surat Keterangan Bekerja Asli saya hilang, dan saya ada kesulitan memintanya kembali di HRD perush I tsb. Pertanyaannya:
    1. Saya saat ini masih bekerja, jadi apakah Dana tersebut sudah bisa diambil mengingat saya masih menggunakan kartu yang sama
    2. Apakah saya bisa menarik dana tsb sementara Surat Keterangan Bekerja Asli saya hilang?

  86. Ria
    Oktober 22, 2008 pukul 8:52 am

    Hi mba,

    Mo tanya boleh ya. Moga2 ada yang bisa bantu.
    Saya mau mengambil JHT saya. Keanggotaan saya dari tahun Mar 2003 dan saya resign di 2005. Masalahnya adalah reference letter saya hilang, tapi untungnya kantor saya yang lama masih punya foto copynya. Apakah saya akan dipersulit dalam proses pengurusan pengambilan JHT saya jika saya hanya bisa menunjukan fotocopy reference letter ?

    Thanks untuk response-nya.

  87. dika rahardian
    Oktober 24, 2008 pukul 7:28 am

    Thank you atas informasinya, dan benar terbukti cuma 1 jam mengurusnya dan JHT langsung cair di cabang TB Simatupang.

    @dika rahardian
    sama2… wah senangnya sudah berhasil…
    banyak uang dong ya…hehehe

  88. dyno
    Oktober 24, 2008 pukul 11:12 am

    saya mau nanya..

    kalo diambil orang lain + surat kuasa bisa g yah?
    saya di perusahaan baru blm dpt cuti.
    ato ada g jamsostek yg buka sabtu ?:)

    @dyno
    bisa..tapi tetap kita harus memberikan no. rekening tabungan kita. jadi uang tidak bisa diberikan kepada si pemberi kuasa, langsung masuk ke rekening si empunya KPJ.
    setahu saya sih jamsostek sabtu ga buka mas…

  89. Rina
    Oktober 29, 2008 pukul 8:40 am

    Mba/Mas, boleh nanya ga. tapi jadul banget nih, jangan diketawain ya. Dulu di Jakarta saya pernah bekerja dari tahun 1989 s/d 1994 dan terdaftar sebagai peserta jamsostek karena tiap bulan di potong dari gaji. Thn ’95 pindah ke Kalimantan dan buat kartu jamsostek lagi di perusahaan baru. Karena ketidak tahuan saya bahwa dana jamsostek lama bisa di cairin, saya udah ga care ama kartu kepesertaan lama and hilang deh. Kira-kira nasib kartu lama gimana ya? apa masih ada sisa2 saldo yang tersisa..pls infonya.

    @Rina
    Ya boleh dong… gapapa lagi…enggak kok, ga diketawain…
    wah…kartu yang lama hilang ya? Harusnya saldonya masih ada, karena sampai sekarang kan belum diambil… yang menjadi masalah ya si kartu yang hilang itu. Bisa minta surat keterangan hilang dari polisi yang mencantumkan no. KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) dan data diri anda yang lain. Dan juga siapkan bukti pendukung seperti surat keterangan kerja dari PT lama, rincian saldo JHT yang diberikan kepada kita (karyawan) setiap tahun *jika masih menyimpan*, KTP, dll untuk lebih memperkuat bahwa anda benar si empunya KPJ dengan saldo sebesar XXX tapi kartunya hilang…begitu…

  90. AZAM
    Oktober 31, 2008 pukul 8:41 am

    ibu/bapak saya pernah kerja di tangerang selama 2 tahun masuk kerja tahun 2004 dan berenti tahun 2006, katanya kalo udah lima tahun saldo yang pernah disetor oleh perusahaan bisa diambil. kartu dan kertas saldo JHT masih saya simpan, kira -kira bisa nggak ya saldonya dicairkan, karena sudah lama tuh, ya kebetulan waktu buka2 file lama , nemu itu dokumen, sekarang saya tinggal di cilegon, kantor jamsostek cilegon-serang dimana ya? makasih atas infonya.

    @AZAM
    masuk kerja tahun 2004, berarti baru bisa ambil di tahun 2009 (2004 + 5 tahun)
    dan masa tunggu 6 bulan, baru bisa dicairkan saldo JHT anda

    Kantor Cabang Serang
    Jl. Jend. A. Yani No. 154
    Serang 42118 PO Box 65
    Tel. (0254) 250155, 200794
    Fax. (0254) 200031
    Status Kantor: Cabang II

    Makasih kembali

  91. November 3, 2008 pukul 6:26 am

    Salam Mba’ Toetoet / Mba’ Noa

    Saya tlh bekerja di perusahaan A sejak thn 1997, namun baru ikut program Jamsostek pada Jan 2002 lalu. Dan pada akhir Nov 2007 saya telah berhenti bekerja dari perusahaan tsb. Masa keanggotaan sdh pantas utk dapat mencairkan dana JHT saya, namun di perusahaan B yg baru saya diminta utk memperpanjang program Jamsostek tsb. Apakah diperusahaan yg baru saldo Jamsostek Card lama akan dilanjutkan ? trus bagaimana kita dapat mengetahui bahwa saldo yang lama masih ada ?.

    Tks sebelumnya.

    @TONO
    tenang saja pak, kalau dilanjutkan saldo anda juga pasti dilanjutkan, ga akan hilang kok :-)
    setiap bulan/tahun*tergantung perusahaan apakah rincian saldo-nya mau diberikan per bulan atau per tahun* anda dapat rincian saldo JHT kan? nahh dari situ bisa dilihat berapa saldo kita.
    terima kasih kembali

  92. joe
    November 3, 2008 pukul 8:03 am

    mba aku browseing jamsostek dan lihat blog anda.dan ternyata bagus juga.
    aku punya masalah dengan jamsostek..masa kerjaku sudah lebih dr 15 th dan aku sudah resign 6bulan yang lalu.
    tetapi aku urus melalui kakaku kok gak bisa ya semua persaratan sudah aku penuhi semua..
    apakah tidak bisa diwakilkan?karena sekarang aku diThailand dan baru tahun depan kembalinya..

    @joe
    *makasih..makasih*
    bisa tolong dijelaskan, tidak bisanya kenapa ya? ditolak satpam-nya, atau ga diterima sama pihak jamsosteknya atau gimana?
    ada surat kuasa?
    bisa diwakilkan, tapi untuk pencairan dana tidak bisa cash dan tidak bisa diambil orang lain, masuk ke rekening tabungan yang punya KPJ *itulah mengapa nanti diminta no. rekening anda*
    begitu…
    ada yang bisa menambahkan?

  93. Sudarmono
    November 4, 2008 pukul 3:05 am

    Hi mba,
    Saya kecewa sekali dgn Jamsostek Cabang Rawamangun, cerita begini :
    Pd tgl 3/11/2008 jatuh tempo pengambilan JHT saya sudah bisa dicairkan, lalu pagi2 saya ke Kantor Jamsostek Pusat Gatot Subroto (Kan dah bs online/katanya), ternyata dana Jamsostek sy msh krng 1 bln blm diproses oleh cabang Rawamangun (Kantor yang mendaftar keanggotaan disana).
    Dari Kantor pusat menyuruh saya untuk ke cabang Rawamangun agar bs diproses 1 blnnya (lumayan sebesar Rp 58.000,/itu menurut data print out oleh Jamsostek Gatot Subroto).
    Setelah sampai di Cabang Rawamangun, saya mengantri dari Jam 10.00 pagi, baru dapat ke bagian jam 3 sore (dikarenakan pelayanan Cabang Rawamangun yang slebor/wong yang nunggu banyak ada yang main selak, dilayanin lg oleh csnya).
    Terus dah di cs, katanya saldonya memang blm diproses 1 bln oleh Jamsostek, kalo mau menunggu diproses dengan memberikan no.telp saya, katanya nanti dihubungi oleh Jamsostek.
    Menurut saya, waktu menunggu 7 bulan belum cukup untuk memproses (benar2 perusahaan yang tdk bertanggung jawab, wong kita mengambil hak kita kok dipersulit). Terpaksa saya ambil jg saldo yang diberitahukan dari Kantor Pusat Jamsostek Gatot Subroto, tetapi tdk bisa diambil hari itu jg saya harus kembali lagi 3 hari lagi dikarenakan mereka duitnya sudah dijatahin, saya dapat jatah 3 hari lg.
    Saya kecewa sekali dengan pelayanan Jamsostek, saya ikhlaskan JHT saya yang 1 bulan untuk dimakan oleh karyawan2 Kantor Jamsostek.
    Maaf yang mba saya cerita begini, soalnya saya kecewa bangeeeeeet.

    @Sudharmono
    wahh…gimana nih Jamsostek??????
    mungkin waktu itu bapak minta saldonya berupa cash ya, bukan ditransfer ke bank?
    kalau cash memang belum hari itu juga bisa cair, *nunggu 3 hari juga* tapi kalau transfer via bank bisa 1 hari saja, ga perlu nunggu sampai 3 hari.
    CMIIW
    gapapa pak, di-share aja…biar pihak Jamsostek bisa melayani lebih baik lagi.

  94. saiful
    November 4, 2008 pukul 6:37 am

    ini mau tanya,saya punya jamsostek tp dr perusahaan daftarinya ga sesuai dengan identitas KTP atau keliru nama dan tanggal lahir.klo kayak gitu jamsostek saya berlaku untuk saya atau tidak walau beda ma di KTP.suwun2 pak

    @saiful
    lebih baik cepat2 dikoreksi deh, lapor ke bag HRD…biar dikemudian hari ngurusnya enak.
    sami2…

  95. alif
    November 5, 2008 pukul 7:40 am

    Selama ini saya tidak pernah terima Rinci Saldo JHT pada perusahaan tempat saya bekerja. saya sudah baca blog ini bahwa seharusnya RinCi Saldo JHT tsb diberikan bisa periode bulanan atau tahunan tapi saya sudah lebih dari satu tahun bekerja.

    kalau dari slip gaji sih dipotong Rp 262.080.- per bulan. karena saya juga kwatir tidak sesuai aturan 2% dari karyawan dan 3.7% dari perusahaan.

    Pertanyaanya apakah saya bisa memintanya informasi Rinci Saldo JHT saya langsung ke PT. Jamsostek? apa bisa via internet?

    terima kasih atas pencerahannya.

  96. reza
    November 7, 2008 pukul 9:08 am

    saya mo tanya nih..saya pny 2 kartu jamsostek, karna waktu pndah kerja ga tau klo kantor baru mo ngurus jamsostek saya!
    1. kartu 1 = sejak Mei 2004 s/d april 2006
    2. kartu 2 = sejak maret 2006 s/d april 2007 tapi bulan ini dah dilanjutin lagi (Nov 2008)

    yg mo ditanyain, kapan kartu yg 1 bisa saya cairkan..walau sedikit,lumayan untuk tmbah2 istri melahirkan!trus bagaimana qta tau klo jamsostek kita ada jaminan kesehatannya?dan bagaimana cara mggunakannya?apa kartu ke 2 saya bisa digunakan untuk biaya lahiran istri saya?
    tx atas pencerahannya….sory bnyk tny!

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 5:49 am

      @ reza
      Kartu I bs dicairin juni 200
      Jamsostek itu ada 2 paket :
      paket 1 : Jaminan Hari Tua (JHT) + Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) + Jaminan Kematian (JKM)
      paket 2 : JHT + JKK + JKM + Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)

      paket 1 : 1 kartu jadi jelas tidak bisa dipakai untuk biaya pengobatan

      paket 2 : 2 kartu (kartu yg sama dengan paket 1 + kartu JPK jamsostek)

      (kartu JPK = buat karyawan itu sendiri, buat istri, buat anak maks 3 org)

      Perusahaan boleh memilih mau daftarin yang mana, kalo perusahaan memilih tdk mengikutsertakan karyawannya dlm asuransi kesehatan jamsostek ga masalah, perusahaan boleh memakai asuransi kesehatan lain diluar jamsostek.

      jadi pak reza bisa tahu mana yang plus asuransi kesehatan dan mana yang tdk memakai asuransi kesehatan jamsostek

      semoga bermanfaat, maaf bila ada yang salah

      regards
      Santy

      @Santy:
      wih..infonya lengkap..
      thx sist

  97. November 10, 2008 pukul 9:17 am

    mba… thx buat blok curhatnya . mo tanya mba sy ikut kepesertaan jamsostek JHT sejak 1998 dan sy terima saldo perincian per annual tpi…sjak awal tahun 2008 koq ga ada saldo pengembangannya mala saya lihat perician BGSnya turun.. apa memang begitu.. tolong ya mba.. kalo BGS sama BGI bedanya apa mba..!! nanya aja… dan kalu saya mo cairkan bisa ga sedangkan saya masi kerja… ok thx mba y

  98. lisda panjaitan
    November 10, 2008 pukul 9:25 am

    PENCAIRAN JHT JAMSOSTEK

    SAYA SUDAH BERHENTI DIPERUSAAHAN YANG LAMA DAN INGIN MENCAIRKAN KARTU JAMSOSTEK SAYA TERNYATA TIDAK BISA

    PETUGASNYA BILANG TIDAK BISA DICAIRKAN KARENA SAYA MASIH BEKERJA DAN ADA JAMSOSTEKNYA.

    SEDANGKAN SAYA TIDAK BEKERJA LAGI PADA PERUSAHAAN YANG PERTAMA, SAYA SDH MENUNGGU SAMPAI 5 TAHUN 6 BULAN, SAMPAI HARI INI SAYA MENGURUS TIDAK BISA CAIR JUGA SAYA SDH MEMENUHI PERSYARATAN YANG ADA LENGKAP.

    BAGAIMANA SAYA MENCAIRKAN JAMSOSTEK SAYA TERIMAKASIH

  99. Anto
    November 16, 2008 pukul 6:03 am

    Maap.. klu dibrentiin dari perusahaan/ PHK dapat pesangon dikit.. truss kita perlu banget JHT.. bisa ngga ya..

    kasarnya untuk makan aja ngga ada.. masa harus nunggu 6 bulan..
    Maap lagi.. sebahagian kan uang dari kita kan?

    Apa ngga ada toleransi sih. Thanks

  100. Anto
    November 16, 2008 pukul 6:10 am

    Share lg ya..
    Menurut saya Jamsostek ini udah termasuk kategori monopoli.. (katanya mo menghapuskan monopoli). Dibandingkan dengan JHT/program pensiun laen sih kalah jauh..

    Dari dulu ceritanya mo di jadikan sistem wali amanat.. cuma cerita doang.. Malah maksi Tenaga kerja asing ikut jamsostek.. jauh deh..

    Devidentnya besar dan ngga jelas penggunaannya.. (pejabat/ mantan banyak yg korupsi dan terbukti).

  101. Kenjiro Shinozuke
    November 19, 2008 pukul 2:37 am

    to alif on Nopember 5, 2008

    Anda bisa meminta rincian saldo di kantor Jamsostek terdekat di kota anda dengan menunjukkan KPJ anda. Trimz

  102. Kenjiro Shinozuke
    November 19, 2008 pukul 3:03 am

    to reza on Nopember 7, 2008

    Kartu pertama bisa dicairkan bulan Mei 2009.

    Utk jaminan pemeliharaan kesehatan bisa ditanyakan ke perusahaan, apakah ikut program JPK atau tidak, dan kalau ikut JPK pasti mendapatkan KPK (Kartu Pemeliharaan Kesehatan) utk berobat ke dokter yg tertera di KPK.

    Utk kartu yg kedua kalau itu KPJ ya tdk bisa dipakai utk biaya persalinan.
    Trimz

    @Kenjiro Shinozuke
    Terima kasih banget udah ngebantu njawab

  103. zainal
    November 24, 2008 pukul 6:42 pm

    mo tanya neh,
    saya ikut jamsostek dari juli 2007 – juli 2008,
    sekarang udah ga ikut lagi soalnya kantor yang baru ga pakai jamsostek..
    pertanyaan saya kapan saya bisa mencairkan dana saya ?
    apa harus nunggu 5 thn 6 bln ?
    thanks untuk jawabannya

    @zainal
    pokoknya dilihat dari kepesertaan awalnya. kalau sebelumnya anda pernah ikut jamsostek ya tinggal dikurangi saja masa tunggunya
    misal :
    anda bekerja di PT A tahun 2004-2005
    lalu anda bekerja di PT B tahun 2007-2008
    berarti anda bisa mencairkan JHT di tahun 2009

    tapi kalau anda pertama kali bekerja di PT A tahun 2007-2008, berarti anda meunggu 5 tahun lagi untuk bisa mencairkan JHT anda
    trims kembali

  104. haris
    November 25, 2008 pukul 1:34 am

    saya telah berhenti bekerja sekitar sebulan lalu, sama HRD dikasih tahu bisa cairkan JHT minimal setelah sebulan berhenti? syaratnya KTP, Kartu Peserta, Surat Referensi Berhenti dari Perusahaan….katanya itu saja? tetapi setelah baca blog ini saya malah bingung? katanya nunggu tenggang 6 bulan, pakai kartu KK segala…mana yang bener yaaaa, bisa dong dibantu. Trims

    @haris
    Setahu saya ya ada masa tunggu 6 bulan dari anda keluar…..
    KK itu untuk memperkuat bukti2 kita…
    begitu mas haris..

  105. rike
    November 26, 2008 pukul 6:20 am

    permisi, numpang tanya.
    sori sebelumnya, karena pertanyaan saya agak menyimpang dari tema pencairan JHT. tapi saya bingung harus bertanya kemana. mumpung ada blog ini, mohon dibantu diberikan pencerahan.

    saya bekerja di suatu perusahaan sejak 2004-2008. prsh itu baru mulai ikut jamsostek pd pertengahan 2007. pdhl prsh itu sebelumnya sudah pernah ikut jamsostek s/d thn 1999. saya tidak tau alasannya, tapi sejak 1999 – 2007, prsh tidak iuran jamsostek lagi.
    yang jadi pertanyaan, selama periode dari saya mulai bekerja 2004-pertengahan 2007, saya masih berhak untuk mendapatkan iuran 3.7% dari perusahaan tidak?

    terimakasih sebelumnya.

    @rike
    perusahaan itu ga terdaftar di Jamsostek lagi (1999-2007), otomatis ya karyawannya ga ikut jamsostek mas.
    ya ga berhak say…
    terima kasih kembali

  106. Zyan
    November 27, 2008 pukul 5:02 am

    tengkyu ya…tadinya nggak kepikiran, gara gara baca blog ini, iseng iseng bini aye coba nyairin JHT. nggak ada berkas apapun wong berkasnya ilang semua 8 taon yang lalu.

    datang ke polsek bikin surat kehilangan, lalu bawa ktp + kk ke cabng jamsostek, eh langsung cair tuh… wah lumayan dapet uang kaget… bisa buat ke bali akhir taon nih…

    thanks a lot….

    @Zyan
    lancar ya….
    wah…asyik bisa jalan2…
    sama2….

  107. Hasagawa
    Desember 1, 2008 pukul 12:48 am

    Mbak Toetoet, mo tanya neh, kalo nama yang tertera di KPJ berbeda dengan nama yang di KTP apakah akan bermasalah dalam pencairan JHT?

    Contoh : di KPJ tertulis Samsulhadi Setyawan lalu di KTP Agus Samsulhadi, sebenarnya nama panjangnya adalah Agus Samsulhadi Setyawan tapi nama “Agus” jarang dipakai jadi di nama di kantor adalah seperti nama di KPJ.

    Mohon pencerahan mbak, thanks ya.

    @Hasagawa
    Daripada nantinya bikin ribet, mendingan dikoreksi dari sekarang aja :-)
    Sebaiknya sih disamakan dengan nama sesuai KTP.
    Minta form permohonan KPJ koreksi/hilang/melum mendapatkan ke bagian HRD. Isi, tanda tangan (dengan materai 6.000). Lamprkan fotocopy KTP & KPJ-nya, lalu biarkan bagian HRD yang mengurusnya.
    Terima kasih kembali….

  108. desy
    Desember 4, 2008 pukul 2:26 pm

    Mengenai pencairan dana jamsostek tidak semudah itu. Saya telah mengalaminya. Berkas saya masuk ke kantor Jamsostek Lampung tgl 19 Nov 2008, sampai dengan hari ini (4 Des 2008) tidak diproses sama sekali. Menurut karyawan Jamsostek yang menerima berkas saya, akan di proses secepatnya. Sebagai informasi, saya telah melengkapi syarat” yg di tentukan oleh Jamsostek. Siapapun yang baca komentar saya, mohon solusinya.

  109. wilson
    Desember 5, 2008 pukul 7:47 am

    Mba mo tanya nih. Saya sudah ikut jamsostek dari feb 07 trus resign nov 08.Apakah saya udah bisa ambil jht saya?

    trims…

    @wilson
    belum….

  110. Darsono
    Desember 5, 2008 pukul 8:06 am

    Ass..wwb..mau nanya nih mbak…saya pernah kerja di PT.ZEBRA Nusantara,ikut Jamsostek mulai 1995 dan keluar kerja tanpa minta surat pengalaman kerja dari PT tsbt..trus nganggur, sampai thn 2004 saya kerja dan di ikutkan lagi Jamsostek oleh perusahaan kami…karena ke tidak tahuan kami tentang Jamsostek,pas didaftarkan lagi kartu saya yg lama gak saya laporkan, jadi tiap dapat laporan saldo yang tampak ya hanya yg dibayarkan perusahaan kami sekarang…trus bagaiman cara menyusulkan kepesertaan saya yg lama mbak? kartu yg lama masih saya pegang…tolong bagi infonya ya mbak…sebelumnya saya ucap terima kasih…wassalam..

    @Darsono
    Tenang aja, saldo JHT anda di PT terdahulu masih ada…
    kalo mau tahu telp aja kantor jamsostek buat minta infonya.
    (eh jawabannya kurang membantu ya:p)

  111. ayu dewi hapsari
    Desember 6, 2008 pukul 1:42 pm

    pak aku mau tau donk saldo jht aku berapa yach status aku sudah keluar dari kantor lama dan kapan bisa aku ambil jht aku

  112. Desember 7, 2008 pukul 3:55 am

    perusahaan kami belum menjalankan jamsostek untuk para karyawan, bagaimana kami bisa mendapatkan hak kami kalau pt tdk mau…. kami butuh solusi + referensi…. makasih

  113. Desember 7, 2008 pukul 3:58 am

    referensi pengaduan kemana?

  114. desy
    Desember 10, 2008 pukul 4:34 am

    mbak, mohon solusinya dong…

    @desy
    wah..gimana nih pihak Jamsostek???
    masa’ syarat2 semua sudah dipenuhi tapi ga diproses???
    halooowww???
    mungkin mas bonbon or mas ryosuke bisa bantu???

  115. Asri
    Desember 11, 2008 pukul 2:03 pm

    2 hari yg lalu aku resign, bekerja sejak 1996…
    Pingin-nya JHT langsung akan aku cairkan tanpa nunggu masa tenggang 6 bulan.
    Bisa gak ya…?
    Ada yg pernah punya pengalaman ini…?
    Biar uang-nya bisa buat modal usaha setelah keluar kerja.
    Pls share ya…bagi yg pernah bisa…

  116. sochdi
    Desember 15, 2008 pukul 4:11 am

    mau tny dong,
    misal gw udah punya jamsostek dari juli 2003, trus gw pindah kerja ke tmpt baru nov 2007 dg melanjutkan kartu yg lama.

    klo misal gw skrg resign, trus mau ambil jamsostek, surat keterangan kerja yg hrs ada yg di persh terakhir saja ato hrs kedua2nya?
    thx

  117. Teddy Wiradiharja
    Desember 17, 2008 pukul 12:04 am

    Wah, hebat juga ya mba toetoet ini.. bukan orang jamsostek tp tau banyak soal jamsostek.. malah jadi banyak pasiennya neh.. Kenalin ya, saya teddy. saya kerja di jamsostek. saya sangat senang apabila program jamsostek sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat kita. Apabila ada permasalahan atau pertanyaan2 seputar jamsostek boleh juga di sharing kepada saya agar informasinya lebih akurat. Kami hanyalah pelayan bagi tenaga kerja sehingga kami akan terus meningkatkan pelayanan prima. terima kasih.

    @Teddy Wiradiharja
    Adudududuh…jadi malu nih…yang “empunya” akhirnya datang juga..hehehe
    salam kenal juga mas teddy.
    monggo, bagi yg ingin bertanya… ni ada mas teddy…silahkan disharing…

    • anggoro suryo
      Februari 22, 2010 pukul 6:43 am

      wah mantabps nih.

      langsung aja ah tanya saldo ane saat ini berapa ya. sebagai informasi no. jamsostek :04J20067296.

      soalnya di situs jamsostek selalu berputar-putar, padahal aku udah daftar menjadi member lho.

      mohon jawabannya ya ke anggoro.suryo@gmail.com

    • angga
      Januari 20, 2011 pukul 5:02 am

      @ Teddy : Kalo anda pelayan ya layani kami peserta dengan baik…jangan pake acara nunggu 5 tahun segala, kalo saya usul dibubarin aja jamsostek..dananya mending di simpen di bank, ga harus nunggu 5 tahun untuk cairin. simple toh

  118. andri
    Desember 17, 2008 pukul 6:15 am

    Mbak atau Om tolong bantuannya…..
    Saya sudah tiga kali pindah kerja dan mempunyai tiga kartu keanggotaan jamsostek.
    Lama kerja saya :
    I March 02 – Mei 03
    II June 03 – Feb 05
    III March 05 – Sekarang.
    Nah pertanyaan saya apakah bisa mencairkan dana JHT yang Ke I dan Ke II. Kebetulan saya bekerja dilokasi yang sama dan hanya 1 kantor Jamsostek disana. Dan apa mesti mencairkan dana JHT tersebut harus beda-beda kantor Jamsostek. TOlong ya dijawab.

  119. Rzb
    Desember 18, 2008 pukul 1:01 am

    Hi mba sy mw tny.
    Sy prnh bkrja slma 2th dr juli 2006 smpai juni 2008 kmdian brhnti krna msa kntrak hbis,skrng sy melanjutkan kuliah, apa sy bs mencairkn JHT tsb, wktny kpn??
    Tnx

  120. Desember 21, 2008 pukul 2:43 am

    Pak atau Ibu mau nanya nih, saya berhenti bekerja pada salah satu prsh kira-kira 3 tahun yang lalu. Sekarang saya buka usaha sendiri terus apakah dana JHT saya yang dulu hilang ngak pak dan apa bisa dicairkan?

  121. Yanti
    Desember 22, 2008 pukul 4:55 am

    Bpk/Ibu mau nanya dong…??Saya ikut Jamsostekdr tahun 2005 dan berhenti bekerja&perserta jamsostek th 2008 apa saldo JHT bisa diambil sekarang apa harus nunggu 2010 ya…??

  122. Erik
    Desember 26, 2008 pukul 4:30 am

    Mau share informasi dikit bapak2/ibu2,
    saya pernah diskusi dengan beberapa petinggi di KP Jamsostek di Gatsu, dan hasil diskusi tsb ternyata banyak yg belum tau juga. Gini lho, bahwasanya uang kita di jamsostek jika tidak/belum sempat diambil tidak akan pernah hilang bahkan semakin lama uang mengendap di jamsostek makin besar uang yang akan kita dapat dari jamsostek karena ternyata, kita diberikan suuku bunga yang menarik oleh jamsostek, sementara kalo setelah tenggang 6 bulan kita langsung ambil kita kena potongan.
    Jadi saran saya, jika kita belum perlu sekali mengambil dana jamsostek, jangan diambil dulu karena lebih menguntungkan dibandingkan dengan menyimpannya di bank, apalagi dibawah bantal. Syaratnya 1, kartu jamsostek kita jangan sekali-kali hilang karena bisa nyusahin kita.
    Salam….

    @Erik
    Terima kasih banyak atas infonya
    Salam kenal….

    • arif
      Desember 3, 2012 pukul 2:56 am

      memang ga hilang sich uang kita…paling paling uang peserta jamsostek di puterin buat bisnis lain…..

  123. Evra Zanetta
    Desember 27, 2008 pukul 3:05 am

    Untuk mencairkan saldo Jamsostek masa tunggu 6 bulan setelah berhenti bekerja terlalu lama….mestinya 1 bulan masa tunggu kan udah cukup karena kasihan bagi orang-orang belum mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan,uang tsb kan bisa di gunakan untuk keperluan hidup.Lagian yg mereka ambil hak mereka kok,akan tetapi kok harus nunggu 6 bulan dulu.

    @Evra Zanetta
    Bagaimana pihak Jamsostek? bisa bantu menjawab?

  124. ahlam halimi
    Januari 2, 2009 pukul 12:20 pm

    mbak pertanyaan saya simple aja, apakah mbak sdh resign dr tempat bekerja yg lbh dr 5 th tsb? jk blm resign, bgmn dgn persyaratan surat keterangan kerja nya ya?
    yg kedua, saya tergabung dgn jamsostek semenjak jan 2004, dan resign pd agustus 2008, kira2 bisa dicairkan kpn ya?
    thanks

    @ahlam halimi
    sudah, saya sudah resign dari tempat bekerja yg lebih dari 5 tahun tsb. Kalo belum resign… ya ga dapet surat keterangan kerja dong :)
    august 2008 + 6 bulan aja = feb 2009.
    thx kembali

  125. ahlam halimi
    Januari 2, 2009 pukul 2:41 pm

    mbak .. mo tanya nih.
    mbak kan bilang kalo masa kerja mbak waktu pencairan jamsostek sudah lebih dr 5th, pertanyaan saya apakah mbak sudah resign dr tempat mbak bekerja tsb ? sbb salah satu syarat pencairan kan surat keterangan kerja, bener gak ?
    trus .. yg kedua .. mo tanya case saya nih, saya ikut jamsostek sejak januari 2004, dan mengundurkan diri pada agustus 2008 kemarin. jika saya hendak mencairkan jamsostek kapan ya bisa nya ?
    thank’s

  126. eko Budiman
    Januari 3, 2009 pukul 6:23 am

    mohon advicenya
    Jamsostek saya terdaftar di Kantor cabang Cawang Kencana Jakarta Timur, dan mau ambil di kantor jamsostek Purwakarta jawa barat, bisa ga Ya?

    @eko Budiman
    bisa, kan jamsostek sudah online, tapi untuk lebih yakinnya telpon aja dulu ya…

  127. Iwan Setiawan
    Januari 4, 2009 pukul 2:12 am

    Mba yg baik mau tanya neh…masa kepesertaan JAMSOSTEK saya sdh 5 thn+6 bln tapi ada satu persyaratan KK sya yg asli sampai skrg blm jga ketemu entah terselip dmana tpi fotocopynya sya punya persyaratan lain sya ada,
    Gmana ya mba apa bsa dana sya dicairkan?
    Thxs,

    @Iwan Setiawan
    menurut cerita rekan2 yg lain, ada yang KK asli harus ditunjukkan. Ada yang hanya menunjukkan KK fotocopy bisa. Tergantung pihak Jamsosteknya pak…ya…nego2 dikitlah..hehehe…
    salam kenal…*jadi inget, dulu punya temen namanya sama dengan anda, rumahnya di bekasi..*

  128. iwan ardina
    Januari 6, 2009 pukul 5:29 am

    4 JEMPOL BUAT TOETOETS BLOG
    BANYAK INFO YG DIDAPAT DI BLOG INI.

    SUKSES SELALU BUAT TOETOETS BLOG
    YES! YES! YES!

    @iwan ardina
    *whoa…another iwan…:-)*
    jadi malu pak… ga seberapa kok..
    sharing info aja..
    makasih ya udah mampir..

  129. Hidayat
    Januari 9, 2009 pukul 2:51 am

    Mohon infonya donk…saya peserta jamsostek. tahun Juni 2003 saya diterima bekerja diperusahaan ternama berpusat di jakarta yang mempunyai cabang di seluruh indonesia sebut saja perusahaan A. Nopember 2005 saya keluar dari perusahaan A, karena diterima di perusahaan B. namun saat proses kuluar dari perusahaan A, saya lupa minta refrensi kerja ( saat itu masa kerja saya baru +/- 2.5 tahun di perusahaan A). kalau terhitung sampai dengan januari 2009,mestinya jamsostek saya yang terdaftar dari perusahaan A sudah bisa diambil. saya sudah coba hubungi pihak HRD perusahaan A tsb namun cuman dapat janji janji. kira – kira solusinya bagaimana ya supaya bisa cair. apakah diperlukan bukti pengangkatan sebagai karyawan tetap dari perusahaan B. November 2007 saya sudah pingah lagi di perusahaan C. “Mohon solusi dari pihak jamsostek agar uang jamsotek saya diperusahaan A bisa cair ” terima kasih.

  130. rino
    Januari 15, 2009 pukul 6:18 pm

    Mba mau tanya jg neh…masa kepesertaan JAMSOSTEK saya sdh 6 thn lebih tapi ada satu persyaratan yg hilang yaitu surat pengalaman krj hilang, apa saya tetap harus minta lg sama PT tempat sama bekerja dulu, ato bisa diganti dgn surat keterangan hilang dari kepolisian, saya butuh jawabannya mba,, krn saya bingung jg,, thx before…

    @rino
    sebaiknya sih minta lagi ke PT tempat kamu kerja
    thx kembali

  131. iwan ardina
    Januari 20, 2009 pukul 4:52 am

    Mbak Toetoet yg ahli jamsostek…
    Mau sharing sama mbak toetoet atau mungkin yg tau masalah ini. Kantor saya saat ini mengelola Karyawan Outsourcing dr beberapa perusahaan. Ketika salah satunya ada yg kecelakaan, kemudian masuk RS, saya membantu proses pengurusan klaim ke jamsoostek. Dari total biaya yg keluar, tdk semua ditanggung jamsostek. Adakah hukumnya kekurangan dari pembayaran itu ditanggung oleh kantor kami. Atau cukup tali asih dari perusahaan, atau biasanya yg terjadi bgmn? Mbak toetoet mungkin punya pengalaman ttg ini. Cerita dong mbak….

    @iwan ardina
    saya juga pernah mendapat kasus seperti itu.. tidak semua diganti 100% oleh pihak jamsostek (ada hitung2annya). Jadi ya..pengertian dari perusahaan kita… perusahaan mau menanggung sisanya yang tidak diganti, karena rasa tanggung jawab terhadap karyawan kita sendiri…begitu pak :)

  132. muhamad yani
    Januari 21, 2009 pukul 10:25 am

    Ba. saya mau tanya nech, sebelumnya terima kasih da nyediain sarana ini, ba. saya ikut jamsostek, namun kartu nya hilang ba, trus sekarang saya da nikah, kira-kira jamsostek saya bisa di ambil ga ba?

    @muhamad yani
    kartunya hilang ya??
    hmm… nyimpen rincian saldo JHTnya kan? disitu bisa dilihat no. KPJ kamu (ini yg paling penting, harus tahu no. KPJ kita)
    ada surat keterangan dari perusahaan kah?
    yang jelas kamu harus lapor polisi dulu untuk bikin surat keterangan kalo kartu kamu hilang, dengan mencantumkan nomer KPJ kamu, baru kamu bisa mengurus pengambilan JHT dengan bukti2 yang ada

  133. Rahmat
    Januari 25, 2009 pukul 8:58 am

    maaf mau tanya, bisa g JHT di cairkan sedangkan kartu Jamsostek kita hilang dan rincian saldonyapun kita tidak punya, yang ada hanya Surat Keterangan Pengalaman bekerja saja, pernah dicoba di hub Perusahaan tmpt bekerja dulu namun perusahaan tersebut sudah tidak ada/merger, dan mereka tidak memiliki database untuk karyawan lama. Terima kasih

    ada yg bisa membantu untuk bisa menjawab pertanyaan sdr Rahmat??

    • anggoro suryo
      Februari 22, 2010 pukul 4:18 am

      waduh gawat juga nih….saya coba bantu jawab yach…..
      untuk JHt bisa diambil apabila sudah memenuhi ketentuan yaitu sudah mencapai 5 th 1 bulan (ketentuan yg baru) masa tenggang.
      surat keterangan tersebut kayaknya udah mewaliki syarat2nya dech, tapi setakan juga syarat-syarat yg lainya.
      coba datang aja ke cabang jamsostek terdekat dan ceritakan masalah anda, pasti dibantu kok…..

      sekian dulu ah jawaban saya, klo ada yg mo nanbahin silahkan.

      @anggoro suryo:
      terima kasih ya atas jawabannya… :)

  134. Ludi
    Januari 26, 2009 pukul 1:52 pm

    Infonya sangat membantu…
    Terima Kasih banyak….

    @Ludi
    Trima kasih kembali..
    senang kalau bisa membantu..

  135. dede irma
    Januari 27, 2009 pukul 7:58 am

    siang, maaf saya ingin bertanya mengenai pencarian JHT. Apa benar untuk Tahun 2009, pencarian JHT tidak lagi harus menunggu masa 6 bulan, tapi hanya 1 bulan dari masa non aktif (5th 1 bulan). karna saya ada membaca di koran, khususnya koran batam pos (daerah batam), bahwasanya untuk tahun 2009, pencarian JHT tidak lagi harus menunggu masa 6 bulan. dikarenakan krisis moneter yang sedang dialami dunia skg ini, jadi tidak dipersulit lagi. Mohon penjelasannya, sekian dan terima kasih.

    @dede irma:
    beul sekali :)

  136. Ludi
    Januari 27, 2009 pukul 3:01 pm

    Hari ini saya baru ngurus pencairan jamsostek saya, dengan membawa persyaratan yg mbak berikan..cukup fotocopy 1 x aja..
    semuanya berjalan lancarrrr..
    Hanya saja dananya baru bisa diambil 2 minggu kemudian, karena saya minta di transfer ke bank…apakah benar selama itu ?

    Menurut informasi dari jamsostek, katanya masa tenggang waktu yg 6 bulan mau di rubah menjadi 1 bulan..

    Oya.. persyaratan pencairan JHT suka ditanya ijazah asli dan diminta fotocopynya..kebetulan saya ga diminta.
    Terima Kasih.

  137. irene
    Januari 29, 2009 pukul 4:57 am

    Mba,

    Saya mau tanya keanggotaan JHT saya 09-04, saya keluar dari perusahaan yang lama 08-06.

    Kira-kira kapan ya JHT saya bisa dicairkan?

    Terima kasih.

  138. irawan
    Januari 29, 2009 pukul 5:29 am

    @ rahmat

    kalo kasus yang seperti anda alami lebih baik anda ke cabang jamsostek terdekat
    anda tinggal nyebutin nama dan perusahaan,insyaallah 99% jamsostek bisa mencari dan menemukannya
    thanks

  139. Februari 2, 2009 pukul 2:25 am

    Salut sama Jamsostek yag terus menerus selalu mengadakan perubahan ke arah yang lebih baik dengan tujuan untuk pelayanan yang sebaik baiknya, apalagi sekarang ini untuk pengurusan segala sesuatu tidak perlu dulu2an, rebut2an, cukup ambil nomor antri di meja satpam, antri deh kita sesuai nomernya itupun tidak lama, cuman yang perlu tuh di perhatiin untuk di bagian kasirnya untuk display nomer antrian harus di bedakan untuk yg JHT dan JPK karena banyak yang bingung kalo yang udah tau sih nggak masalah, nah yg belum tau tuh binggung deh kok nomernya lompat2, ok deh maju terus jamsostek

  140. david s
    Februari 2, 2009 pukul 3:47 am

    wah kebeneran eh kebetulan saya lagi berniat (bernafsu maksudnya he he) pengen cairkan dana JHT saya…saya kerja dari tahun 2003 dan keluar taun 2008 krn diserobot Dephut jadi PNSnya..saya dulu ke anggotaanya di Jamsostek Palangka Raya (kalteng), dan sekarang di samarinda east kalimantan, kayaknya bisa ya pencairan JHTnya cukup di samarinda gak usah ke palangka segala..jauh amat sih

    selain itu salam kenal dr putra dayak

  141. Rudyn
    Februari 2, 2009 pukul 8:14 am

    Saya ada pertanyaan mengenai Jamsostek.

    Karyawan di perusahaan saya bekerja ada yg ingin mencairkan JHTnya tetapi dia belum berumur 55thn, sehat dan belum berhenti bekerja.

    Yang saya tanyakan apakah karyawan tersebut berhak dan dapat mencairkan JHT sebelum waktunya?

    Jika bisa apa saja surat yang diperlukan?

    Dan apa benar sekarang masa tunggu hanya 1 bln?

    Regards
    Rudyn

  142. recko
    Februari 3, 2009 pukul 2:34 pm

    bicara tentang jht,jujur saya masih agak bingung perihal tsb,setelah saya baca lampiran dia atas
    {sebetulnya JHT itu untuk kebutuhan di hari tua}tp apakah masih berlanjut jika saya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tempat saya bekerja dulu,saya telah bekerja 6 tahun dan masa resign saya baru 5 bulan,nah yang saya mau tanyakan?

    1.dapatkah saya melihat jumlah dari jht saya tsb via e-mail atau webside yang menangani perihal tsb?

    2. saya resign per tgl 20 sept 2008 apakah saya dapat mencairkan dana jht tgl 2 ke atas bulan maret 2009 {sesuai peraturan 5 thn 6 bln} ?

    3.jika saya belum mencairkan jht tsb apakah jumlah jht saya akan terus bertambah !
    bagaimana caranya?
    sedangkan yang saya tau perusahaan dulu kan sudah tidak lagi memberikan masukan

    mohon bantuannya
    terima kasih……

  143. Si Adar
    Februari 7, 2009 pukul 1:33 pm

    Haiii. mbak tutut

    saya mau nanya tentang jamsostek coz saya benar2 blm mengerti :
    1. Abila masa kerja kita di perusahaan cuma 1 thn, (1 thn ikut jamsostek dr perusahaan) bisa gak dicairkan dana yang setiap bulannya di potong di slip gaji untuk jamsostek???
    2. PNS bisa ikut Jamsostek gak

    @Si Adar
    1. Bisa dong.. walopun cuma kerja 6 bulan juga bisa… kan setiap bulan dipotong buat iuran itu… berarti itu hak kita.
    2. PNS Astek kan namanya? CMIIW

  144. ahmad
    Februari 8, 2009 pukul 9:52 am

    saya ingin ambil JHT saya, cuma saya masih ada pinjaman dari Jamsosek (Program pinjaman jangka 5 tahun) dan baru di cicil selama tahun.
    Apakah JHT saya bisa di ambil (close) dengan ada nya pinjaman saya?
    Aapakah mesti nunggu tahun lagi?

  145. adi novandar
    Februari 9, 2009 pukul 3:05 am

    nama saya adi, saya mau tanya saya korban phk dan saya ikut program jamsostek dari tanggal 03 mei 2005, saya keluar kerja bulan september 2008 dan sekarang sudah 2009 apa bisa di cairkan jht nya. terima kasih ya……

  146. RATNA
    Februari 10, 2009 pukul 4:04 am

    apakah bisa biaya melahirkan diclaimkan ????

    Mohon bantuannya..
    terima kasih

    @RATNA
    Biaya persalinan tidak termasuk dalam program JHT, tapi masuk di program JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan).
    Asalkan rumah bersalinnya sesuai dengan yang didaftarkan, atau sesuai rujukan, ada perhitungannya. Kalau dirumah bersalin yang ditunjuk, tidak diganti biaya persalinannya, kita tidak bayar alias gratis.
    Tapi kalau tidak dirumah bersalin yang ditunjuk, ada penggantian biaya persalinannya.
    Mohon ditanya pada perusahan anda.
    terima kasih kembali.

    • Santy
      November 17, 2009 pukul 5:55 am

      Ratna
      bisa kalo ikut program JPK, klaim aza…
      lahiran normal berapapun itu digantinya max 500.000
      kalo operasi kalo belum berubah siy diganti 2 Jt

      @Santy:
      Trims ya info terbarunya:)

  147. well
    Februari 12, 2009 pukul 12:30 am

    Mbak just share……

    2 minggu yg lalu aku coba cairin JHT ku, persyaratan coba aku komplitin, yg jadi masalah kartu pesertaku ama cetakan saldo smua ilang kena banjir sementara Perusahaan ku dulu udah tutup, alhasil formulirku di reject, saya berusaha tanya solusinya, ternyata kalo gak ada nomer sama sekali ga bisa diurus, please deh hari gini semua serba instan, serba online, hanya gara gara gada nomer trus hangus, bayangin kalo case saya menimpa jutaan orang peserta Jamsostek, please comment thengkyu……………..

  148. Bejo
    Februari 12, 2009 pukul 2:55 am

    Mo Tanya…dpt kabar dr rekan dan beliau bisa mengusahakan…katanya tidak perlu nunggu sampai 6 bulan ..bahkan baru sebulan pun bisa yg penting persyaratan komplit..
    Apakah benar ttg hal ini ? atau bisa di sebut pakai jalur-khusus ?
    Terimakasih

  149. irma
    Februari 12, 2009 pukul 8:07 am

    halu..du kren bgt blognya…mbantu buanget…mmmm sy mo ikutan tanya nih…sy mulai aktif jd peserta jan 2004 kira2 kpn bs diambilnya yach?…trus no tlp 5260419 knp sush bgt dihubungin yach??sebelumnya sy ucapkan terima kasih…:)

  150. JOJO
    Februari 16, 2009 pukul 6:51 am

    SAYA CUMA MO TAU GIMANA CARA MENGETAHUI PROGRAM APA SAJA YANG DIIKUTKAN UNTUK SAYA DI JAMSOSTEK INI. APA SAYA HRS DTG KEKANTOR JAMSOSTEK TERDKT ATAU BY WEB SITE JAMSOSTEK ATO ADA CARA LAIN. THANK’S

    @JOJO
    Apakah anda tidak diberitahu bag. HRD bahwa karyawan dimasukkan dalam lingkup program apa saja di Jamsostek?
    Ruang lingkup program Jamsostek :
    – Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
    – Jaminan Hari Tua (JHT)
    – Jaminan Kematian (JK)
    – Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)
    Ke 4 program tsb merupakan program yang tidak terpisahkan dan setiap perusahaan wajib mengikuti seluruh program. Bagi perusahaan yang telah memberikan kepada tenaga kerjanya JPK yang lebih baik dari program JPK yang diselenggarakan Jamsostek, tidak wajib mengikuti program JPK.

    jadi silahkan ada bertanya pada bag. HRD anda ya….

  151. Februari 18, 2009 pukul 4:41 am

    sy jg mo nyairi jht neh kmarin. ikut jamsostek dr nov 2004 n kluar krj nov 2008. dr kntr jamsostek disuruh nunggu sampe nov 2009 uy BT. pdhl kn lg byk phk skg.ko ga ada keringanan y

  152. deni
    Februari 18, 2009 pukul 6:02 am

    mohon bantuannya…

    apa saja syarat2 menjadi peserta jamsostek bagi perusahaan yang belum mendaftar?
    berapa lama prosesnya?
    terima kasih

  153. Kenjiro Shinozuke
    Februari 18, 2009 pukul 9:03 am

    halu..du kren bgt blognya…mbantu buanget…mmmm sy mo ikutan tanya nih…sy mulai aktif jd peserta jan 2004 kira2 kpn bs diambilnya yach?…trus no tlp 5260419 knp sush bgt dihubungin yach??sebelumnya sy ucapkan terima kasih…:)

    @ Irma
    Utk saldo JHT bisa diambil dgn kepesertaan di Jamsostek 5 tahun dan 1 bulan stlh keluar dr perusahaan, mbak irma sdh keluar dr perusahaan atau msh aktif?

    Thx a lot

    @Kenjiro
    Wah mas Kenjiro muncul dengan jawabannya…makasaih ya udah mo bantu jawab…

  154. Kenjiro Shinozuke
    Februari 18, 2009 pukul 9:05 am

    Bejo said :
    Mo Tanya…dpt kabar dr rekan dan beliau bisa mengusahakan…katanya tidak perlu nunggu sampai 6 bulan ..bahkan baru sebulan pun bisa yg penting persyaratan komplit..
    Apakah benar ttg hal ini ? atau bisa di sebut pakai jalur-khusus ?
    Terimakasih

    @Bejo
    Utk peraturan yg baru utk pengambilan saldo JHT yaitu 5 tahun 1 bulan, dan itu bkn jalur khusus dan persyaratan memang hrs lengkap.

    Thx a lot

  155. Kenjiro Shinozuke
    Februari 18, 2009 pukul 9:14 am

    adi novandar said :
    nama saya adi, saya mau tanya saya korban phk dan saya ikut program jamsostek dari tanggal 03 mei 2005, saya keluar kerja bulan september 2008 dan sekarang sudah 2009 apa bisa di cairkan jht nya. terima kasih ya……

    @ adi novandar
    bisa diambil mas saldo JHTnya

    Thx a lot

  156. Februari 18, 2009 pukul 11:12 am

    mbak/bang saya mau tanya saya ikut jht 2002 trus februari 2009 saya mengundurkan diri sbgai tk apakah jht saya langsung bsa dcairkan tim’s atas pencerahannya

  157. Kenjiro Shinozuke
    Februari 19, 2009 pukul 3:46 am

    @ mbak toetoet

    mohon maaf apabila saya mendahului menjawab pertanyaan yg sdh diajukan oleh teman-teman.

    Thx ya mbak

    @Kenjiro
    Duh…daku malah makasih banget….dikau sudah mau menjawab pertanyaan2 disini…
    Sekali lagi makasih… tetep maen kesini ya… Ilmu kamu diperlukan disini…:-)

  158. Kenjiro Shinozuke
    Februari 19, 2009 pukul 4:01 am

    mau klarifikasi atas jwbn saya pada Februari 18, 2009 at 9:14 am

    adi novandar said :
    nama saya adi, saya mau tanya saya korban phk dan saya ikut program jamsostek dari tanggal 03 mei 2005, saya keluar kerja bulan september 2008 dan sekarang sudah 2009 apa bisa di cairkan jht nya. terima kasih ya……

    @ adi novandar
    bisa diambil mas saldo JHTnya

    jwbn seharusnya :
    KEPESERTAAN DI JAMSOSTEK HARUS SDH 5 THN DGN MASA TUNGGU 1 BLN SEJAK KELUAR DR PERUSAHAAN.
    THX A LOT

  159. Painto
    Februari 19, 2009 pukul 9:27 am

    Dear mbak.

    saya punya kartu jamsostek sejak mei 2004 dan saya berhenti bekerja tahun 2006 apakah jamsostek saya bisa di cairkan saat ini ?

    thanks

  160. budhi
    Februari 19, 2009 pukul 1:29 pm

    @ mas bejo
    Emang bener ?? kalau peraturan baru JHT bisa dicairkan 5 th + 1 bln masa tunggu ?? peraturan nya lihat dimana mas bejo ?? tq

  161. linawahyu.n
    Februari 20, 2009 pukul 8:41 am

    aku bekerja disebuah medical swasta sudah hampir 4 tahun berjalan, bagaimana caranya untuk menjadi anggota jamsostek, tlg dibalas secepatnya, sekaligus persyaratannya,thanks

  162. bejo
    Februari 22, 2009 pukul 1:00 pm

    terima kasih,

  163. ernawati
    Februari 23, 2009 pukul 7:33 am

    Dulu saya bekerja disebuah PT di kawasan Tangerang selama 2 thn,dari thn 2003-thn 2005 dan selama 2 thn itu saya menjadi anggota Jamsostek.tp setelah 2 thn saya sudah tdk bekerja lagi disana.kalau tahun ini saya mau mencairkan uang JHT itu,kira-kira bisa tdk ya dicairkan? kartu Peserta saya hilang, tapi saya msh punya bukti slip saldo saya tahun terakhir.

    trimakasih

  164. ade
    Februari 23, 2009 pukul 5:12 pm

    mba … lam kenal yaa…. aku mau tanya dong .. mungkin ada yang pernah mengalami hal yang sama ama aku dan mungkin bisa jadi pelajaran … Saat ini aku lagi mencairkan uang JHT aku …. tapi belum bisa cair dengan alasan saldo aku yang diperusahaan yang lama Noollll… btw aku terakhir bekerja di perusahaan B, sebelumnya di perusahaan A yang notabene masih saudaraan …., krn perusahaan yang lama aku dibuatkan kartu jamsostek so di perusahaan yang baru pun aku melanjutkan …. tetapi sekarang untuk mencairkannya jadi masalah, so buat teman-teman yang baru menjadi anggota jamsostek, sebaiknya kalau ingin menjadi anggota jamsostek sebaiknya membuat kartu baru aja …. and untuk rekan-rekan yang lain ada ngga yang pernah bermasalah seperti aku …. ??terus gimana kelanjutannya sebab kalau saya tanya ke Jamsosteknya ….. di jawab saya tidak bisa memastikan kapan jamsostek saya bisa cair ……… tolong bantuannya yaaaa

  165. Bakri
    Maret 2, 2009 pukul 7:48 am

    Saya salah satu karyawan yg telah mengundurkan diri dari Perusahaan, jadinya kepesertaan saya gak cukup 5 tahun namun cuman sampe 4 tahun 5 bulan. apakah jht saya kira-kira bisa di cairkan ya?? setelah menunggu enam bulan kemudian

    mohon infonya pak ya?? soalnya saya masih dikit ragu

    Saya menjadi anggota = Juli 2004
    Mengundurkan diri dari perusahaan = Des 2008

    Demikian and thanks sebelumnya

    Bakri

  166. Hasan
    Maret 3, 2009 pukul 5:41 am

    Saya sudah di daftarkan oleh perusahaan tempat saya kerja sejak tahun 1996 yang berlokasi di Cirebon (sebagai bukti buat saya diberikan kartu jamsostek), hingga tahun 2003 saya dimutasi ke Bandung dan menurut informasi personalia di perusahaan tempat saya bekerja, telah diurus untuk kelanjutannya, pada tahun 2007 saya mendapat kembali kartu baru dari jamsostek.

    Kepengurusan oleh Perusahaan sangat baik hingga terasa saya tidak usah mengurus sendiri.

    NAMUN, saya sebagai peserta jamsostek apalagi menyangkut pemotongan penghasilan yang harus diketahui oleh istri, saya tidak mendapat penjelasan secara mendetail dari perusahaan tempat saya bekerja, hal ini mengakibatkan saya salah kaprah.

    Tolong dari yang terkait dapat memberikan petunjuk kepada saya.
    Segala sesuatunya apabila ada kekurangan untuk keanggotaan saya setelah saya mengetahui aturan jamsostek, kami akan mengurusnya sendiri sebagai salah satu jalan dapat langsung bertatap muka dengan yang melibatkan saya menjadi anggota di Jamsostek. Terima kasih.

  167. Berto
    Maret 4, 2009 pukul 1:52 am

    I ya seperti kata pak Budi sebelumnya, masa tunggu sekarang tidak perlu 6 bulan tapi cukup 1 bulan, kalau bener nich udah siap untuk urus JHT.

    @Berto
    Yak benar pak, satu bulan saja sekarang :-D

  168. Vq
    Maret 5, 2009 pukul 2:27 am

    owh gitu toh caranya….
    tapi saya mw tanya nich….
    saya punya 3 kartu jamsostek yang pertama sudah 5 tahun dan yang kedua sudah 2 tahun lalu yang ketiga baru 1 tahun… tapi terakhir saya liat saldonya digabungkan antara jamsostek ke 1 dan ke 3 sedangkan yang ke 2 tidak digabungkan kanapa ya???? terus klo saya mw tau saldo jamsostek saya yang kedua gimana ya??? karena selama saya kerja saya tidak pernah dapat report saldo nya….. ( perusahaannya pun sudah pailit)
    terima kasih…
    mohon bantuannya….

  169. Freddy Ngantung
    Maret 5, 2009 pukul 7:13 pm

    Mbak Toet2, pengalaman mbak mengambil JHT dgn cash lebih cepat sedangkan saran mbak kpd @Sudharmono ;
    “mungkin waktu itu bapak minta saldonya berupa cash ya, bukan ditransfer ke bank?
    kalau cash memang belum hari itu juga bisa cair, *nunggu 3 hari juga* tapi kalau transfer via bank bisa 1 hari saja, ga perlu nunggu sampai 3 hari”. Ini tentu bertolak belakang. Pengalaman saya juga waktu mengambil JHT di cabang Cilandak tanggal 27 February 2009 lalu demikian. Transfer via Bank disuruh tunggu SEMINGGU. Memang cepat sih waktu saya mengajukannya, hanya 5 menit.. serrr. langsung beres, soalnya semua ducument telah disiapkan dari rumah. Dan memang benar saya cek direkening pada hari Kamis, 5 Maret ’09 juga belum masuk. Waaah lama kale ye.
    OK.. mbak toet2, salam kenal.

    @Freddy Ngantung
    Wah…Bapak teliti sekali…
    Jadi malu..maaf ya Pak membuat kedualisme-an jawaban :)
    Pada prakteknya berbeda2 gitu pak… Kebetulan pas saya mau cash dan cepat, hanya satu hari.
    Ada teman saya mau cash juga, tapi ternyata baru 2 hari kemuadian bisa cair karena masalah pencocokan data.
    Nah yang transfer via rekening proses di Jamsostek bisa hanya sehari, tapi uang yang ditransfer bisa 3 harian.
    Demikian dijelaskan…
    Salam kenal kembali dan sekali lagi terima kasih atas informasinya :)

  170. Win
    Maret 6, 2009 pukul 8:12 am

    Saya jd peserta jamsostek dari 1999, Bln akhir januari lalu minta tolong ama orang utk mecairkan jamsostek, semua persyaratan yg ada didokumen uda dipenuhi. Kiraain tunggu 6 bln tau-nya 1 bln aja uda bisa, tapi pas ditelp kesana katanya harus ada dokumen C1, emg-nya hrs ada? kl emg hrs ada kenapa gak bilang waktu penyerahan dokumen

  171. virgo
    Maret 10, 2009 pukul 4:27 am

    saya bekerja di institusi kesehatan . sudah lama saya dan teman2 tertarik dengan progam jamsostek. Kami sangat berharap bisa menjadi peserta jamsostek karena banyak sekali manfaatnya. Yang menjadi kendala bagi kami sekarang, institusi kami tidak mau mengikutsertakan kami sebagai peserta jamsostek, kami bingung. Apakah pihak jamsostek bisa membantu kami ? Terima kasih.

  172. Agus
    Maret 11, 2009 pukul 5:52 am

    Mba’ Toetoet yth,

    Mo tanya dikit tentang JHT sbb ga’ bisa masuk situs jamsostek.

    Begini ceritanya…….
    Saya dapat laporan saldo JHT dari Jamsostek,disitu tertera iuran Perusahaan 3,7% & peserta/TK 2% plus pengembangannya.

    Pertanyaannya ……
    Apakah iuran JHT 3,7%+2% semua menjadi JHT peserta? karena kalo rincian iuran JHT (3,7%+2%) selama 1 tahun dijumlahkan, berbeda dengan iuran JHT pada saldo laporan (dikiri bawah laporan) dan selisihnya/lebih kecil hampir setengah total iuran JHT 1 tahun,padahal dalam laporan saldo JHT tahun 2007,iuran JHT 3,7%+2% masuk kedalam saldo akhir JHT.

    Mohon bantuannya Mba’…Tx

  173. ZOED_SS
    Maret 12, 2009 pukul 7:05 am

    jamsostek sekarang lebih mudah dan cabangnya pun semakin banyak dan caranyapun semakin mudah dan terjangkau

  174. pai
    Maret 12, 2009 pukul 9:40 am

    bos, tolong infonya donk??
    khan saya udah jadi anggota dari 10-2005 trus resign di feb-2008 saldonya khan….. trus kalo mau di cairkan kenapa harus nunggu 5 th ya? trus kalo udah 5 th + 1 bulan waktu tunggu, jumlah saldo yg akan dicairkan itu ……./ ada pengurangan/ada penambahan jumlah saldo ya??

    makasih.

  175. Rian
    Maret 16, 2009 pukul 10:02 am

    mbak Toet, mohon pencerahannya, saya baru saja terdaftar jamsostek january 2009, kebetulan saya mau gunakan untuk istri yang mau melahirkan akhir maret ini, masalahnya dokter yang memeriksa kandungan istri nanti tidak bisa membantu proses persalinan karena rumahsakit dimana dokter itu akan membantu persalinan (RS Harapan Kita) tidak bekerja sama dengan jamsostek, rujukannya RS lain, padahal saya ingin gunakan amsostek tersebut, bagaimana mbak, agar saya bisa gunakan jamsostek di RS Harapan KIta, apakah masih ada “harapan” mohon mbak Toet yang baik untuk jawabannya. Terimakasih sebelumnya

    @Rian
    Sepengetahuan saya tidak bisa, harus dirujuk ke rumah sakit yg bekerjasama dengan Jamsostek.
    Berarti reimbursed, bayar dulu (seandainya melahirkannya jadi di RS Harapan Kita), nanti baru klaim ke Jamsostek, tapi biaya penggantiannya pasti tidak sesuai, ada plafon penggantian biaya
    CMIIW
    terima kasih kembali & salam kenal, semoga persalinan istrinya lancar ya…

  176. Yunia Santi
    Maret 17, 2009 pukul 3:34 am

    Siang Mba…mau tanya saya pernah ikut Jamsostek hanya selama 1 thn saja thn 2000-2001, selama ini saya belum pernah mengecek saldonya ada berapa, rencana sih saya ingin mencairkannya hanya saja surat keterangan pengalaman kerja saya hilang ketika pindahan rumah.

    bisa tidak kartu saya tersebut cair????

    karena persyaratan pencairan salah satunya adalah Paklaring untuk persyaratan yg lain sudah ada….

    mohon info nya…..

    terima kasih.

  177. tissna
    Maret 19, 2009 pukul 4:45 am

    hallo mbak salam kenal nihh mo ikut nanya ahhh , gini mbak kalo saya udah berhenti kerja 5 tahun tapi saya gk mao nyairin jht bagaimana tuh mbak derngan saldonya setelah 10 tahun apa tetep aja atau bertambah ?

    thanks…

  178. Maret 26, 2009 pukul 1:58 pm

    hallo mba slm kenal…
    saya mau tanya saya mulai bekerja thun 2005 dan pada tahun 2007 sudah berhenti… yang saya tanyakan apakah saya sudah dapat mencairkan jht skr….
    trus saya bekerja sebagai tenaga outsourcing surat keterangan kerja yang dipakai u/ claim jht dari perusahaan outsourcing or perusahaan yang memakai saya… thx bnget infonya mba

  179. arief
    Maret 27, 2009 pukul 8:24 pm

    salm kenal mbak…saya mau tanya saya pernah ikut Jamsostek hanya selama 2,5 thn saja thn 2004-2006, dan saya udah keluar dari kantor saya dulu dari bulan november tahun 2006,nah kalau sekarng kan udah 5 tahun lebih yang mau saya tanyakan apakah jamsostek saya bisa saya cairkan bulan depan?? padahal kartu saldo terakr saya uah hilang??
    apa saja syarat nya??

  180. hery
    April 1, 2009 pukul 1:34 pm

    halo mbak :”Aku pusing nich ” jamsostek saya sudah1 bln ngajuin belum cair juga , gi mana dong minta saran & solusi kemana lagi harus mengadukan nasib ini

  181. ade
    April 2, 2009 pukul 4:12 am

    pak saya bekerja selama 1 th, mulai kerja 21 april 2004. kira-kira kapan bisa diambil

  182. taqi
    April 4, 2009 pukul 4:13 pm

    Saya bekerja dr 2000-2007,,dan skarang nganggur,
    Apakah saya bisa cairin jht saya tsb ??

  183. anton
    April 7, 2009 pukul 8:36 am

    kalo ga punya KK gimanaya mba Toetoet?

  184. ari
    April 8, 2009 pukul 1:58 am

    Salam Kenal Mbak Toet and semuanya.
    Saya ikut jamsostek sejak tahun 2002 sampai sekarang (masih bekerja).
    Kira2 bisa ga ya cairin jamsostek??. Infonya bisa dicairin asal syaratnya ke cabang lain (padahal khan udah online ya).
    Maklum lagi butuh modal…..

    Mohon pencerahannya…

    Matur nuwun

  185. malvin siherir
    April 11, 2009 pukul 5:52 am

    Salam kenal bt Mbak toet. mau tanya neh mba tanggl 1 april 09 kmrn ak ngajuin klaim JHT, admnstrsi lengkp tp stlh sy tnya saldo JHT ktnya br bs di ketahui 3 hari lg. stlh 3hr kemdian saldo yg di berithukan tdk memuaskan saya(1,7jt). Saya komplain, dan dngn sangt bertletle jumlah saldo itu di rubah mnjdi 3,4jt. yg pd akhrnya saya cuma minta rincian saldo JHT saya. jwbn pihak jamsostek katanya tdk bs dngan alasan sy sdh di nyatkan kluar dngn pngajun klaim JHT tsbt. apa bnr saya sdh tdk berhk untk tau rincian saldo JHT saya??

  186. tri
    April 11, 2009 pukul 12:44 pm

    Salam kenal mbak!!!
    Saya mau nanya,, saya punya dua kartu Jamsostek.
    1. april 2004 – april 2006
    2. Juni 2006 – Desember 2008

    Nah saya sekarang udah tidak kerja lagi, kira kira kartu yang pertama bisa cair nggak yah ?
    klo nggak salah perhitungan kayaknya bisa dech diambil….
    mohon bantuan informasinya
    makacih….

  187. sinta_puspita
    April 20, 2009 pukul 8:48 am

    aduh…terntaya kalo mau mencairkan dana jamsostek cepet banget..asl persyaratnnya udah lengkap..ga sampe nunggu 5 menit udah selesai

  188. Rohmansyah
    April 29, 2009 pukul 3:12 am

    aq mau tanya masa tunggu 6 bulan itu gimana perhitungannya???aq berhenti kerja awal bulan november…kira2 bulan apa aq bisa cairin jamsostek aq??

  189. idzul
    April 29, 2009 pukul 6:58 am

    Salam kenal,
    Kayaknya infonya cukup jelas dan cukup bagus, tapi dari artikel yang saya baca dari atas belum ada yang pengalaman mencairkan jika kita jadi PNS.

    Saya ikut jamsostek sejak Oktober 2006 dan berhenti Des 2008 karena saya diterima PNS sejak Januari 2009. Saya bisa mencairkan JHT saya kira2 bulan apa ya mba?

    Berdasarkan info jamsostek kan bahwa kalo kita Jadi PNS atau keluar negeri tidak perlu sampai menunggu 5 tahun kan?

  190. desi p
    April 30, 2009 pukul 6:48 am

    sangat bagus semua jawaban dan pertanyaan yg diberikan..

  191. desi p
    April 30, 2009 pukul 6:53 am

    salam kenal mba!!
    saya mo tanya katanya semua jamsostek online, kenapa kl karyawan sy mau mencairkan JHT di setiap cabang yg dekat rumah kadang dipersulit, karena perusahaan saya itu ada 2 tapi pemilik tetap sama..yg saya ingin tanyakan apakah dicabang lain tidak bisa kl konfirmasi saja keperusahaan asal, jd karyawan saya g usah bolak balik minta 2 surat referensi.
    thanks

  192. Fajar
    Mei 4, 2009 pukul 7:05 am

    mau sharing nih.
    Tahun 2001 saya bekerja dan dan ikut jamsostek. Tahun 2002 saya berhenti untuk kuliah. dan tahun 2007 saya mulai bekerja kembali dan mengikuti program Jamsostek dari kantor, dengan nomor keanggotaan yang baru, karena nomor kartu jamsostek saya yang lama telah hilang. pertanyaan saya:
    1. apakah saya bisa mencairkan JHT jamsostek saya yang pertama (2001) tanpa kartu, karena hilang, syaratnya apa ya?
    2. Apakah saya bisa mencairkan JHT Jamsostek saya yang Tahun 2006 tahun ini( 2009)?
    3. Apakah dimungkinkan mencairkan JHT dalam dua nomor keanggotaan Jamsostek?
    4. Kapankah saya bisa mencairkan JHT saya yang tahun 2006?
    terimakasih

  193. anang s
    Mei 8, 2009 pukul 4:09 am

    salam kenal mba

    pertama saya menanyakan masalah kartu saya ada 2
    yg pertama 2001-2003
    yg kedua 2004-2008
    kira2 mana yg bisa saya cairkan kartunya mba?

    yg kedua saya menanyakan masalah kartu JAMSOSTEK saya hilang di rumah & saya sudah mencarinya sebulan lebih tetapi tdk ketemu juga mba. kira2 apa yg harus saya lakukan/syarat untuk mencairkan JAMSOSTEK saya

    atas jawaban dan kesempatannya saya ucapkan banyak2 terima kasih

  194. syafiq
    Mei 8, 2009 pukul 6:04 am

    Kepada Yth,
    Bpk/Ibu
    Tolong dong di tampilin daftar ppk I&II di seluruh Indonesia PT kami kesulitan, karen tk kebanyakan di luar daerah,trims

  195. Tete
    Mei 19, 2009 pukul 3:34 am

    salam kenal mba, aku mutasi dari kantor cabang ke corp, dari pengalaman karywn yg lain jamsostek bisa diambil dan kita nanti didaftarin baru, kalo saya baru dilaporkan ke jamsostek tgl 10 Juni, kapan sy bisa proses klaim dan cairnya dana?

    TQ

  196. Alibaba Oncom
    Mei 19, 2009 pukul 2:13 pm

    Kok, situs jamsostek yang kita butuhkan kebanyakan gak bisa dibuka sich..
    Apa memang disengaja ya..
    Kalo bisa, Jamsostek nyediai fasilitas bagi pesertanya untuk bisa online langsung cek saldo donk..
    Berani gak Pihak Jamsostek Ya ??????????

    • anggoro suryo
      Februari 22, 2010 pukul 4:51 am

      @ pak Alibaba Oncom
      situs jamsostek memang terkadang bisa terbuka dan terkadang tidak bisa, mungkin dikarenakan banyaknya manusia2 yg ingin melihat situs jamsostek sehingga terjadi over load pada server jamsostek, yang mengakibatkan tidak bisa terbuka atau kebanyakan pesannya adalah reques time out.

      untuk melihat saldo secara online sepertinya bisa pak, tapi terlebih dahulu harus menjadi member di situsnya jamsostek.

      saya udah pernah coba dan akan ada pesan “saldo dapat dilihat dalam 1 X 24″ klo gak salah sich ( udah lupa ).

      pertannyaan untuk semua yang ada di forum :
      saat ini saya knapa setelah beberapa hari kok saya gak bisa juga untuk melihat saldo secara on line, ada apa gerangan yg terjadi pada situs jamsostek ya ???

  197. Reindy YP
    Mei 19, 2009 pukul 2:27 pm

    Mas, ato Mba’2 .
    jangan dipercaya x dech para petugas jamsostek.
    Soalnya mereka semua para kolusioner.
    Saya sdh mengalaminya, kalo ada persyaratan kita yg slh ketik dikit aja, mrk langsung menolak mencairi saldo kita.. Tapi stlh saya janjii uang sebesar Rp 25 ribu, sipetugas langsung mengiyakan dan mencairi saldo saya tsbt.
    Stlah sy terima saldo sy, uang yang Rp 25 ribu tdk jadi sy byarkan kepetugas tersebut. eh dia malah marah2, kemudian dengan gampang saya bilang, Pak sebaiknya mslh tadi kita selesaikan di kantor Polisi aja.. Semua petugas Jamsostek terdiam. Akhirnya semua nasabah yg mengambil saldo pada saat itu bebas dari Pungli petugas Jamsostek yg seperti Tikus tersebut.. Akhirnya sy tersenyum puas karena sdh bisa memberi pelajaran kpd Tikus2 tresebut…….

  198. joko
    Mei 26, 2009 pukul 3:22 am

    nama saya joko,

    mau menanyakan tentang perpanjangan jamsostek,

    saya sudah bekerja di perusahaan A selama 2 tahun, kemudian kartu jamsostek saya di perpanjang oleh perusahaan B.

    yang mau saya tanyakan : apakah kalau kartu jamsostek ( JHT ) di perpanjang.
    apakah 5 tahun tunjangan saya bisa diambil atau harus menggu 10 tahun baru bisa diambil, karena kartunya di perpanjang oleh perusahaan yang baru.

    mohon informasinya….

  199. firdaus
    Juni 3, 2009 pukul 11:46 am

    mba, apakah JHT saya sudah bisa di cairkan walaupun saya baru terdaftar selama +/- 2 tahun?soalnya di tempat saya kerja skrg tidak ada jamsostek-nya.Gmn caranya?thx

  200. Danuarta
    Juni 5, 2009 pukul 8:29 am

    Saya dah jd anggota jamsostek -+ 7 th, skrg sy msh bekerja di perusahaan yg sama. Yg mau saya tanyakan, apakah sy bs bisa mencairkan dana tsbt? mengingat keadaan ekonomi sy yg sngt mengkawatirkan, banyak hutang yang hrs sy selesaikan.. setiap bln gaji sy hbs hanya utk mbyr hutang2 sy itu.. bahkan sy hrs gali lubang kembali utk menafkahi istri dan ke-2 anak sy yg msh kecil2 (balita).
    Harapan saya hanya dr saldo Jamsostek saya itu,
    bila saldo tsbt bisa dicairkan skrg.. mungkin hidup sy tdk akan spt yg saat ini saya alami.
    Saya yakin, mungkin bkn sy saja yang mengalami spt ini, rekan2 anggota jamsostek yg lain mungkin sama halnya spt saya. Tp karena keterbatasan kami, jd kami tdk tau hrs bagaimana.. Mohon para pejabat jamsostek sekiranya dpt menerbitkan kebijakan baru mengenai contoh kecil dari yg saya alami ini.
    Besar harapan kami agar dpt ditindaklanjuti, dan agar dpt disosialisasikan kpd kami jika ada jln keluarnya. Terima kasih..

  201. achmad taufiq
    Juni 9, 2009 pukul 7:53 am

    halo pejabat jamsostek yang insya allah jujur, saya mau tanya, memang jamsostek tiap bulan ap sih menerbitkan saldo jamsostek para pesertanya. sebab tahun ini saya belum menerima saldo jamsostek tahun 2008 saya dari perusahaan tempat saya bekerja. thanks

  202. ardhy
    Juni 18, 2009 pukul 6:33 am

    Satu yg kita heran ama Jamsostek-pemerintah bikin aturan,sehingga jamsostek bisa seenaknya ambil sebagian gaji kita buat mereka puter2 seenaknya-udah gitu bisa baru bisa diambil setelah 5 thn,lah duit2 kita .. kok mereka seenaknya nahan2 gitu ? lah kalo gue di PHK setelah 3 thn kerja .. sedang gue mau ambil duit GUE sendiri musti nunggu mpe 5 thn ? bener2 ga habis pikir .. its my own bloody money .. pemerintah or jamsostek yg arogan ..or karena berlindung di balik aturan ?? padahal tuch duit mo gue pake buka warung soto – masa iya nunggu 2 thn ? mudah2an warung gue maju and to jamsostek I assure you, buat karyawan gue nantinya NEVER use jamsostek – masih banyak bank yg punya program buat karyawan yg lebih flexible and transparan… pesen gue buat yg bikin aturan buat jamsostek tolong lah cari dana dari masyarakat dengan cara yg lebih arif… udah ga jamannya lagi .kita di goblokin ..

  203. sudarto
    Juni 23, 2009 pukul 4:11 am

    mbak ato mas saya mau nanya nieeeeeeeee saya mau ambil JHT…… saya ikut kepersertaan nya 09-2004 sedangkan saya udah keluar dari perusahaan di bulan oktober 2008 bisa gak ya JHT saya cairkan bulan ini. soalnya lg BU…..thanks.

  204. Taufiq RY
    Juni 30, 2009 pukul 10:25 am

    Mohon pencerahannya, thanks in advance

    Oktober 2003 saya mulai bekerja dan didaftarkan pada Jamsostek, oktober 2004 saya dimutasi ke perusahaan yang masih satu grup (namun beda nama PT-nya) dan kembali didaftarkan jamsostek sehingga saya punya 2 kartu (periode kartu pertama okt 03- sep 04, kartu kedua okt 04 – des 08, saya resign per 1 jan 09), bagaimana caranya agar kedua kartu tersebut dapat dicairkan secara bersamaan 6 bulan sejak saya resign?

  205. Juli 1, 2009 pukul 4:27 am

    Apakah saya bisa lihat saldo terakhir via internet, bagaimana caranya?

  206. budi
    Juli 10, 2009 pukul 2:16 am

    Apakah pencairan JHT tetep harus nunggu 5 tahun,6 bln??? meskipun perusahaan tempat kerja saya sudah tutup sebelum 5 tahun???
    tks….

  207. Ria
    Juli 21, 2009 pukul 7:58 am

    Berdasarkan peraturan terakhir (semoga belum berubah lagi), dana JHT Jamsostek dapat dicairkan apabila karyawan telah bekerja selama 5 tahun 1 bulan. Masa tunggu 1 bulan itu diterapkan karena dianggap karyawan tadi masih mencari pekerjaan di perusahaan lain setelah ia resign dari perusahaan yang lama. Jadi diharapkan dia masih dapat bertahan hidup selama 1 bulan.

    Namun sesungguhnya, namanya Program Jaminan Hari Tua sebaiknya dicairkan setelah kita memasuki usia pensiun karena dana ini sebagai bekal kita pensiun nanti. Dana JHT kita TIDAK AKAN pernah hilang selama perusahaan tempat kita dulu bekerja sungguh-sungguh menyetorkan dananya ke Jamsostek (ada kasus perusahaan yang bohong) serta kartu Jamsostek asli TIDAK hilang. Usahakan menyimpan kartu Jamsostek sebaik mungkin karena penting untuk digunakan pada saat pencairan dana.

    Dana JHT itu seperti kita menabung, dimana tingkat imbal hasil akan dikembalikan kepada peserta Jamsostek (tentunya setelah dikurangi biaya pengelolaan). Tingkat imbal hasil JHT Jamsostek SANGAT bersaing dengan counter rate deposito, bahkan lebih tinggi. So tidak usah khawatir karena dana tersebut dikelolan dengan penuh amanah dan memperhatikan prinsip kehati-hatian.

  208. Dian
    Juli 21, 2009 pukul 7:58 am

    tanya ya mbak
    saya didaftarin jamsostek sampa perusahaan tahun 2004 bulan maret dan keluar bulan mei 2006, apakah saya dapat mencairkan dana jht nya, cuma saya sudah kehilangan kartu jamsosteknya yg ada hanya surat resmi keterangan kerja, bisa tidak ya saya mencairkan, sedangkan perusahaan saya itu jauh sekali dari tempat saya tinggal sekarang, balas ya, thx

  209. Rino
    Juli 22, 2009 pukul 2:22 am

    numpang nanya ya..
    kalau masa kepesertaan jamsostek kurang dari 5 tahun, apakah bisa dicairkan setelah 5 tahun dan masa tenggang 6 bln??
    karena saat ini saya sudah berwiraswasta…
    sebagai info saya baru menjalani kepesertaan sekitar 2 thn..

    trims ya..

  210. Minul
    Juli 22, 2009 pukul 10:45 am

    Mohon maaf klo hal ini sdh pernah dibahas sblmnya.
    hari Selasa, 21 Juli kemaren sy bermaksud mencairkan dana Jamsostek di kantor Cabang Serpong. Saya berdomisili di Ciledug tetapi KTP sy Keb. Lama. Semua persyaratan mulai dari KK, KTP, Kartu Jamsostek, serta srt pengalaman kerja sdh saya siapkan, ternyata stlh sampai di kantor jamsostek saya di wajibkan membawa surat domisili karena KTP saya DKI.
    Pencairan dana jamsostek memang bisa dilakukan di semua kantor cabang Jamsostek, tetapi harus dilihat juga wilayah yg tertera KTP kita. o, iya satu lagi, bagi temen2 yang mau mencairkan dana jgn lupa bawa juga ijazah terakhir asli, siapa tahu diperlukan, karena ternyata itu dimasukkan ke dalam salah satu syarat tambahan yang harus saya siapkan selain srt keterangan domisili. Mengenai waktu tunggu skrng memang cuma 1 bulan dgn masa kepesertaan min. 5 tahun.
    Salam dan semoga bermanfaat.

    @Minul:
    Terima kasih sekali atas infonya…

  211. Juli 25, 2009 pukul 1:45 pm

    Alhamdulillah,makasih ya mba atas info jamsosteknya sangat berguna sekali bagi saya, juga kawan2 saya yg lg sanagat membthkannya.

    @mnovyar:
    Terima kasih kembali…
    Thx ya udah berkunjung

  212. dedi mulyadi
    Juli 29, 2009 pukul 5:46 pm

    sama seperti SITI PATIMAH, perusahaan tmpat saya bekerja kurang kooperatif dalam hal laporan iuran tahunan,karana potongan yang di tanggung (perusahaan 4.89% dan karyawan 2%)bener ga bapak/ibu staf jamsostek.mohon penjelasannya

  213. Bong
    Agustus 3, 2009 pukul 8:00 pm

    juli 09 sy coba cairkan jht di knt jamsostek cab. serpong (domisili sy di serpong), semua persyaratan & syarat lengkap baik copy maupun aslinya. tp ketika mau dicairkan (setelah menunggu 1mg) tdk bisa dengan alasan saldonya tdk dpt digabung! sbg info sy bekerja di 2 perusahaan: pertama di jkt & yg kedua di batam dengan hanya memakai 1 kartu jamsostek yg sy perpanjang. katanya online tp kok jd ribet..ada yg bisa ksh penjelasan! (dgn gondok sy ga jd cairin jht, berkas sy tarik kembali)

  214. irfan
    Agustus 24, 2009 pukul 5:55 am

    mei 2005 saya kerja dan ikut jamsosotek dan pada bulan mei 2007 saya berhenti kerja. apakah sekarang-sekarang ini saya dapat mencairkan dana JHT saya.

  215. Riyanto
    Agustus 26, 2009 pukul 6:30 am

    Salam Kenal mbak….
    Saya ikut jamsostek baru 1 tahun dan kena PHK, Kapan saya dapat mencairkan dana JHT saya ? Apakah pengertian 5 th itu, lama kerja + sisa waktu hingga genap 5 th lebih atau harus nunggu lagi prosesnya 5 tahun setelah kita berhenti kerja ?
    Terima Kasih

    @Riyanto:
    salam kenal juga…
    lama kerja + sisa waktu hingga genap 5 th
    terima kasih kembali…

  216. ade tyo
    Agustus 27, 2009 pukul 3:52 am

    Salam kenal semua,

    Saya br aja berhenti bekerja nih…kepengen juga mau mencairkan dana jamsostek saya. Oiy…sebelumnya saya udah bekerja dari tahun 2001 akhir, tapi terdaftar di kartu jamsostek bln 3 thn 2002.
    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah saya bisa lgsg mengurus pencairan dana tsb tanpa harus menunggu masa tenggang 6 bln??

    Soalnya saya mau berwiraswasta saja, dan dana tsb akan saya pakai untuk tambah modal usaha :)

    mohon pencerahannya …terima kasiiiih
    Ditunggu segera yaaa…( bisa reply jg ke email saya di : tyo_ade@yahoo.com

    @ade tyo:
    sekarang masa tenggangnya hanya 1 bulan :)
    jadi kalau anda sudah dilaporkan berhenti dari kepesertaan Jamsostek, tunggu 1 bulan, bisa urus pencairan JHTnya.
    Kalau sudah dicairkan please di share disini ya…
    terima kasih kembali dan semoga sukses dengan usahanya

  217. Sandy Agustinus
    Agustus 27, 2009 pukul 4:27 am

    Saya ingin bertanya..
    Saya sudah ikut Jamsostek selama 2 tahun di perusahaan saya. Dan sekarang saya sudah keluar dan belum bekerja lagi.. Apa saya bisa mencairkan dana Jamsostek saya?
    Karena jika saya melamar ke perusahaan lain, tidak semua perusahaan ada jamsostek.
    Dan bagaimana caranya agar saya dapat mencairkan dana saya tersebut?
    Terima kasih.

    @Sandy:
    Jika anda baru pertama kali ikut Jamsostek di perusahaan tersebut (2 tahun) berarti anda masih harus menunggu 3 tahun + 1 bulan untuk dapat mencairkan JHT anda.
    Syarat2nya bisa anda baca di postingan saya diatas:)
    Terima kasih kembali.

  218. CHRISTINA
    September 9, 2009 pukul 4:40 am

    nama sy christina,setelah sy menikah sy berganti nama menjadi christina chairun nur nissa,di ktp da ijzah masih christina,berbeda dng kartu jamsostek sy christina khairunnissa,begitu pl kk christina cahirun nur nissa.dan setelah sy teliti ulang ternyata terdapat perbedaan lg pada nomor kpj yg trdapat di kartu jamsostek dng nomor kpj yg tercantum di lembaran saldo terakhir yg sy terima bulan februari sewaktu sy masih bekerja di perusahaan tmpt sy bekerja.yang ingin sy tanyakan apakah saya masih ttp bisa mencairkan dana jamsostek?dan apa yg saya harus lakukan dengan perbedaan nomor kpj saya?mohon jawaban secepatnya,karena saya sangat membutuh kannya .terima kasih atas perhatiannya…..bissa balas ke email saya.

    @Christina:
    Anda masih bekerja atau tidak? kalau masih segera minta koreksi secepatnya via HRD anda.
    Kalau anda sudah tidak bekerja disana lagi/ pindah ke tempat baru, yang menjadi patokan itu biasanya KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) nya. JHT itu hak anda, jadi anda memang harus mengambil hak anda itu :)
    Coba dicek ke kantor Jamsostek terdekat. Untuk pencairannya mungkin dibutuhkan bukti2 pendukung yang lebih banyak ya, surat dari kepolisian, dari perusahaan, ijasah, ktp, gapapa semua bukti pendukung dibawa saja. Pihak Jamsostek ga kaku2 amat kok sepanjang itu memang punya kita.
    mohon infonya ya jika sudah dicairkan.
    Terima kasih kembali.

  219. Eka
    September 14, 2009 pukul 12:53 am

    Terima kasih Jamsostek, karena telah mencairkan dana saya dengan tepat waktu. Sesuai dengan janji yang diberikan oleh customer service jamsostek. Tangal 07 Sept saya mengurus penutupan rekening dan cair tangal 10 Sept 2009.
    Jayalah selalu Jamsostek

  220. tonny
    September 15, 2009 pukul 10:40 am

    saya udah 11 ikutan jamsostek tapi aku ada masalah di tanggal masuk kerja salah, lewat perusahaan udah di perbaiki tapi ga ada hasil tuh tetep aja salah. mau ke kantor jamsostek tempat kerjaku dihutan jadi waktunya ga ada

  221. Eva Widarto
    Oktober 1, 2009 pukul 1:12 pm

    Ba toetoet makasih yach info jamsosteknya, tadinya cuma cari web jamsos, eh ternyata ada blog share tentang jamsos, akhirnya yang ga ngerti menjadi jelas neh

    @Eva:
    Terima kasih kembali :)

  222. abie
    Oktober 7, 2009 pukul 2:42 am

    sedikit curhat, selebihnya nanya…
    kita kan kerja d Purwakarta tahun 2002 lah ampe tahun 2008 n ujungnya tahun 2008 ntu jadi akhir perjuangan kerja (ngundurin diri )..pa d tahun ni, tepatnya bulan skarang bisa di cairkan?semantara KTP n tempat tinggal dah beda (skarang tinggal di Garut ), pa masih bisa di cairkan di Purwakarta?

    @abie:
    sudah bisa, ga masalah kok pak. dulu saya kerja di batam, didaftarkan dengan ktp batam. Kemudian kerja di jakarta, nomer jamsostek sama (dilanjutkan) dengan memakai ktp tangerang. Ketika JHT ingin dicairkan memakai ktp tangerang. JHT saya di PT lama di batam dan di PT jakarta bisa langsung dicairkan :)

  223. muniev
    Oktober 15, 2009 pukul 6:11 am

    sebenarnya aq gak da masalah ma pt jamsostek di wilayah q,,[gresik]……tapi aq maw nanya bisa gak aq nyairin jht q tanpa surat pengalaman kerja…karena uda aq urus di pabrik lamaq….berkali2…gak dikeluarin mbak…ampe mbelenger aq……ampe2 pt jamsostek ikut mbantu nelpon prusahaan tersbut….tetep gak da respon mbak…..terus terang aqamt sangat butuh uang tersbt……….mohaon bantuannya….terima kasih…

    @Muniev:
    Kok mereka (pabrik lama) ga mau ngeluarin sih… alasan mereka apa? paling nggak ada keterangan bahwa kamu pernah bekerja di tempat mereka dari tgl sekian sampai tanggal sekian.
    Rekan-rekan…. ada yang bisa bantu ga??
    karena setahu saya tidak bisa dicairkan kalau tidak ada surat keterangan dari perusahaan lama… itu yang menjadi bukti kalau kita pernah bekerja disitu.
    Atau mungkin dengan ID/tanda pengenal karyawan bisa?
    Ada yang bisa bantu?
    Terima kasih sebelumnya

  224. muniev
    Oktober 15, 2009 pukul 4:19 pm

    please….mohon bantuannya problemq tadi????? koq g da yang nanggapin brow…..thanks…..

  225. ina
    Oktober 16, 2009 pukul 3:04 am

    saya ikut kepesertaan jamsostek april tahun 2007. Sekarang saya bekerja sbg PNS. Apakah saya tetap harus menunggu selama 5 tahun untuk mencairkan dana jamsostek saya? Kan kemungkinan besar kepesertaan jamsostek saya tidak akan berlanjut lagi. Apa ada pengecualian sehingga saya bisa mencairkannya sblum 5 tahun, karena saya pernah dengar hal itu bisa dilakukan. Thx.

  226. muniev
    Oktober 18, 2009 pukul 7:21 am

    trus seumpama prusahaan lmaq[ PT INDOSPRING TBK] AQ KOMPLAIN GMN CRAX ZO….SOALE ALASANE TUH GAK MASUK AKL BANGET MBAK…….meeting trus….

  227. fatya
    Oktober 19, 2009 pukul 2:15 am

    haiii.mba salam !!
    sy sudah 1,5 thn resign sy bekerja selama 4 thn, apakah sudh boleh ambil dana jamsosteknya skrg mba?, sy baca mba ambilnya di jamsostek cbng cilandak tepatnya dimananya ya patokannya? trus brp lama prosesnya bs ngambil cash!!!? tlng balasan secepatnya..terima kasih ya

  228. Edi
    Oktober 19, 2009 pukul 4:18 am

    Coba aja minta keterangan / bantuan dari disnaker setempat barangkali bisa menekan ke pabrik tersebut agar bisa mengeluarkan surat keterangan kerja…

  229. prima
    Oktober 22, 2009 pukul 6:08 am

    pak saya sudah berhenti bekerja sejak tgl 28 September 2009,sementara saya masuk kerja tgl 04 Oktober 2004, apakah masa kerja saya sudah di hitung 5 thn,saat ini saya ingin mengambil dana jamsostek saya.Kira-kira saya dapat mencairkan dana tersebut kpn ya? saya tunggu jawaban ny. terimakasih

    @prima:
    4 okt 2004 s/d 4 okt 2009 = 5 tahun
    plus 1 bulan = 4 nov 2009 > dana JHT bisa diambil (CMIIW)
    terima kasih kembali

    • prima
      November 2, 2009 pukul 10:33 am

      makasih atas jwbn ny,ada lagi yg ingin saya tanyakan,beberapa hari yg lalu kartu jamsostek saya hilang sedang kan salah satu syarat untuk pencairan jamsostek harus ada kartu jamsostek ny.Permasalahan ny adalah apakah saya msh bisa mencairkan dana tersebut?,kalau bisa apakah ada syarat pengganti dari kartu jamsostek yg hilang tersebut?,lalu jika saya berdomisili di Jakarta Pusat di kantor jamsostek manakah saya dpt mencairkan ny?.Semoga pertanyaan saya kali ini dapat d jawab kembali.Terimkasih atas waktuny.

      @prima:
      Segera lapor polisi minta surat keterangan hilang dengan mencantumkan nomer KPJnya di surat keterangan hilang tsb.

      Bisa kok dicairkan dimana saja. Coba lihat alamat kantor Jamsostek se Jabotabek ya…. (ada di blog ini juga:)
      Terima kasih kembali

  230. November 3, 2009 pukul 12:21 am

    Saat PHK dari perusahaan tempatku bekerja disaat istriku harus melahirkan chesar yang menghabiskan dana 10 juta lebih, ditambah istriku yang punya riwayat jantung. Gaji yang cuma UMR dipaksain untuk bayar cicilan rumah, biaya hidup kami bertiga plus( termasuk biaya PLN, bensin, makan, kesehatan). Ternyata sangat kurang sekali untuk hidup di Jakarta ini. Dan Gara-gara PHK dan tidak kerja selama setahun membuatku kehilangan rumah. Sampai saat tulisan ini dibuat saya masih nganggur.
    Saya berencana mencairkan Jamsostek saya…. mungkin yang terdekat Jamsostek Cilandak. Mungkin saya terdaftar di Jamostek jakarta Pusat. Tapi saya akan mencobanya di Jamsostek Cilandak. Rencananya untuk bayar hutang…. yang menumpuk. Ternyata Allah gampang sekali membalikkan rejeki. Dari gak punya apa-apa, trus punya sedikit. nah begitu baru punya sedikit ditarik lagi ama Allah. Yah jalanin aja hidup ini. Gak usah bingung and pusing.

    @aden:
    Terus semangat ya pak.
    Tuhan ga akan memberikan cobaan yang hambanya tidak mampu memikulnya. Memang tidak mudah… tapi saya salut dengan bapak.
    Salam untuk keluarga, dan bila sudah dicairkan, tolong sharing disini ya pak

  231. tini
    November 3, 2009 pukul 9:22 am

    pak saya pernah bekerja di prsh retail selama 1th dan punya kartu jamsostek dan sudah tidak bekerja diperusahaan itu dan blm sempat minta surat keteragan kerja tetapi perusahan tersebut sudah bangkrut apakah masih bisa dicairkan dan bagaimana cara pengambilannya seandainya bisa dicairkan mohon infonya

  232. Ika
    November 11, 2009 pukul 9:53 am

    Hai Mba,
    Mau tanya nih. semakin baca pertanyaan temen2 di atas saya jadi makin bingung. Sebenernya untuk bisa mencairkan dana JHT, kita harus nunggu 5 tahun kepesertaan dulu atau ga?

    Saya terdaftar sebagai anggota Jamsostek sejak Mei 2006. Mei 2009 saya resign dari perusahaan karena kontrak habis dan belum bekerja lagi sampai dengan sekarang. Kalau dihitung, masa kepesertaan Jamsostek saya adalah 3 tahun 1 bulan. Apakah saya sudah bisa mencairkan dana JHT sekarang atau di tahun 2011 saya baru bisa mencairkannya (setelah 5 tahun)?

    Makasih jawabannya

    @Ika:
    kok bingung? :)
    tahun 2011 baru bisa diambil ka…
    terima kasih kembali…

  233. ita
    November 13, 2009 pukul 7:19 am

    Salam,
    Mba saya mau tanya, saya sudah putus kontrak dengan perusahaan saya yang dulu dan selama bekerja, saya terdaftar sebagi anggota jamsostek selama 2 tahun. Dan sekarang saya sudah bekerja di perusahaan baru, tapi di perusahaan yang baru tidak ada jamsostek. Apakah bisa diri saya sendiri yang membayar iuran jamsostek karena gaji saya dibayarkan dengan cash dan tidak ada perinciannya, karena terhitung perusahaan kecil. Dan bagaimana cara mengurusnya?

    Terima kasih atas jawabannya!

    @ita:
    perusahaan harus terdaftar di jamsostek jika karyawannya lebih dari 10 orang. Setahu saya tidak bisa kita membayar iuran jamsostek kalau perusahaan tempat kita belum terdaftar.
    Terima kasih kembali.

  234. ibnu
    November 18, 2009 pukul 6:34 am

    salam kenal mba’

    saya sudah pernah mencairkan 2 kartu jamsostek sekaligus dcabang rawamangun…
    1. kepesertaan th 2000 – 2002
    2. kepesertaan th 2002 – 2003
    saya ambil th 2007 awal, dengan kelengkapan dokumen KTP, kart Jamsostek, & surat berhenti bekerja.
    datang pagi jam 09.00 isi formulir…serahkan….jam 11.00 cair keduanya cash…
    skdar info saja jika kita mengambil JHT kita sendiri maka tidak dperlukan KK,kecuali jika kita mengambil JHT keluarga yang sudah meninggal maka dperlukan surat kematian dan KK, karena yang dapat mengambil JHT trsbut adlah keluarga ( ahli waris ).
    Dan jika kita mencairkan dicabang pembuka kepesertaan kemungkinan besar dapat cair pada hari itu juga, dengan syarat yang lenkap tentunya…

    awal tahun 2010 mo cairin lagi nih, tapi kartunya hilang…tapi masih ada rekening saldo tahunannya…jadi ga perlu khawatir…

    thx jamsostek….
    dipotong perbulan ga terasa, setelah 5 tahun baru keliatan duitnya….

    @ibnu:
    salam kenal juga…
    senang sudah berbagi pengalaman disini:)

  235. prima
    November 19, 2009 pukul 5:12 am

    saya mau bertanya kembali mengenai pencairan dana jht,pd hari ni saya sudah mencoba untuk mencairkan dana tersebut,seperti yg sudah saya ceritakan bhw kartu jamsostek saya hilang,saya sudah membuat surat kehilangan dari kantor polisi
    Yg ingin saya tanyakan adalah apakah surat kehilangan tsb harus d tanda tangani oleh HRD tempat saya terakhr kerja?,soalnya petugas jamsostek yg saya temui berkata demikian,sementara saya mendapat info dari temen saya yang kebetulan kartu jamsostek ny juga hilang mengatakan bahwa surat kehilangan dari kepolisian tidak perlu d tanda tangan oleh pihak HRD,jadi yang mana yang benar ya?.Terimakasih,semoga pertanyaan saya bisa d jawb kembali.

    @Prima:
    Setahu saya Surat kehilangan tidak perlu perlu ditanda tangani HRD, itu surat kan dikeluarkan oleh kepolisian, lapornya kan di kantor polisi. Teman anda infonya benar.

    Wah kok petugas jamsosteknya infonya begitu ya? tanya saja apakah itu kebijakan baru?

    Surat keterangan kerja yang ditandatangani pimpinan/HRD tempat terakhir kerja, itu yang perlu disertakan.

    Kasih kabar kembali ya..

    • prima
      November 24, 2009 pukul 7:05 am

      waktu kemarin yg saya ceritkan tentang apakah perlu surat kehilangan d tanda tangan oleh pihak HRD,saya mendapat informasi itu ketika saya mencoba mengurus JHT saya d kantor jamsostek Bekasi,tetapi dari sana malah saya d haruskan k kantor jamsostek yg ada d salemba,d karenakan keanggotaan saya mash aktiv dan blm d tutup,selain itu KTP n KK saya DKI,akhirny saya datang k kantor jamsostek yg d salemba,d sana saya d jelaskan dengan sangat jelas bahwa saya lebih baik langsung k kantor jamsostek yg ada d Tanggerang 1 dan langsung menemui ibu Siska.Dan Hari ini saya sudah k tanggerang dan langsung bertemu dgn ibu Siska,dia membantu semuany,dan hari ini jg saya sudah langsung dapat dana tersebut.Ya sa berterimakasih karena prosesny cepat,tapi yg saya sesalkan knp pencairan ny tdk bisa d kantor jamsostek trdekat,padahal kalau saya tidak salah ingat pencairan bisa d lakukan d kantor jamsostek terdekat.Demikian informasi dari saya,semoga bermanfaat dan terimakasih atas kerjasamany.

      @Prima:
      Terima kasih sudah sharing disini. Anda jadi “dilempar-lempar” gitu.
      Katanya sudah online ya, tapi kenapa berbeda2 gitu di tiap cabang. Hmmmfffhh…
      Pengalaman saya waktu pencairan JHT : KTP saya Tangerang, saya mencairkan di Jamsostek cabang Cilandak, Jakarta Selatan.
      KPJ saya 1, dulu kerja di Batam, dan dilanjutkan di Jakarta Utara.
      Prosesnya cepat dan kooperatif:)

  236. hermansyah
    November 21, 2009 pukul 6:42 am

    klo mo nyairin jht tp ga ada surat keterangan krja bs ga soale waktu itu aku brenti krja ga minta

  237. yudiyana s
    Desember 2, 2009 pukul 3:21 pm

    M”b aku mau tnya,saya msi krj di pt.a 8th,apakh saya bs cairkan JHT nya?tks infonya.

  238. fiqih yatulwadi
    Desember 9, 2009 pukul 6:36 am

    padahari senin saya 07-12-2009 mengajukan permintaan JHT saya karna keanggotaan saya sdh 5 tahun 1 bulan.dan setelah saya mengisi persyaratan kemudian menuggu antrian dipanggil ke loke.ternyata petugas nya mengatakan bahwa JHT saya akan di cek dahulu dipusat Jamsostek danmenunggu di telp hari rabu 09-12-09.dan sampai saat ini saya belumdapat telp dari jamsostek cabang cilandak.mohon untuk diproses secepat nya thanks..

  239. Desember 9, 2009 pukul 7:06 am

    saya pingin tanya nih,saya bekerja di dua perusahaan kemudian habis kontrak,
    1.selama satu tahun
    2.selama duatahun
    bisa ga di cairkan sebelum 5 tahun.makasih

  240. Desember 9, 2009 pukul 7:11 am

    kalo boleh tahu cabang jamsostek bekasi ada ga ya…….

  241. aaaa sdfsdf
    Desember 11, 2009 pukul 8:11 pm

    Dari awal bekerja, gw gak minta dipotong gaji untuk bayarin gajinya pegawai jamsostek

    Gw juga gak minta diikutkan Jamsostek

    Nah lho begitu gw keluar dari kerjaan dan belum lima tahun, kenapa gw gak berhak ngambil gaji gw yang dipotong tanpa kehendak gw?

    Hak asasi gw untuk nolak jamsostek mana?

    Gw juga gak pernah tandatangan untuk ikut jamsostek waktu masuk kerja

    Mana hasil keringat gw???

    Gw kan punya hak menolak jamsostek??

    Gw udah bayar pajak dan masak harus bayar jaminan hari tua??

    Gw lebih suka pakai jaminan hari tua dari perusahaan asuransi internatiaonal

    Hak gw mana?? hasil keringat gw diambil gitu aja buat bayarin pegawai jamsostek??

    help…ini bukan pajak…ini CUMAN Jaminan aja…Bukan Wajib khan??? HELP….

    • geboy
      Desember 16, 2009 pukul 1:01 am

      Duh kacian.. Lagak Lo setinggi langit.. tapi bego!!

      @geboy:
      Lagaknya siapa ya? Sopan dikit dong!

      • Maret 24, 2010 pukul 3:43 am

        begini lho Bapak aaaa, JHT itu di dibayar oleh karyawan hanya 2%, tapi juga dibiayai perusahaan 3.7%. Jadi dalam kata lain, kalau gaji bapak 100%, maka sebenarnya gaji bapak adalah 103.7%, hanya saja yang 3.7% dibayarkan dalam bentuk tabungan (jaminan) dengan syarat 2% gaji Bapak wajib ditabung (jadi premi di JHT).. tapi kan pada akhirnya bisa juga diambil.. jadi pilih mana? mau dikasih bonus gaji 3.7% per bulan dengan syarat nabung 2% per bulan, atau ga dapet bonus sama sekali? kalau bapak pilih yang kedua, mungkin itulah yang dimaksud bego oleh bapak geboy.. tapi saya yakin bapak sebenarnya bukan orang seperti itu.

        Terima kasih..

  242. Andree K Sutanto
    Januari 16, 2010 pukul 3:33 am

    Saya tidak tahu harus bertanya pada siapa yah..! Saya bermaksud untuk mencairkan JHT saya, karena sangat butuh uang untuk uang pangkal anak masuk Universitas dan SLTP, sedangkan kepesertaan saya terakhir Febuari 2006 (febuari 2010 baru mulai masuk 5 tahun) dan baru usia 50 tahun.
    Saya sejak 1 Desember 2008 mengalami PHK dan sudah tidak bekerja lagi dan otomatis tidak mempunyai penghasilan tetap lagi…. Wah..saya benar-benar pusing keliling memikirkan keadaan ini…kecuali jika JHT saya bisa dicairkan, tentunya ini akan sangat membantu sekali bagi kami…
    Mohon info jika sekiranya ada yang mengetahui apakah ada solusi tentang hal ini…?

  243. dia
    Januari 19, 2010 pukul 11:17 am

    Dear jamsostek,
    Mwu tanya. Boleh g pencairan dilakukan secara kolektif oleh HRD Perusahaan. Sehingga sampai dengan hari ini sudah seminggu kami (kira2 800 karyawan) tidak memegang KTP asli karena dikumpulkan di HRD kami untuk keperluan pencairan secara kolektif. Bukankah pencairan harus oleh diri pribadi atau oleh ahli waris dengan menunjukan surat kematian.
    Dan apabila dilakukan scara kolektif, benarkah jamsostek tidak dapat mencairkan sekaligus?? Dengan kata lain pihak jamsostek hanya mencairkan bbrp karyawan dalam jangka waktu yag kita sendiri tidak tahu. Dan juga perusahaan tempat saya bekerja blm 6 bulan tutup, tapi knp kata HRD kami sudah bisa dicairkan ?

  244. Januari 26, 2010 pukul 1:47 am

    ass…saya mau bertanya..
    saya sudah keluar dari kantor lama yg kurang lebih sudah 2.5 thn bekrja dan terdaftar menjadi peserta jamsostek..dan sekarang saya kerja sebagai PNS di batam..masa saya dijamsostek bisa di cairkan thn 2011 nanti..
    pertanyaan saya..bisa tidak pencairan itu dilakukan sebelum 2011??karena terakhir saya ke jamsostek gatot subroto di bilang tidak bisa..
    kalau bisa bagaimana caranya dan apa saja persyaratannya??
    mohon keterangannya selengkap lengkapnya…thx…

    • Maret 23, 2010 pukul 8:45 am

      Ya ga bisa donk mba.. kan aturannya udah kaya gitu..

  245. ryan
    Januari 27, 2010 pukul 8:09 am

    saya mau tanya kalo lihat saldo jamsostek online lewat http://www.jamsostek.co.id itu gimana cara daftarnya ya karena data saya dibilang tidak valid terus…no KPJ itu yg mana tah?
    kalo nasib saya sendiri sebenernya juga punya 3 kartu jamsos…yang pertama sudah 5 th+1 bulan yg kedua mungkin baru 3 th dan yg ketiga baru beberapa bulan..
    kartu 1 dan 2 saya sebenarny di company yg sama tapi karena beda divisi dibuatkan kartu baru. saya kurang tau dilanjutkan atau tidak tapi karena beda kartu asumsi saya tidak dilanjutkan

  246. setyo
    Februari 1, 2010 pukul 1:42 am

    saya mau tanya pak/bu,gimana klo kartu anggota jamsostek ya denga KTP tidak sesuai,,?da apakah saya harus proses ganti nama dulu atau bagaimana,,?

  247. Mellyna
    Februari 1, 2010 pukul 2:11 am

    kl mau tau jumlah saldo dan terakhir bekerja dimana waktu pake ybs gimana sih??..saya lupa kartu saya waktu bekerja dimana, waktu itu blm ngerti…thx

  248. Februari 9, 2010 pukul 2:30 pm

    saya mau tanya, aku kerja baru 1thn 4 bulan. trus aku lulus PNS. apa bisa itu dicairkan dengan masa kerja lum sampe 5 tahun?? klo bisa,gmn caranya aku bisa cairkan dana jamsostek ku??
    apa syarat nya? trus dmn aku aku harus melapor?
    ada limit masa pencairan itu??

  249. ela
    Februari 10, 2010 pukul 9:48 am

    salam kenal mba Tutut,
    saya ela mau nanya spt postingan2 sblmnya, tp utk kasus saya pindah kerja dari tenaga oustsource menjadi pns.

    surat keterangan dari kantor yg lama hanya berupa surat kontrak habis agust’09, kontrak saya sebenarnya selesai april ’10 sdgkan saya menjadi cpns mulai des’09.

    utk sk cpns-nya akan keluar minggu ini, apakah kemungkinan dicairkan jht-nya bisa bulan ini dengan kelengkapan seadanya:
    +(KTP(dan 2fc-nya)
    +kartu peserta jamsostek(dan 2 fc-nya)
    +kartu keluarga(dan 2 fc-nya)
    +surat habis kontrak[ags'09](dan 2 fc-nya)
    +materai 6000

    apakah sudah cukup dengan dokumen tsb?
    mhn sharingnya (bisa email ke luvela@yahoo.com)

    makasih banyak y mba Tutut sblmnya

    @ela:
    sudah bisa… sudah kukirim by email juga ya…
    sama2 sist..

    • ela
      Februari 12, 2010 pukul 9:42 am

      makasih banyak mba Tutut sblmnya, utk saldonya aku sdh lama (lbh dari 6 bln) ga tau saldo dari company sblmnya ??

      dan ternyata sd sekarang blm keluar jg sk cpns ku :(
      ya sudahlah, bersabar dikit Insya ALLAAH kalo rejeki ga kemana :) [menghibur diri..padahal lagi butuh jg sebenarnya]

      skali lagi makasih yo mba..
      nice to know a person like u..cheers :)

      @ela:
      maaf aku lupa kasih tahu… masa kepesertaanmu di pt itu sudah 5 tahun belum? kalau sudah, berarti sudah bisa diambil, masa tunggu cuma 1 bulan.
      nah kalau masa kepesertaan kurang dari 5 tahun, berarti musti tunggu sampai 5 tahun dulu.
      sabar ya…. bener banget kalo rejeki ga kemana kok… jia you!!! tetap semangat ya….
      trims kembali sist…. :)

  250. Lita
    Februari 13, 2010 pukul 2:19 pm

    Toet, gw mo tanya .. gw dulu pernah di kantor pusat trus di pindah ke cab (pt.lain), nah jamsostek gw dirubah sama HRD dari PT.A ke PT. B, sewaktu jamsostek gw atas nama PT.A saldo s/d des 09 ada berkisar 5 jt keatas (gw chek by internet), tapi perawal jan’10 pas jamsostek gw dirubah ke nama PT.B kenapa saldo gw jadi kosong, seperti awal pendaftaran? Apa JHT gw yg dah gw kumpulin selama 8 thn itu hilang begitu aja? tolong infonya donk, kebetulan gw rada buta tentang jamsostek…seee u…

    @Lita:
    (maaf ya say, gw edit dengan tidak mengurangi maksudnya)
    coba aja di cross check ke jamsostek say…. dan juga lo tanya langsung ke HRD lo, jadi bisa klop penjelasannya.
    Seharusnya ya ga ilang dong. Mungkin lo didaftarin lagi (baru), ga dilanjutin? jadi tercatatnya ya ga ada saldonya (di no. baru) tapi ada di no. lama. Begitchu….
    Ntar kasih kabar lagi ya….

  251. dynal
    Februari 15, 2010 pukul 4:47 am

    salam tuk semua, saya ingin bertanya…saat kita mulai bekerja pada suatu perusahaan, berapa lama kita sudah berhak untuk di daftarkan menjadi peserta jamsostek, dikarenakan 2 hari yang lalu saya bertanya ke bagian HRD tempat saya baru bekerja, beliau mengatakan bahwa saya baru di daftarkan setelah 1 tahun bekerja.. apakah betul demikian…?

    @dynal:
    Disaat kita mulai bekerja seharusnya sudah didaftarkan. Tapi ada beberapa perusahaan yang menerapkan karyawan percobaan (probation) 3 bulan, nah setelah 3 bulan itu baru didaftarkan. Kalau sampai 1 tahun bekerja baru didaftarkan?? wah…. bagaimana jika terjadi kecelakaan kerja? JHTnya otomatis tidak ada dong. Tidak boleh seperti itu.

  252. Harry
    Februari 22, 2010 pukul 2:23 am

    salam to semua pengurus jamsostek, saya pernah bekerja disalah satu hotel d Riau, kondisi terakhir hotel terjadi musibah kebakaran dan akhirnya seluruh karyawan d PHK, saya ikut jamsostek thn 2005 berarti 2010 ini saya bs dpt mencairkan dana tersebut. yg jd kendala nya sekarang saya tdk lg memiliki KTP daerah Riau krn sekarang saya tinggaldi Jkt, dan KTP pun skrg sdh KTP Jkt maupun Kartu Keluarga jd apa kira2 solusi pd kasus saya ini, Mohon k Jelasanya…., trims

    @Harry:
    Salam juga Pak Harry…
    Yang penting ada KPJ & surat keterangan bekerja Bapak dari hotel tersebut. Tidak masalah kok dengan KTPnya, karena dulu saya juga pernah bekerja di Riau, didaftarkan jamsostek dengan KTP Riau, tapi sewaktu pencairan Jamsostek, saya memakai KTP & KK Tangerang.
    Yang penting semua persyaratan lengkap :)
    Saya tunggu kelanjutan beritanya….
    Trims kembali..

  253. Ani
    Februari 24, 2010 pukul 6:13 am

    Salam kenal mba Tutut,
    Saya mau tanya, mbak..Beberapa hari yang
    lalu saya mencairkan dana jht di jamsostek gatsu.
    Terakhir saya diminta foto, setau saya tidak
    aϑa persyaratan foto untuk mencairkan jht.semua dokumen
    sudah saya lengkapi. Mohon penjelasannya.

    Makasih banyak mba…

    @Ani:
    Salam kenal juga…
    Setahu saya juga sampai sekarang tidak diperlukan foto. Mungkin buat koleksi mereka, anda cantik kali…hehehe…
    FYI, tadi saya baru saja menelfon kantor jamsostek gatsu, yg menerima ibu… (lupa namanya:p) dan beliau bilang memang tidak perlu foto.
    terima kasih kembali sist.

  254. Ayu Nurbayani
    Februari 26, 2010 pukul 12:56 pm

    LAm kenal mbak,,
    Aq ayu..

    aku mw nanya nh,,aq kan pernah dftar jamsostek di tempat kerjaku yang pertama,,tp cuma stahun,,apa dana ku bisa dicairin juga,,
    owh ya trus kartu jamsostek aq ilang beserta dompet,,aq nanya tmen2 kta’y klo ky gtu angus,,tp aq penasaran,,apa aq bsa ttp cairin dana aq??trus aq harus gmna n nghub kmana?aq dftar jmsostek di perusahaan d bekasi n krang aq tnggl dbdg,,apa bsa d proses d bdg mbk,,
    thnx y..
    mohon di bantu…

    @Ayu:
    ada surat keterangan kerja dari tempat kerjamu kan? yang penting itu. Nah kalau kartu hilang, sudah minta surat keterangan hilang dari polisi?
    selama tempat kerjamu melaporkan jamsosteknya ya dana kamu masih tersimpan, masih ada.
    Bisa.. kan Jamsostek sekarang sudah online say…. asal persyaratan dibawa lengkap ya…
    terima kasih kembali..

    • Ayu nurbayani
      Maret 7, 2010 pukul 11:10 am

      mksih y mbak info’y..
      tp persyaratan’y cuma itu aza??
      apa perlu bawa bukti saldo yg pernah dikasih perusahaan jg??
      coz buktinya jg ilang,,terus surat keterangan’y dbwa pas qt mw cairin dananya atw nanti qt dksih kartu penggantinya??
      maksih y mbak,,

  255. Februari 27, 2010 pukul 5:21 am

    di th 1995 saya karyawan di pt adhi baladika agung dan terdaftar di astek , th 1997 saya keluar dari perusahaan. dan di th 2009 saya terdaftar lagi menjadi peserta jamsostek bisakah dana pengembangan saya di jadikan satu mengingat kartu saya hilang

  256. Tguh
    Maret 3, 2010 pukul 2:28 am

    dear mbak toet-toet

    Saya minta penjelasan, saya mulai bekerja smp sekarang masih bekerja pada perusahaan yg sama, dan masih dalam keanggotaan jamsostek dengan nomor karatu yg sama, tapi kenapa setiap aku pinda kota tempat aku kerja selalu saldo enggak pernah gabung? apakah nantinya saldo saya gak bis gabung?gmn cara gabunginnya ? apakah data jamsostek di kota² gak online ?bakutinya saldao saya gak gabung….
    Please dong mbak dibantu yah ..

    mkacih

  257. sony
    Maret 6, 2010 pukul 4:42 am

    Mbak, setelah liat rincian saldo jht saya, ternyata jumlah gaji yang dilaporkan perusahaan ke jamsostek kurang dari yang sebenarnya (separuhnya) sehingga jumlah jht kami kecil, gimana ya solusinya ? kita udah protes ke perusahaan, tapi kalo misalkan perusahaan tetep saja laporannya seperti itu gimana ya jalan keluarnya ?

  258. Ivan
    Maret 8, 2010 pukul 7:48 am

    Salam kenal Mbak…
    Saya daftar jamsostek di tempat kerja yang dulu, tapi cuma kerja selama 1,5 tahun dan tempat kerjaku sekarang tidak menjadi anggota jamsostek…
    Danaku bisa dicairin ga Mbak?
    Bisa dibantu cari dimana alamat2 kantor jamsostek di bandung?
    Terimakasih banyak…

  259. Eny
    Maret 12, 2010 pukul 5:04 am

    Mbak… mau ikutan tanya juga dong….
    Meskipun kita masih bekerja, bisa nggak yaa… kita minta di cairkan dana JHT kita sebagian…. misal untuk keperluan yang sangat mendesak… karena keadaaan keuangan tidak memungkinkan keperluan tersebut…
    Terima kasih banyak…

  260. novita
    Maret 17, 2010 pukul 3:22 am

    mba, saya mao nanya dong….

    apa bedanya JHT dengan JKM??
    kan slh satu syarat mencairkan JHT bisa karena meninggal dunia sedangkan JKM juga bisa dicairkan karena meninggal, trs apa bedanya donk? ato jika meninggal qta bsa mencairkan JHT dan JKM? :)

    makasih ya mba…

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:39 am

      Betul sekali… Kita bisa mencairkan kedua2nya.

  261. Afif
    Maret 17, 2010 pukul 7:46 am

    mau tanya, dulu saya bekerja di perusahaan yg terdaftar menjadi peserta Jamsostek. setelah 3,5 tahun bekerja, saya mengundurkan diri. mau tanya, sekarang bisa ngga saya mencairkan dana JHT kalau dihitung dari tanggal saya masuk kerja sampai sekarng sudah 5 tahun lebih..

    Tks,
    Afif

  262. adji suntoro
    Maret 19, 2010 pukul 4:08 am

    saya pernah bekerja di PT.PANAMAS BANDUNG,tapi saya cuma bekerja dengan sistem kontrak 6 bulan, dan di ikutsertakan dalam jamsostek, yang saya tanyakan apakah setelah selesai kontrak kerja saya terus saya meng klaim JHT ke JAMSOSTEK itu bisa di lakukan mengingat masa kerja saya cuma 6 bulan? terus bisa dklaim secepatnya apa tidak apa butuh waktu lagi?terima kasih

    • Maret 23, 2010 pukul 8:49 am

      Sepertinya sudah di bahas di pertanyaan-pertanyaan sebelumnya oleh Mba toetoet, ga bisa pak, harus nunggu 5 tahun satu bulan (berarti tunggu 4 tahun 7 bulan lagi..)

  263. fransisca
    Maret 22, 2010 pukul 3:42 am

    mba or mas mau ty donk?….. selama 4 tahunan saya kerja di bank hsbc..tapi dari outsorce…., dan 3 kali pindah tapi masih bank yang sama…dan surat resign dari 3 perusahaan saya jg punya…ceritanya :
    1. saya kerja di pt. delta grandi dari bulan maret 2005 yang sudah kepotong jamsostek dan si kartunya 05/05

    2. agutus 2006 sampe agustus 2007 saya pindah OUTSORCE di PT.BSS dan dapat jamsostek baru(CUMA KARTUNYA BELUM SAYA DAPAT SMAPE SEKARNG) tapi ada rincian dari jamsosteknya dan saya coba ty ke BSS NYA DIA BILANG GA PA2.

    3.september 2007 sampai juni 2008..saya pindah ke PT.DELTA GRANDI LG dan dapat kartu baru and di kartu jamsosteknya 11-2007.

    dan pertanyaan saya adalah:
    – apa di bulan mei ini saya sudah bisa ambil jamsostek saya? berhubung saya sudah tidak kerja lebih dari 1 tahunnan…..
    -apa bisa di gabungkan untk semuanya karna saya bekerja di bank yang sama cuma beda outsorce?

    itu aja…tolong info dan saran yah mba or mas……saya tunggu.thx

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:48 am

      Kartu jamsostek yang di PT delta bisa dicairkan waktu bulan april 2010. Lalu tentang kartu jamsostek yang dari pt BSS sebaiknya diminta terlebih dahulu sehingga bisa dicairkan pada saat september 2011. Kartu dari Delta Grandi LG dapat dicairkan pada saat desember 2012.

      Jawabannya :
      – Bisa diambil tapi kartu keanggotaan yang pertama.
      – Tidak bisa karena beda account Jamsostek.

      ~SpY~

  264. jeni
    Maret 22, 2010 pukul 3:48 am

    gimana caranya ngecek saldo …? thx

  265. fransisca
    Maret 22, 2010 pukul 3:52 am

    mba or mas mau ty donk?….. selama 4 tahunan saya kerja di bank hsbc..tapi dari outsorce…., dan 3 kali pindah tapi masih bank yang sama…dan surat resign dari 3 perusahaan saya jg punya…ceritanya :
    1. saya kerja di pt. delta grandi dari bulan maret 2005 yang sudah kepotong jamsostek dan si kartunya 05/05

    2. agutus 2006 sampe agustus 2007 saya pindah OUTSORCE di PT.BSS dan dapat jamsostek baru(CUMA KARTUNYA BELUM SAYA DAPAT SMAPE SEKARNG) tapi ada rincian dari jamsosteknya dan saya coba ty ke BSS NYA DIA BILANG GA PA2.

    3.september 2007 sampai juni 2008..saya pindah ke PT.DELTA GRANDI LG dan dapat kartu baru and di kartu jamsosteknya 11-2007.

    dan pertanyaan saya adalah:
    – apa di bulan mei ini saya sudah bisa ambil jamsostek saya? berhubung saya sudah tidak kerja lebih dari 1 tahunnan…..
    -apa bisa di gabungkan untk semuanya karna saya bekerja di bank yang sama cuma beda outsorce?

    itu aja…tolong info dan saran yah mba or mas……saya tunggu.thx

    thx.sisca

  266. Hotlan
    Maret 22, 2010 pukul 6:39 am

    Salam..
    Saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan per bulan januari 2010, dengan masa kerja 5 tahun 7 bulan dan mau mencairkan dana di bulan Maret 2010 ini, tapi pihak jamsostek bilang bahwa saldonya belum ditutup. Kata mbak pegawainya belum ada konfirmasi dari perusahaan terdahulu untuk menutup kepesertaan kita dari jamsostek. Sementara kita sudah menerima surat tanda tidak bekerja dari perusahaan per januari. Dan kita sudah konfirmasi ke perusahaan yang menyatakan bahwa perusahaan tdk perlu memberitahukan ke pihak jamsostek, karna sudah ada suratnya. Bagaimana kira-kira mbak?

  267. Maret 23, 2010 pukul 8:58 am

    Dear Mba Toetoet,

    Saya baca blog ini dari atas sampe bawah.. sungguh menarik dan menambah wawasan karena banyak kesaksian langsung dari para pengguna jamsostek. Tapi ada dua fenomena (kritik sosial) menarik yang saya temukan disini:

    1. banyak yang bertanya hal yang sama persis. itu menandakan, banyak masyarakat indonesia yang suka bertanya tapi tidak suka membaca.. maunya jawaban instan tanpa perlu susah2 baca..

    2. Banyak yang minta JHT-nya turun sebelum waktunya dan walau sudah tahu tidak boleh masih nanya ada caranya ga.. loh itu udah aturan kok dilanggar.. apalagi klo mau pake cara-cara cepet, tar rakyat teriak2 Pemerintah suka korupsi padahal mereka juga yang suka membangun mental koruptor karena mau serba cepet dan kasih uang kesana-sini yang membuat aturan tidak berjalan dengan baik..

    Tapi intinya situs ini banyak menambah wawasan, melihat bahkan banyak pegawai yang belum bisa membedakan JHT dengan JPK dan JK, maka sebenarnya menurut saya seharusnya Jamsostek itu sendiri juga membuat blog yang ada keterangan lengkapnya..dan bisa tanya jawab juga. Karena yang sekedar dicantumkan di situs sepertinya belum benar-benar lengkap..

    Thx atas infonya, dan saya terkagum karena postingannya udah dari 2 tahun yang lalu dan sampe sekarang masih banyak yang nanya dan eksis di blog ini. Salam.

  268. mila
    April 3, 2010 pukul 7:44 pm

    Dear mbk toetoet,

    Pertama sy acungkan jempol buat situsnya, infonya akurat , ngebantu bgt..tp akhir2 ini kyanya jd jarang reply pertanyaan dr tmn2 disini, mungkin krn pertanyaanya mirip2 yaa jd bosen.

    Sebenernya sy jg mw tanya ttg cara nyairin jamsostek krn lg butuh dana segar, moga mbk berkenan jawab yaa,

    1. Kartu jamsostek dan surat ket dr perus sy ilang, klo untuk kartu sy bisa ganti pke surat kehilangan dr kepolisian ( menurut info dr sini ) tp apakah itu berlaku untuk surat keterangan dr perusahaan juga? Krn kebetulan perus tmt dulu sy kerja skrg sdh gulung tikar, jd ga mungkin klo sy minta lg.

    2. Pertanyaan sy yg kedua mirip skali dgn pertanyaan mbk fransiska/ siska.ber hub blom mbk toe2t jwb jd sy tanya lg..mohon dibantu yaaa mbk.

    Mksh byk mbk..

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:50 am

      Bisa asalkan data anda yang ada di Jamsostek sama dengan data yang anda berikan nantinya. Yang paling penting, anda harus hafal no. Jamsostek anda. Thx

      ~SpY~

  269. irvan ferdinan
    April 6, 2010 pukul 5:59 am

    salam
    saya baru kluar dri rumah sakit,,,dan sekarang saya mau ngurus kejamsostek tpi kartu jamsostek saya hilang dan yg ada cuma fotocopynya saja!!!!!apakah dengan masalah seperti ini bisa diurus?????klo emang bisa diurus apa saja persyaratan yg harus disiapkan??????thanks

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:51 am

      Anda harus mengurus surat kehilangan terlebih dahulu ke kantor polisi lalu baru ke Jamsostek. Thx

  270. CHANDRA MATONDANG
    April 7, 2010 pukul 3:11 am

    Saya sudah 2 kali pindah perusahaan trus apakah kartu jamsostek saya masih berlaku di perusahaan tempat saya kerja yang baru. Gimana caranya ngecek saldo lewat internet….
    Thanks…

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:57 am

      Anda bisa saja melanjutkan keanggotaan anda di tempat kerja yang baru. Dan untuk mengecek saldo bisa ke website resmi Jamsostek. http://www.jamsostek.co.id/
      Thx

  271. DYO
    April 8, 2010 pukul 4:24 am

    SETELAH BACA BLOG INI SAYA SANGAT TERTARIK DAN TERFKIR UNTUK BS MENCAIRKAN JHT SAYA.

    >>TAPI YANG MENJADI MASALAH ADALAH:
    SAYA SUDAH TIDAK BEKERJA -/+ 4TH DAN MASA KERJA SAYA CUMAN DUA TAHUN TRHITUNG MULAI 2004-2006 SAYA BEKERJA.
    YANG MAU SAYA TANYAKAN APA BISA JHT SAYA DI CAIRKAN???
    DAN BAGAIMANA CARANYA??
    KARENA MELIHAT TEMPO WAKTU YANG SDH LAMA??!!!!

    TOLONG INFONYA YAH MBAK
    THX

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:52 am

      Bisa asal anda masih memiliki dokumen2 yang diperlukan untuk mencairkan JHT. Thx

  272. Daniel Dawa
    April 12, 2010 pukul 8:07 am

    Saya sdh bekerja 7 thn dan sekarang masih bekerja di perusahaan yang sama apakah saya bisa cairkan uang JHT saya?mohon penjelasannya.

    Terima kasih.

  273. April 12, 2010 pukul 1:54 pm

    salam
    saya sudah bekarja selama kurang lebih 2thn lalu saya berhenti bekerja selama 7 bln
    apakah bisa saya mencairkan dana jamsostek saya..?
    tlg bales ke email saya yya …

    • Spy
      April 20, 2010 pukul 4:53 am

      Tolong dibaca lebih seksama dari atas. Pertanyaan anda sudah ada jawabannya. Thx

  274. April 12, 2010 pukul 2:03 pm

    gimana cara mengetahui dana saldo jamsostek di
    no 08005343671

  275. myheart
    April 16, 2010 pukul 3:25 pm

    kalo surat keterangan kerja yg asli hilang gimana?

  276. rey
    April 26, 2010 pukul 7:08 am

    Saya sudah beberapa kali berkaitan dgn Jamsostek, selalu mengecewakan…. terakhir saya dibohongi oleh CS jamsostek tentang persyaratan pengambilan JHT, ternyata memang berkasnya banyak sekali yg diminta.. SANGAT TIDAK EFESIEN dan BIROKRASI yang berbelit-belit… Giliran ambil duit sendiri SULIT dgn prosedur JAMSOSTEK, padahal ketika mau masuk, kita dipaksa dengn aturan UU…. Saya berharap segera terbetuk BPSJSN setelah adanya UU no 40 tahun 2004.. Supaya JAmsostek (BUMN) tidak lagi mengelola uang pekerja… Kasihan pekerja makin melarat, sedangkan pegawai Jamsosteknya makin Makmur, tidak adil…

  277. Noedzi
    April 28, 2010 pukul 5:15 am

    Dear All,

    Ini hanya curhat melihat banyak-nya teman2 saya yang kondisi-nya memprihatinkan. Ahamdulillah saya dan teman2 ikut jamsostek termasuk JHT. Saya tau JHT itu hanya bisa diambil minimal 5 th ke-anggotaan dan sudah tidak bekerja dimana pun. Tapi kayak-nya untuk saat ini harus ada kebijakan baru mengenai persyaratan pencairan-nya. Karena banyak dari teman2 saya yang sikon ekonomi-nya pas2an bahkan dibawah tapi karena semangat perjuangan hidup jadi untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekolah anak-nya dengan kesana kemari..termasuk pinjam sana dan pinjam sini. Otomatis hal ini memperbesar jumlah angsuran yang harus dibayar. Jika dibanding dengan penghasilan-nya otomatis sudah tidak ada budget lagi untuk pinjam atau berhutang. Yang miris-nya kondisi itu terkadang berbarengan waktu-nya..antara kebutuhan, hutang yang ada, dan sisa penghasilan yang tidak ada lagi. Maksud saya seharusnya sekarang Jamsostek setidak-nya membuat 1 kebijakan baru yang lebih flexible dala m claim pencairan JHT untuk membantu mereka tersebut. semisal sekarang diberi kebijakan boleh diambil walau masih jadi anggota Jamsostek, minimal 3 th keanggotaan, dan hanya boleh diambil maksimal 50% dari total saldo bulan terakhir. Karena saya bingung menjawab-nya jika teman2 bicara-nya “itu kan tabungan kita..artinya hak kita kan..?!?”.
    Nah Loch..aku yang bukan orang jamsostek aja malu jika diomongin gitu..apalagi jamsostek yang mendapatkan keuntungan dari anggota jamsostek..
    Seperti teman saya lagi yang alhadulilah tidak pernah sakit parah dan tidak pernah claim dalam wkt 1 th sedangkan gaji dipotong terus..apa yang dia dapat..”nol”..
    Saya mohon bantuan dari bapak/ibu/sodara terhomat yang ada di Jamsostek dan tolong buka mata hati untuk mereka..karena nasib seseorang tidak semua-nya sama seperti apa yang kita kira..
    Demikian, mohon maaf, dan terima kasih..

  278. faisal chairin
    April 29, 2010 pukul 8:16 am

    Saya menyayangkan prosedur dalam pencairan JHT. Tak semudah yang saya kira dan sangat tidak profesional menurut saya.
    Saya sudah pastikan seluruh persyaratan lengkap tapi karena tidak profesionalnya sistem informasi (database* menurut saya), saya diharuskan menunggu sampai kurang lebih 5 hari.
    Menurut informasi yang saya terima dari staff Jamsostek Cabang Medan, bahwa ada sebagian data saldo saya yang belum di-generate dari sistem server yang lama dan saya harus menghubungi Ibu Ester (staff) 5 hari kedepan (4 Mei 2010) untuk menanyakan kapan bisa saya ambil dana JHT saya itu. Benar-benar merugikan saya, karena saya sangat perlu dana tersebut.
    Sebagai pekerja IT saya yakin, untuk men-generate data tidak membutukan proses berhari-hari.
    Mohon kepada pimpinan JAMSOSTEK Cabang Medan agar lebih memberikan pelayan lebih baik lagi.
    Terima Kasih

  279. Mei 3, 2010 pukul 4:13 am

    kalau saya bekerja sudah 7 tahun lalu mengundurkan diri dan bermaksud untuk mencairkan dana jht tetapi sy br mengundurkan diri bulan maret 2010 dan sy ingin cairkan di bulan mei apakah bisa ? ada sebagian orang bilang sekarang sudah tidak harus menunggu masa 6 bulan lagi…..

  280. Mei 5, 2010 pukul 8:52 am

    saya sudah lama menjadi peserta jamsostek dari perusahaan saya bekerja kira2 tahun 2005 di banda aceh, dan semenjak musibah tsunami di aceh tahun 2004 saya tidak lagi menjadi peserta jamsostek karena tidak lagi bekerja pada perusahaan itu. yang menjadi pertayaan saya. apakah jaminan sosial tenaga kerja saya dapat dicairkan? sementara saya tidak lagi bekerja pada perusahaan itu? jika bisa prosedur apa yang harus saya tempuh.

  281. aryadi
    Mei 11, 2010 pukul 12:48 am

    nanya nih mbak, yg dimaksud surat keterangan dari perusahaan itu apakah surat yang menyatakan kita telah keluar dari perusahaan atau yang mana? Mbak kan baru 5 tahun kerja dan belum keluar. Makasih banget atas jawabannya.

    @aryadi:
    Surat yang menyatakan kita keluar dari perusahaan > kalau resign / tidak bekerja lagi kan diberikan surat itu.
    Saya bekerja di PT. A kemudian keluar, kerja lagi di PT. B dan keluar lagi. Sekarang bekerja di PT. C >> saya dapat surat keterangan dari PT. A dan PT. B
    dari PT. C ya tidak boleh dan tidak dapat karena masih bekerja.
    Terima kasih kembali.

  282. afriyance nasri
    Mei 14, 2010 pukul 4:22 am

    mohon info mbak.
    Saya menajdi anggota JHT jamsostek sejak bulan april 2007, status saya karyawan kontrak dan per Februari 2009 Kontrak kerja saya tidak diperpanjang, karena krisis keuangan saat nganggur sekarang…bisa gak jamsostek saya dicairkan.
    thx before

  283. Ade Koko Sutarli
    Mei 19, 2010 pukul 10:09 am

    tolong berapa saldo jamsostek saya dengan kepesertaan lebih dari 5 tahun masa kerja 2 tahun.nomor. JJ051137000100531.bantu jawab.via emailkan saya…..!!!!!!

  284. Mei 23, 2010 pukul 1:10 pm

    di jamsostek apa ada peraturan baru?
    saya penguna JHT 2007 apa bisa dcair kan sebelum 2012 ?

    mkasih tlong jwb..

  285. Budi Suherlan
    Juni 3, 2010 pukul 5:48 am

    Mohon Infonya Mbak ;
    Mbak saya pernah bekerja di Batam tahun 2000 s/d 2004, saya sekarang sudah pulang kampung ke Cianjur Jabar, apakah JHT saya bisa diklaim di kantor Jamsostek terdekat? mengingat sudah lama sekali Mbak, tempat saya sekarang bekerja belum mendaftarkan menjadi peserta Jamsostek, apakah JHT saya bisa hangus Mbak kalau nggk diambil?
    Makasih Mbak, minta jawabannya ya Mbak….

    @Budi Suherlan:
    Bisa pak…. Saya contohnya:) dulu saya juga bekerja di batam, dan JHT saya ambil di cabang Cilandak, Jakarta Selatan.
    JHT tidak hangus kok.
    Terima kasih kembali….

    • Juni 22, 2010 pukul 5:06 am

      Ibu Tutut,

      setahu saya program Jamsostek sudah tidak diwajibkan agar tumbuh berbagai perusahaan pengelola dana pensiun yang lebih kreatif, menguntungkan, dan dengan customer service yang baik dan tidak menyulitkan bagi para pekerja.

      yang saya ingin tanyakan:

      – dari berbagai pengalaman orang-orang melalui komentar disini, apakah baiknya sebuah perusahaan mengikuti program Jamsostek?

      – apakah ada perusahaan pengelola dana pensiun lain yang lebih baik dari Jamsostek?

      @Bill:
      Program Jamsostek ada beberapa Pak (Peraturan Pemerintah Nomor 14 TAHUN 1993 Jo Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2002) :
      1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
      2. Jaminan Kematian (JKM)
      3. Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK)
      4. Jaminan Hari Tua (JHT)
      Jadi dana pensiun itu hanya salah satu dari program nya.

      Pengaturan program kepesertaan jamsostek adalah wajib melalui Undang-Undang No.3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
      (setiap usaha yang memiliki badan usaha seperti CV, PT, Koperasi dan lain-lain dengan jumlah pekerja 10 orang dan atau membayar seluruh upah Rp1 juta wajib mengikuti program Jamsostek)

      2 item yang Bapak tanyakan itu mungkin bisa dijawab oleh rekan-rekan yang lain :)

      Terima kasih.

  286. M.Lutfi arifin amien
    Juni 23, 2010 pukul 12:21 am

    Pak yang saya tanyakan apakah peraturan JHT sekarang sudah bisa di ambil tidak pakai nunggu jangka waktu 5 tahun setelah putus hubungan kerja .
    sekian terima kasih.

  287. guma mardiyono
    Juni 23, 2010 pukul 4:50 am

    saya peserta jamsostek ingin mencairkan JHT saya kepesertaan jamsostek saya sudah 5 tahun yg saya mau tanyakan bisa tidak kalau masa tenggangnya kurang dari 6 bulan dan kartu KPJ saya hilang apa yang saya harus lakukan untuk mencairkan JHT saya

    @Guma mardiyono:
    Sebenarnya jawabannya sudah ada di comment2 diatas ini pak:)

    JHT bapak bisa diambil, tidak perlu lagi menunggu 6 bulan, sekarang hanya 1 bulan saja.
    kalau KPJ hilang : lapor ke polisi, minta surat keterangannya (di surat itu dicantumkan no. KPJ bapak)

  288. wwn
    Juni 23, 2010 pukul 8:34 am

    mbak, kantor jamsostek cilandak sebelah mana? bisa kasih ancer2 turun di mana gt, klo naek bis? :).
    KPJ ilang diganti surat kehilangan surat kepolisian.. bs dicairin di cabang jamsostek yg mana aja kan??
    atau harus di cabang jamsostek tmpt perush kita daftar??

    thx jwbnnya..

    @wwn:
    he… ga tau juga kalo naek bis, waktu itu naek motor soalnya:p
    nih kan jl. TB Simatupang, patokannya kalo dari arah ragunan lurus aja…. adanya di sebelah kiri, sampe ketemu perempatan fatmawati lurus lagi, ga jauh dari situ kok, sebelum Ford.
    Ya betul… bisa dicairkan di jamsostek mana aja > sudah online kok

    thx kembali…

  289. Andree
    Juni 29, 2010 pukul 6:20 am

    Mbak Toetoet,
    Saya ikut jamsostek diperusahaan pertama tahun 2002, keluar 2006, lalu jamsostek saya cairkan, perusahaan kedua masuk tahun 2007, keluar 2010, menurut HRD perusahaan kedua, jamsostek bisa cair setelah tunggu waktu 1 bulan, tapi ada info lain harus tunggu waktu 5 tahun…mana yang benar ya Mbak? Mohon infonya, BU nih xixixixi, thanks Mba

    @Andree:
    karena dikau sudah mencairkan JHT dari perusahaan pertama, maka dihitung 5 tahunnya dari tahun 2007.
    2007 + 5 tahun = 2012 > ditahun itu baru bisa dicairinnya ndre
    meskipun dikau sudah keluar, tapi kan belum 5 tahun, jadi masih nunggu deh:)
    thx kembali…

  290. mei yin
    Juni 29, 2010 pukul 7:06 am

    salam kenal mbak, mau tanya saya mulai ikut jamsostek mei 2005 dan mei 2008 saya berhenti kerja. bulan juli 2010 ini saya berencana mau mencairkan jht. saya sudah baca syarat-syarat yang mbak bilang. Ada 1 hal yg ingin saya tanyakan. dulu waktu masuk jamsostek saya pakai ktp daerah tapi sejak des 2008 saya pindah jiwa sekarang ke tangerang. Bermasalah gak ya semua identitas sama kecuali alamat rumah tentunya. Saya kuatir dipersulit.

    @Mei Yin:
    Salam kenal juga:)
    Yang jelas nama yg tercantum di KTP tsb nama mu kan..gak apa2 kok.
    Saya juga dulu kan KTPnya daerah, trus KTP Jakarta. Jangan takut dipersulit, asal semua persyaratan lengkap.
    Nanti sharing lagi disini ya kalau sudah dicairkan. Apakah dipersulit atau tidak.

  291. eiya
    Juni 29, 2010 pukul 4:14 pm

    salam kenal mba, berkenan menjawab pertanyaan saya mba….
    saya peserta jamsostek, beberapa bulan yang lalu saya mendapat laporan jamsostek, saya baru sadar bahwa kartu jamsostek saya tidak ada didompet saya. saya tidak tahu apakah hilang atau jatuh atau lupa menaruh dimana. bagaimana cara mendapatkan kartu itu kembali ya mba? apakah prosesnya sulit?
    trima kasih mba.

    @eiya:
    salam kenal juga.
    Segera lapor ke kantor polisi dan minta surat keterangan kehilangan. Anda juga lapor ke bag. HRD tempat anda bekerja, nanti anda diminta mengisi form kehilangan, dengan lampiran surat keterangan kehilangan dari kepolisian & ktp anda. Nanti pihak HRD yg akan mengurus ke Jamsostek. Kalo ditungguin di kantor Jamsostek sehari bisa jadi :) tapi biasanya semingguanlah….
    Terima kasih kembali.

  292. Juni 30, 2010 pukul 3:04 pm

    sy bekerja di rmh sakit swasta & ikut jmsostek yg jht sj krn jpk sdh di tggung rs, yg mo sy tnya bisa ga sy ikut jpk krn anak sy di kampung,info sj gj sy lwt bank mandiri, thanks maaf di luar topik….

    @toyib:
    Program JPK harus didaftarkan ke Jamsostek oleh perusahaan bapak (RS tempat bapak bekerja). CMIIW.

  293. ria
    Juli 2, 2010 pukul 5:19 am

    Resminya Jamsostek sdh online tapi kenyataannya, masih semi manual koq
    di Jamsostek Cab. Keby. Baru untuk proses pencairan dana / klaim JHT tidak bisa di hari yg sama. Alasannya krn Jamsostek saya didaftarkan di cab. Salemba, sehingga mereka harus konfirmasi data-data saya terlebih dahulu.
    Info dr Jamsostek Keby. Baru (CS: Bpk Abdul Halim)Proses konfirmasi dan pencairan dalam bentuk cash dah transfer mandiri membutuhkan waktu 5 hari (bila beruntung, 3 hari). Bila dana ingin ditransfer ke Bank Non Mandiri maka harap menunggu 2 hari lagi untuk proses kliringnya.
    hehehe… jadi kalau anda dtng hr selasa ke jamsostek, maka minggu berikutnya baru anda bisa dataang lagi untuk mengambil dana tsb.
    Saran saya, bila tinggal di sekitar jakarta luangkan waktu untuk pergi ke Jamsostek asal agar dana dapat dicairkan hari itu juga ;))

    @ria:
    thx sharingnya ya sist..
    gimana nih jamsostek?

  294. mei yin
    Juli 6, 2010 pukul 8:43 am

    mbak toet, saya sudah mengurus claim jht jamsostek di kantor cabang pluit tempat saya didaftarkan. Saya membawa syarat2 ; ktp asli+copy, kartu jamsostek asli+copy, kk asli+copy, surat keterangan berhenti kerja asli+copy, materai 6000 (tp materai tidak diminta) seperti syarat2 umumnya dalam pengajuan claim jht tapi tetap aja gak bisa saya malah dimintain data tambahan surat kawin & ijazah atau sim kalau ada. Karena saya tidak membawa surat2 itu saya disuruh balik lagi baru bisa proses. Kenapa ya? Saya bingung. Kata petugasnya karena saya pegang ktp tangerang jadi diperlukan surat kawin & ijazah. Saya baru dengar peraturan itu. Padahal tadinya saya positif thinking berharap jht bisa cair hari itu juga spt pengalaman teman2 lain. Saya merasa dipersulit. Kasian deh sudah jauh2 naik kereta, naik ojek bawa anak kecil lg …eh malah suruh bolak balik???

    @mei yin:
    duh… pengalaman kamu kok gitu ya…. padahal sudah bawa persyaratan lengkap. Apa memang ada peraturan baru lagi ya?
    ADA YANG BISA BANTU JAWAB?
    Dari tadi saya coba telp ke Kantor Jamsostek cabang Pluit untuk bertanya tentang hal ini cuma ga nyambung2.
    Yang sabar ya sist….

  295. mei yin
    Juli 6, 2010 pukul 9:29 am

    eh ada yg lupa cerita mbak, waktu claim jht saya tanya saldonya dan sempat disebutin lisan trus saya disuruh cap jempol kiri (dokumen apa saya lupa baca) dan difoto. Katanya semua peserta yang claim jht hrs difoto ya?

    @mei yin:
    ini jawaban saya untuk sist Ani

    Februari 24, 2010 pukul 6:13 am | #271

    Salam kenal mba Tutut,
    Saya mau tanya, mbak..Beberapa hari yang
    lalu saya mencairkan dana jht di jamsostek gatsu.
    Terakhir saya diminta foto, setau saya tidak
    aϑa persyaratan foto untuk mencairkan jht.semua dokumen
    sudah saya lengkapi. Mohon penjelasannya.

    Makasih banyak mba…

    @Ani:
    Salam kenal juga…
    Setahu saya juga sampai sekarang tidak diperlukan foto. Mungkin buat koleksi mereka, anda cantik kali…hehehe…
    FYI, tadi saya baru saja menelfon kantor jamsostek gatsu, yg menerima ibu… (lupa namanya:p) dan beliau bilang memang tidak perlu foto.
    terima kasih kembali sist.

    • Juli 21, 2010 pukul 3:45 am

      saya juga difoto mbak,

      menurut saya sih ini untuk kepentingan Jamsostek,
      kalau nanti ada orang yang sudah mencairkan tapi klaim lagi bisa dibuktikan dengan tandaterima uang plus diperkuat dengan foto (kalau di Jamsostek Cilandak pake kameranya webcam, jadi langsung dia foto tanpa minta foto ke kita…).

      ini pendapat saya lho…

      @purwanto:
      Terima kasih atas infonya ya Pak. Mungkin dulu kan saya ambilnya tahun 2008, masih belum difoto (atau sayanya yg ga sadar, ternyata sudah pakai webcam ya:)
      nah sekarang lebih canggih lagi… dilihat dari unsur aman dan telitinya.
      Karenan memang pernah ada kejadian, seseorang mau mencairkan JHTnya, tetapi ternyata sudah dicairkan, oleh pihak HRD dari perusahaan tempat dia bekerja. tentunya untuk menghindari hal2 / kecurangan seperti itu ya pak.

  296. superman
    Juli 8, 2010 pukul 9:30 am

    kalo cuma dapet 2 ratus ribu utang belum ketutup tuh…he..he..he..

  297. Ingrid
    Juli 12, 2010 pukul 2:07 am

    Pagi mbak,

    Mau nanya dunk, kalo kita masih bekerja diperusahaan (sudah lebih dari 5 tahun) dan ingin mencairkan dana JHT (spt Mbak). Minta advicenya mengenai surat referensi dari HRD? Kalau kita masih bekerja otomatis iuran JHTnya kan masih dibayar oleh Perusahaan dan dipotong dari penghasilan kita. Apa tidak ada masalah nantinya?. Mohon saran dan petunjuknya. Terima kasih atas bantuannya.

    @Ingrid:
    Pagi juga:)
    Sebelumnya saya jelasin dulu ya, aku kerja di:
    PT A: udah keluar
    PT B: udah keluar
    PT C:masih bekerja
    yang saya cairkan adalah JHT dari PT A dan B. Jadi karena saya masih bekerja di PT. C, JHT di PT C tidak (boleh) dicairkan.
    Tapi dari beberapa sharing, banyak yang walaupun masih bekerja, tapi setelah 5 tahun ingin mencairkan JHTnya. Ini sebenarnya tidak boleh karena tujuan JHT kan untuk hari tua kita ya.
    Nah memang dibutuhkan surat keterangan kerja dari perusahaan, jadi resikonya, kita”keluar” dari perusahaan, dan tidak dipotong lagi gaji kita. Ini sangat riskan sekali. Saya sangat tidak merekomendasikan hal ini.
    Terima kasih kembali sist Ingrid.

  298. Ingrid
    Juli 12, 2010 pukul 8:58 am

    Thanks buat info dan sarannya, mbak. Rupanya ada informasi mengenai mbak yang Saya tidak ketahui yaitu PT.A & PT. B sudah keluar….

    @Ingrid:
    thx kembali sist:)

  299. rojali bin mamat
    Juli 13, 2010 pukul 3:34 am

    ..hey..tolongin gue.. kartu jamsostek gue ilang,…gue kerja udah 3 taon,..sekarang udah phk… gimana nyairin duit gue… kamsiah

    @Rojali
    Bang… coba baca info2 diatas ya bang :)
    terima kasih kembali

  300. baguz
    Juli 17, 2010 pukul 3:28 am

    Kapan ya jamsostek bisa check saldo online..hihihi,,,ngareep.com ;p

  301. Juli 21, 2010 pukul 10:38 am

    mba,

    informasi mengenai pencairan Jamsostek ini sangat menarik dan bermanfaat bagi banyak orang, boleh saya pasang link-nya di blog saya ya :

    purwantosoemarto.wordpress.com

    terima kasih

    @Antopurwanto:
    monggo mas…. terima kasih kembali

  302. tarigan
    Juli 22, 2010 pukul 9:34 am

    sekalian nanya juga ni, kantor saya yg lama saya sudah ikut Jamsostek selama 5 tahun, dan skrg saya pindah perusahaan dngn kartu jamsostek baru, pertanyaan saya, JHT kantor lama saya mau cairkan tetapi saya tdk tahu berapa jumlahnya, soalnya kantor yg lama tdk memberikan slip/ laporan jamsostek kekaryawan, bagaimana cara mengecek jmlhnya ?

    sekian dan terimakasih, blog ini sungguh membantu.

    @tarigan:
    Bisa datang ke kantor jamsostek, tunjukkan KPJ anda, bilang saja mau cek saldo, CMIIW.
    Dari situs Jamsostek diberitakan bisa cek saldo secara online, tapi sampai sekarang saya tidak bisa mengecek… padahal sudah daftar/log in dll… ada yg bisa memberikan jawabannya?
    terima kasih sudah berkunjung :)

    • baguz
      Juli 30, 2010 pukul 2:12 am

      hari ini saya sudah coba check saldo online,sign up truz log in and tadaaaaaa…..it’s works.. ngeliat nominalnya jadi gatel ni tangan :p

      @baguz:
      bisa ya dilihat… berhasil! berhasil! *dora mode on* hehe
      pasti besar ya nilainya… asyik :)
      thx for sharing ya

  303. saidi amin
    Juli 24, 2010 pukul 8:10 pm

    mau nanya nih bagaimana mengurus JHT saya yang udah 8 tahun tapi ada kendala karena kartunya hilang’ bagaimana cara agar JHT saya bisa cair mohon bantuannya

    @saidi amin:
    mohon dibaca jawaban2 diatas ya pak… disitu rekan2 yg lain juga membantu menjawab.
    terima kasih…

  304. Dian
    Juli 26, 2010 pukul 4:57 am

    Mba..saya mau tanya, Jamsostek saya terdaftar di kantor jamsostek cabang Kebon Sirih..jika saya ingin klaim dana jamsostek saya apa hrs di kantor cabang tsb ato sdh bisa di cabang mana saja dan juga KTP saya masih KTP daerah (Yogya) apakah ada tambahan utk syarat2nya…?? terima kasih sebelum nya..

  305. Arini
    Juli 29, 2010 pukul 3:41 am

    salam kenal..
    Mbak sy mau tanya..sy mau ambil jamsostek tp sy tdk pny surat pengalaman kerja dr HRD.krn sy keluar dr perushaan krn melarikan dri sblm hbs kontrak.tp sy dpt sertifikat jabatan dri manager sy..Apakah itu bsa d pakai sbg ganti surat pengalaman kerja.krn dlm sertifikat tsbt selain tertulis jbtn terakhr sy jg ada tgl d mana sy mulai bkrj smpai sy berhenti bkerja d perushaan tsb. cm tdk ada stempel prshaan. tlg mnt pencerahan Mbk..tks

    @Arini:
    Sebaiknya telp ke kantor Jamsostek deh sist untuk lebih jelasnya. Saya juga kurang tahu apakah bisa pakai sertifikat itu. Maaf ya sist nggak bantu jawabannya.
    Adakah yg bisa membantu menjawab?

  306. marvans
    Agustus 3, 2010 pukul 2:53 am

    selamat pagi rekan2x saya mau nanya sama siapa aja yg bisa jawab :
    jamsostek bisa ga di cairkan separuh ,tp yg bersangkutan statusnya masih kerja .
    sayakan udah kerja di satu perusahaan tsb di atas 5 thn . tp maunya ngambil JHT nya separoh ,biar ada buat modal usaha. tolongin dong sapa yg bisa ngasih info . terima kasih yang banyak.

  307. ema
    Agustus 8, 2010 pukul 4:01 pm

    selamat malam mas
    pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai klaim jamsostek saya
    saya bekerja di outsource PT MBA dari tahun april 2005 sampai april 2007, april 2007 sampai sekarang saya pindah ke PT MPH, saya punya 2 kartu jamsostek karena sewaktu pindah ternyata dari perusahaan lama tidak meperpanjang ke PT baru, saya ingin menggabungkan 2 kartu tersebut lalu ingin mengambil saldonya, apakah bisa langsung saya ambil setelah bisa digabungkan, (total sudah lebihdari 5 tahun 1 ulan, bila digabungkan saldonya)
    thanks mas

    @ema:
    Ga bisa sist… Hanya bisa ambil saldo dari PT MBA.
    thx kembali.

  308. Agustus 13, 2010 pukul 4:09 am

    Untuk semuanya yang tahu.. mo tanya..

    Saya teregistrasi kartu jamsostek di perusahaan lama dari Agustus 2005 dan saya keluar dari perusahaan tersebut tanggal 24 Februari 2010, dan kartuya itu sudah tidak saya teruskan lagi di perusahaan baru.

    nah pertanyaan saya bisa gak JHT saya ambil ?? trus kira2 bener gak ngambilnya di bulan september 2010 ?? mohon pencerahannya..

    terima kasih…

    • Agustus 20, 2010 pukul 8:09 am

      barusan telpon dan ternyata bisa.. diambil di awal september ini.. senangnya.. walau cuma dikit.. hihihihih

      @anakost:
      syukurlah :)

  309. yusup
    Agustus 15, 2010 pukul 7:28 am

    dh,

    mba toetoet yg baik hati…

    mba saya dah bekerja selama 5 tahun 7 bulan saat ini masih bekerja..
    mba…katanya bisa yach dana jamsostek kita cairkan tapi kita masih bekerja.( he..he..hee kepepet nieh…). menurut penjelasannya agar dilakukan dilain cabang. yg saya pengen tanyakan adalah jika saya ingin mengajukan pencairan tgl 16 agustus 2010 maka untuk surat paklaring saya ( yg dibuat sendiri tentunya..maaf yach ) dicantumkan tanggal berhenti mulai kapan yach…( maaf mba saya takut ketauan saya pihak jamsostek..hi..hi..hi :) atau ada tambah cara lain .mohon bantuannya

    terimakasih yah mba…

    nb: tolong di reply yach thanks

  310. Ujang
    Agustus 16, 2010 pukul 6:30 am

    Siti Patimah :
    Saya baru mengikuti Jamsostek yg diselenggarakan di Perusahaan kami, tapi saya tidak puas dengan pengelola jamsostek di kantor saya, karena potongan yang ada pada slip gaji saya tidak sesuai dengan Perincian Saldo JHT Jamsostek saya yang telah diberikan oleh Jamsostek. Selama ini saya dipotong untuk jamsostek sebesar Rp. 78.000,-/bulan, tapi di rincian saldo JHT hanya sebesar Rp. 57.000,- saya komplain kepada pengelola di kantor saya, namun responnya negatif, dia bilang sisa darinya untuk jaminan kematian.
    Pada prinsipnya saya ingin mengetahui yang sebenarnya kepada Jamsostek, bagaimana hitungan dari Asuransi tersebut. Mohon responnya secara rinci dan bijaksana. karena dikantor saya banyak sekali yang komplain terhadap Jamsostek.
    Terimakasih.
    Besar harapan saya segera direspon secepatnya. untuk konfirmasi lebih lanjut, email ke saya.
    @Siti Patimah
    Biasanya setiap awal tahun kita akan mendapat lembar kecil (setengah halaman kertas folio) yang merinci potongan tersebut dan berapa saldo JHt yang kita punya. Apakah anda mendapat lembar tersebut?
    Lebih jelasnya silahkan and ke http://www.jamsostek.co.id/info/guestbook untuk bertanya lebih lanjut, atau menelfon/ mendatangi kantor cabang jamsostek terdekat jika pengelola kantor anda enggan untuk memberikan keterangan secara terperinci.

  311. Ujang
    Agustus 16, 2010 pukul 6:31 am

    YG TERHORMAT BPK PIMPINAN JAMSOSTEK..KNP SAYA MAU NGAMBIL UANG SAYA TDK BS!!! PADAHAL SAYA SDH BERENTI BEKERJA N GILIRAN MAU DI AMBIL TG 5 THN NIAN DARI MS BERENTI!!!N PADAHAL SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN UANG TERSEBUT TP TG DI AMBILNYA TG 5 THN 6 BLN DL KATA KARYAWAN BPK N PADAHAL SAYA SDH BERENTI 2 THN N BERARTI TG 3THN LG AGAR BS CAIR N KEBURU BASI UANG SAYA PAK!!!!!!!!! MHN KEBIJAKAN BPK DI ATUR ULANG N KARNA UANG SAYA CM SEDIKIT N NGAMBILNYA TG 3 THN LG N KEBURU HARGA2 POKOK MAHAL!!!!!

  312. bunda
    Agustus 25, 2010 pukul 5:21 am

    Mba toet yg baik, aku mau tnya dong. Aku mau klaim jht. Eh bru nyadar krtu jamsostek terdftr atas nama induk perusahaan, sedang surat ktrgn brenti krj atas nama anak perushaan. Kbetulan 2 perusahaan itu satu kantor dan dimiliki org yg sama.kebetulan sy yg mengurus admnistrasi anak perushaan. Jd sy tkut bermaslah ktika klaim jht..tlog advice ya mba,trims

  313. indra
    September 7, 2010 pukul 7:22 am

    dengan hormat,

    saya mau tanya apa JHT bisa diuangkan saya ikut jamsostek selama 2 thn APRIL 2009 S/D APRIL 2010, katanya ada yg bisa diambil tp saya tanya CS jamsostek gak bisa harus nunggu juni 2013 gimana donk JADI BINGUNG…..HELP PLEASE

  314. iyan supian
    September 11, 2010 pukul 5:26 am

    bagaimana mengetahui saldo jamsostek lewat email? hanya itu pertanyaan saya

  315. September 12, 2010 pukul 4:47 am

    dengan hormat,
    saya berhenti bkerja sejak 03 agustus 2010,,dengan masa kepesertaan jamsostek 5 thn 4bulan..sy bermaksud mencairkan dana JHT pada 1 september2010,,..masa tggu udah 1 bulan,.,namun setlah saya melenkapi berkas dan mengantri,.,.,ternyata saya di tolak,,dgn alasan perusahaan saya nunggak iuran jamsostek,.??padahal saya sempat menerima perincian saldo bulan maret 2010 dr pt jamsostek,.,.,.dan berkas2 yang saya ajukan lengkappppp,.,..,mohon bantuannya,.,.,.apakah dana jamsostek bisa di cairkan sampe blan maret 2010,..sukur2 sampe saya berhenti kerja,.,.,., terima kasih

  316. September 14, 2010 pukul 2:52 am

    dengan hormat,

    saya mau tanya,,,,,sy ikut jamsostek dr april 2005 danberhenti kerja 03 agustus 2010,,tgl 03 september 2010, sy bermaksud mencairkan dana jamsostek di cabang cikarang,,,tpi stlh saya antre,, ternyatra di tolak,,kata petugasnya,,perusahaan nunggak iuran jamsostek,.,.,padahal data dan syarat2 nya sudah lengkap,.,.,tgl 12 september saya coba lht saldo di jamsostek online,.,.ternyata saldo saya sudah sampe bln agustus ,,pas sy berhenti bekerja,,,apakah dana jamsostek saya sudah bsa cair cz masa keanggotaan 5th 4bln+ MASA TGGU 1BLN,.,.,TRIMA KASIHHHH

    @wiwid:
    Seharusnya sudah bisa cair
    thx juga…

  317. September 14, 2010 pukul 11:54 am

    Numpang nanya donk mbak

    Bisa gak sih klo kita ambil jamsosotek tapi KTP-nya udah pindah ke wilayah asal kita
    Contoh :
    Dulu saya kerja di tangerang dengan KTP tangerang dan sekarang pindah ke boyolali dengan KTP boyolali, jawa tengah

    Please tolong dijawab ya mbak ?? Bingung nich belum ada yg ngulas itu

    @Abel Nuovoz:
    bisa…
    karena saya dulu kerja dibatam, lalu di jakarta (2 PT)
    saya cairkan di kantor Jamsostek Cilandak, Jakarta > KTP saya Tangerang.
    Asal persyaratan lengkap dan data kita di KTP, KK, Surat Keterangan Kerja & dokumen lainnya sama (sesuai) bisa dicairkan.

    • baguz
      September 19, 2010 pukul 11:17 pm

      Halo again mba Toetoet, Minal aidzin yaa sebelumx
      btw, ada pengalaman jg ne mslh KTP, kebetulan agustus kemarin saya pulkam ke jakarta(KTP saya Penajam -Kaltim) rcn skalian mencairkan JHT jamsostek di cabang Margonda Depok, dengan Percaya Diri(hehehe) krna sudah membawa lengkap smua dokumen2x eh CSx bilang “masih ada yg kurang pak, harus ada surat keterangan domisili dulu dari RT setempat yang bapk tinggal sekarang!!”tooiinkk…saya cuma bs bengong aja… setelah tersadar..hehehe! lalu saya bilang ” lho sebelumnya dokumen saya sudah dicheck oleh petugas/security dan smua Ok!”, CSx jwb “iya pak, tapi tetep harus ada surat ket domisili…” dgn rasa kecewa n sakit hati seperti baru diputusin pacar..hehehe saya pulang dgn tangan hampa..ciyee..
      krn malas bikin surat domisili, ya udah rcn di kaltim aja cairkanx.
      & tgl 15 sept kemarin saya datangi kantor jamsostek di balikpapan(beda kabptn dng penajam), dng Percaya Diri(g kapok) lg tanpa membawa keterangan Domisili, dcheck petugas/security Ok, stelah antri n tiba giliran. dgn Harap2 Cemas doc2 smua diperksa oleh CS…. dan duaar.. CS bilang “cash ya pak..ni nomer antrianx untuk di loket, n difoto dulu yaa” wah..gampang n mudah sekali ternyata ga pake surat domisili2an, ga perlu menunggu lama dana sudah ditangan n saya berjalan keluar sambil bersiul2.. :p
      Singkat kata, ternyata msh ada jg ya yg mempersulit atau mgkin lebih mengarah ke keamananx kali

      @Baguz:
      Mohon maaf lahir bathin juga ya Gus…
      wah.. terima kasih bro sering sharing disini… jadi nambah info lagi nih. Ya, lebih ke keamanan sepertinya, jadi diminta surat ket. domisili dari RT setempat yang ditinggali sekarang, dan difoto :)
      ehm… tabungan “menggendut” nih..hehe

  318. Rina
    September 16, 2010 pukul 4:55 am

    Kantor Jamsostek Cabang setia budi….
    sekarang tgl 16 Sept 2010 sudah buka belum ya….? Sbb Saya telp tidak ada yang angkat, saya tekan ext. 1 / 2 / 0 looping untuk minta disambungkan lagi…..Terima kasih….

  319. jarot pamungkas
    September 22, 2010 pukul 2:12 pm

    saya bulan puasa kemaren melakukan pencairan jht jamsostek dan sudah cair,,, saya mau tanya.. kartu jamsostek saya ada dua di 2 perusahaan dan yg satu sudah cair dan yang satunya masih baru 2 tahun. tetapi saya sudah berhenti sepihak. alias berhenti bekerja atau mengundurkan diri… apakah jamsostek saya bisa diambil…. terhitung saya masuk kerja tgl 24 agustus 2008- berhenti 23 agustus 2009 tanpa ada surat pengalaman kerja dan hanya da surat keterangan kerja yang terdahulu
    terima kasih atas bantuanya

  320. mastono
    September 28, 2010 pukul 6:27 am

    curhat nehh boss,
    saya dulu kerja di salah satu NGO untuk program di Aceh (awal kontrak kalo gak salah mei 2005 selama setahun). Saat ini berarti sudah lebih dari 5 tahun masa keanggotaan saya di JAMSOSTEK, kata beberapa teman yg dulu satu kantor katanya juga sudah mulai ada yang mencairkan dana mereka.
    Permasalahan saya sekarang adalah, kontrak kerja saya hilang sementara kantor tempat saya kerja tutup (sudah selesai program) di aceh, padalah info yg saya tahu salah satu syarat pencairan dana adalah bukti kontrak kerja trsebut.
    Gmana caranya bro biar saya bisa ambil dana saya di JAMSOSTEK, lagi butuh bgt euy!
    oh ya, domisili saya sekarang di jawa tengah (Wonosobo), kantor JAMSOSTEK terdekat mana yg bisa saya hubungi untuk masalah ini..

    thanks bro sebelumnya, saya tunggu info-nya

    jabat erat
    mastono

    • baguz
      Oktober 29, 2010 pukul 3:23 am

      yang anda butuhkan cuma surat kehilangan dari kepolisian

      • mastono
        November 8, 2010 pukul 12:09 pm

        thanks pencerahannya gan!
        yg jadi masalah sekarang… saya sudah minta surat kehilangan dari kepolisian, trus saya sudah masukkan permohonan claim saya di kantor jamsostek cabang magelang jawa tengah pada tanggal 08 november 2010, dan saya dikasih kertas salinan permohonan yg warna kuning, dan dikasih tahu bahwa saya harus nunggu 1 – 2 minggu karena katanya harus konfirmasi ke kantor pusat. trus… Barusan saya cek saldo saya via internet kok saldo saya sudah kosong aliyas 0? waduh… panik nih gan… :((
        Apakah saya harus nunggu lagi atau gmana ya baiknya… pliiisss… tolonglah diriku…

        jabat erat
        mastono

  321. Aie
    Oktober 4, 2010 pukul 8:08 am

    saya mau tau z,,saldo jamsostek saya berapa..??????
    persyaratannya pa saja…?????

  322. asty
    Oktober 5, 2010 pukul 3:59 am

    saya mau tanya donk…saya kan peserta jamsostek dari 08-2006 di perusahaan I, tp sekitar bln november 2009 saya berhenti bekerja di perusahaan I tersebut. dan semenjak itu saya tidak pernah mengurus jamsostek saya lagi.
    apa dana saya yg ada di jamsostek itu bisa saya ambil pd bulan oktober 2010? jika memang bisa..persyaratan apa saja yg harus saya bawa?

    • arman
      Oktober 15, 2010 pukul 3:43 pm

      @asty:
      JHT jamsostek Anda bisa dicairkan setelah 5 tahun kepesertaan plus masa tunggu 1 bulan. Jadi cairnya bulan 09-2011. Semoga bisa membantu.

  323. arman
    Oktober 5, 2010 pukul 4:41 am

    Selamat siang Mbak Toetoet,
    Saya mau mencairkan JHT saya tapi ada kendala bahwa saya tidak diberi Surat Keterangan Kerja oleh perusahaan. Saya ada permasalahan dengan perusahaan dan sedang proses penyelesaian di Disnaker. Apakah bisa Surat Keterangan Kerja digantikan Surat dari Disnaker yang menerangkan masalah ini. Terima kasih

  324. Eri Gunari
    Oktober 5, 2010 pukul 7:43 am

    Yth. Bapak/Ibu,
    Mohon pencerahannya mengenai ‘kasus’ saya dibawah ini.
    Saat ini saya masih bekerja & ikut program Jamsostek (JHT) dari tahun 1992.
    Dikarenakan ada kebutuhan ditambah dengan ‘isu2′ bhw saldo JHT bs diambil, maka saya punya keinginan utk mengambil sebagian ‘harta’ saya tsb.
    Apakah saldo bisa diambil?
    Kalau bisa diambil;
    – Berapa nilai maksimal/persentase yg dapat diambil?
    – Apa syaratnya?
    – Apakah ada masa tunggu?

    Demikian pertanyaan saya & terima kasih atas perhatian & saya tunggu penjelasannya.
    Salam
    Eri

  325. lailatul mufarichah
    Oktober 6, 2010 pukul 2:34 am

    pagi…….. mau tanya saya kan sdh tdk bekerja lagi tp saya ingin melanjutkan jamsostek saya apa bisa………

    @lailatul mufarichah:
    setahu saya tidak bisa sist… CMIIW

    • baguz
      Oktober 29, 2010 pukul 3:15 am

      setahu saya itu bisa dilanjutkan jika kita kembali bekerja ke perusahaan.. CMIIWT :)

      • November 4, 2010 pukul 7:04 am

        bisa diambil ga,kalo misalnya berhenti dr th perusahaan???tp sebelum 5thn
        soalnya sy ud ga bkrj di perusahaan lg

  326. dede setiawan
    Oktober 10, 2010 pukul 5:25 am

    siang……saya cuma mau tanya desember ini jamsostek saya sdh cair krn sdh 5 thn.karena kemarin dompet saya baru saja hilang jadi kartu jamsostek pun ikut hilang.saya tdk hafal no kartu jamsostek saya.apabila hanya ada srt ket dari kepolisian sbg ket,msh bisakah di proses untk pencairan dibln desember???????thanks

  327. arman
    Oktober 15, 2010 pukul 3:43 am

    @dede setiawan:
    datang saja ke kantor jamsostek untuk menanyakan nomor kartu yang hilang, kemudian minta surat keterangan kehilangan dari kepolisian karena dalam surat itu harus mencantumkan no kartu jamsosteknya. Okey semoga bisa membantu.

  328. Oktober 20, 2010 pukul 2:44 pm

    M’af pak/bu saya mau tanya.
    Bagaimana kalo karyawan yang bersangkutan tinggal di luar pulau jawa, mis; Lampung
    apakah bisa mencairkan dana tersebut tanpa harus datang ke kantor Pusat, cos kalo untuk kantornya sendiri belum ada di lampung?
    Terus kalo bisa bagaimana caranya agar kartu jamsostek tersebut bisa di cairkan tanpa harus datang ke kantor? mis; lewat kantor POS gitu?
    Mungkin hanya ini yang dapat saya tenyakan, mohon agar kiranya dapat membantu.
    Thank’s

  329. Oktober 22, 2010 pukul 9:39 am

    bisakah saya mengetahui dana yang ada di jamsostek saya no.99K00343624 mbak atau bapak?mhn bantuannya

    • baguz
      Oktober 29, 2010 pukul 3:28 am
      • dewi
        November 8, 2010 pukul 7:11 am

        Saya barusan mendaftar di website Jamsostek lalu mengecek saldo JHT saya….tapi kok saldonya NOL ya?
        Padahal saya baru bisa mencairkan dana tersebut Desember 2010….
        Itu update ga ya saldo yang di website? Atau memang tidak update?
        Duh kok jadi deg-degan sih…soalnya sudah menunggu2 buat ngambil nih….
        Ada yang bisa memberi pencerahan ga ya?

  330. Oktober 22, 2010 pukul 9:45 am

    tambahan info, sudah lama saya berhenti dari perusahaan lama saya {bandung}ingin ke kantor jamsostek tp saya inginnya tahu dulu brp kira2 dana yang ada. terima kasih.

  331. Oktober 31, 2010 pukul 2:00 pm

    klo blum 5 thn bisa ga ngmbil jht..???

  332. November 4, 2010 pukul 7:02 am

    misalnya sebelum 5thn,trus berhenti dr perusahaan gmana dnk??bisa diambil ga????

  333. November 4, 2010 pukul 10:50 pm

    saya sudah bekerja di satu perusahaan di bogor, kurang lebih 4 tahun.
    apa bisa dicairin karena kurang dari 5 tahun?

  334. dewi
    November 8, 2010 pukul 6:41 am

    Hai mbak Toetoet….salam kenal ya… Thanks banget atas info2 jamsostek di blog ini yg berguna banget deh buat saya…
    Saya mau sharing dikit nih, saya pernah bekerja di sebuah perusahaan di Bandung sejak Maret 2005 s/d Desember 2007. Tetapi entah dengan alasan apa, perusahaan tersebut baru mendaftarkan saya mengikuti program JHT pada bulan November 2005 (7 bulan setelah saya bekerja)…..memang perusahaan yang aneh..hehhehhehe……

    Karena kurang informasi, pada bulan Juni 2010, saya dengan pede nya ke kantor Jamsostek Jl. PHH. Mustopha Bandung untuk mencairkan JHT….dan ternyata……DITOLAK oleh satpam yang memeriksa KPJ saya, katanya “ini baru bisa dicairkan bulan Desember 2010 bu…karena keanggotaan minimum harus 5 tahun ditambah masa tunggu 1 bulan”
    Heheheheheh….lumayan maluuuuu…karena waktu itu lagi penuh2nya dan semua yang lagi ngantri pada ngliatin….

    Btw, saya sebenernya jadi agak males mau mencairkan JHT begitu melihat antrian yang mengular di kantor Jamsostek…..penuh banget nget nget… *_*!
    Oh ya, kata satpam itu juga “kalau mau mencairkan JHT harus dari jam 7 pagi ngantrinya, karena kalau sudah siang pasti tidak kebagian dipanggil” memang saat itu saya datang sekitar pukul 10….omigod…segitunya ya mau nyairin JHT aja….

  335. Ihtiardi
    November 8, 2010 pukul 4:22 pm

    klo referensi kerja nya ga’ ada , apakah bisa di ambil JHT nya BRO….

  336. Fajri
    November 11, 2010 pukul 10:35 am

    apakah bisa JHT dicairkan ketika masa kontrak di perpanjang dgn perusahaan yg sama???
    dan masa JHT saya sudah lebih 5 tahun.
    thanks…

  337. Cahaya
    November 16, 2010 pukul 1:24 pm

    Mba Toet…mau tny nich, suami aku kena phk bln April 2010, terus bln Juli kena kecelakaan yg membuat kakinya patah dan cacat. Bisa ga JHT nya diambil? sedang menjadi anggota jamsostek belum 5 th (3 thn kurang 2 bln). Sedangkan kami ini butuh dana buat berobat dan menyambung hidup. Terus apakah hal yang disebut ini termasuk katagori cacat tetap, sedang suami belum bisa berjalan tanpa alat bantu seperti kursi roda. Kenapa yach setiap telp k kantor jamsostek slalu mengatakan kami doakan cepat sembuh kaki suami ibu sedangkan kami ini butuh dana bukan ucapan doank.

  338. irpan riswandi
    November 19, 2010 pukul 6:16 pm

    maaap bpk atau ibu saya mau tanya?
    begini pa /ibu saya dulu bekerja di salah satu perusahaan di tangerang mengikuti program jamsostek selama 1 tahun dan sekarang sudah 5 tahun saya sudah tidak bekra kembali di perusaahha itu yang saya mau tanya kartu jamsostek saya hilang pa apakah saya bisa mencairkan dana saya simpan selama 1 tahun
    terima kasih dan bagaimana caranya bila kartu saya hilang

  339. untung
    November 23, 2010 pukul 1:58 am

    klo kurang dr 5 thn,apakah dananya bisa cair…?
    karena saya pernah bekerja dr bln maret 2007 s\d januari 2010.

  340. November 27, 2010 pukul 9:00 am
  341. Rahmat
    November 28, 2010 pukul 4:34 am

    Mbak toetoet …..
    Mo nanya neh…..
    Setelah mendaftar di http://www.jamsostek.co.id bisa nggak untuk pencairan JHT nya langsung secara online dan langsung masuk ke rekening kita…

    Makasi Mbak sebelumnya

  342. Desember 8, 2010 pukul 1:19 am

    ass mualaikum wr wb
    saya mo tanya nih !………..hehehe
    saya pernah bekerja dari tahun mei 2003 and ketika saya lihat kartu jamsostek kepesertaan keanggotaan september 2006. pertanyaan saya perbulan dan tahun berapa saya bisa mencairkan JHT saya ?
    Thanks wasallam

  343. irna cindy
    Desember 14, 2010 pukul 4:09 am

    mau tanya nih..
    saya pernah bekerja dan ikut jamsostek kurang lebih 1,5 tahun,kemudian saya keluar bln Agustus 2005.apa JHT saya bisa diambil? bagaimana caranya?
    apa saya hrs konfirmasi ke kantor saya yg dulu? apa langsung ke kantor jamsostek?

  344. Andi
    Desember 28, 2010 pukul 5:38 am

    Tanya donk mba. Saya punya 1 kartu Jamsostek, didalamnya ada 2 perusahaan. Perusahaan lama juni 2005-2009 kemudian kartunya dilanjut di perusahaan yg sekarang. Apakah bisa dicairkan dana yang dari perusahaan yang lama ?

  345. siswan saleh
    Desember 28, 2010 pukul 11:20 am

    salam kenal,,

    Mau ikutan tanya nih Mbak…..
    Saya pernah menjadi anggota jamsostek sewaktu mash bekerja diperusahaan yang dulu,saya bekerja kurang lebih empat tahun dari th 2005 s/d th 2009,dan klo dihitung berarti sekarang jamsostek saya sudah bisa dicairkan. Yang jadi masalah adalah kartu jamsostek saya dan print out saldo akhir tahunannya hilang entah kemana,,tapi saya masih hapal nomor anggotanya sehingga saya bisa melihat jumlah saldo akhir saya di website jamsostek dan membuat print-outnya. Terus Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1.KTP saya sekarang sudah beda alamat dengan alamat sewaktu saya masih bekerja diperusahaan yang dulu,yang mungkin pasti beda juga dengan alamat yang terdaftar di data keanggotaan jamsostek saya. apakah ini nanti akan dipertanyakan dan menjadi masalah sewaktu pengambilan dana jamsostek..???
    2.untuk KK sekarang saya sudah punya KK sendiri karena KK dari orang tua sudah tidak berlaku lagi. apakah ini juga tidak menjadi masalah nantinya??
    3.karena kartu anggota saya hilang dan print-out dari perushaan juga hilang,apakah print-out dari internet itu bisa sebagai gantinya dengan dilengkapi surat keterangan hilang dari kepolisian???
    jadi intinya saya cuma punya syarat untuk pengambilan dana jamsostek seperti berikut:
    1.KTP DAN KK baru
    2.PRINT-OUT saldo terakhir dari website JAMSOSTEK
    3.Surat keterangan keluar kerja dari perusahaan ( paklaring)
    4.Surat keterangan kehilangan kartu jamsostek dan print-out perusahaan dari Kepolisian.
    5.SKCK dari Kepolisian
    6.photo kopi ijasah SMA yg sudah dilegalisir.

    Mohon tanggapannya agar sya bisa lebih PD ketika mau mencairkan dana jamsostek saya nanti…hahahah!!
    terima kasih….

  346. iyan
    Desember 30, 2010 pukul 2:28 am

    Apakah untuk mencairkan dana JHT bisa kantor cabang dimana saja?, soalnya jarak antara kantor saya yang dulu dengan rumah saya cukup jauh.

  347. hariani
    Desember 30, 2010 pukul 1:48 pm

    Mbak yg baik, aq mo nanya nich
    Saya msk kerja September 2006, namun Oktober 2008 saya mengalami kecelakaan yg membuat saya lumpuh/cacad permanen sampai akhirnya di PHK.
    Seharusnya, apakah semua biaya slama di RS ditanggung oleh Jamsostek (JPK)?
    Kpn sebaiknya JHT saya dpt dicairkan?
    Apakah JHT yg tdk dicairkan, akan berbunga setiap bulan nya?
    Klo diwakilkan dlm pencairan’nya, aa syarat nya?
    trima kasih…

  348. egi firman
    Januari 3, 2011 pukul 1:43 pm

    mba sya mw nanya,saya dah berhenti krja dan saya btuh uang untuk kepentingan mendadak. sedangkan yg saya pnya hanya jamsostek ini. tolong usahakan bsa dicairkan,tp jamsostek saya baru 2 thn.sya sngt btuh uang ini

  349. jayasaja
    Januari 8, 2011 pukul 8:21 am

    mba sya mau tanya pencairan kartu jamsostek tapi kartu jamsostek saya masih aktif bagaimana padahal saya udah berhenti kerja dari bulan febuari 2010

  350. adnan
    Januari 10, 2011 pukul 2:29 am

    Saya baru keluar kerja tanggal 27 desember 2010..apakah pada bulan januari ini saya sudah bisa mencairkan JHT saya..? minta dibantu penjelasannya

  351. mohamad barokah
    Januari 15, 2011 pukul 7:53 am

    Noedzi :
    Dear All,
    Ini hanya curhat melihat banyak-nya teman2 saya yang kondisi-nya memprihatinkan. Ahamdulillah saya dan teman2 ikut jamsostek termasuk JHT. Saya tau JHT itu hanya bisa diambil minimal 5 th ke-anggotaan dan sudah tidak bekerja dimana pun. Tapi kayak-nya untuk saat ini harus ada kebijakan baru mengenai persyaratan pencairan-nya. Karena banyak dari teman2 saya yang sikon ekonomi-nya pas2an bahkan dibawah tapi karena semangat perjuangan hidup jadi untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekolah anak-nya dengan kesana kemari..termasuk pinjam sana dan pinjam sini. Otomatis hal ini memperbesar jumlah angsuran yang harus dibayar. Jika dibanding dengan penghasilan-nya otomatis sudah tidak ada budget lagi untuk pinjam atau berhutang. Yang miris-nya kondisi itu terkadang berbarengan waktu-nya..antara kebutuhan, hutang yang ada, dan sisa penghasilan yang tidak ada lagi. Maksud saya seharusnya sekarang Jamsostek setidak-nya membuat 1 kebijakan baru yang lebih flexible dala m claim pencairan JHT untuk membantu mereka tersebut. semisal sekarang diberi kebijakan boleh diambil walau masih jadi anggota Jamsostek, minimal 3 th keanggotaan, dan hanya boleh diambil maksimal 50% dari total saldo bulan terakhir. Karena saya bingung menjawab-nya jika teman2 bicara-nya “itu kan tabungan kita..artinya hak kita kan..?!?”.
    Nah Loch..aku yang bukan orang jamsostek aja malu jika diomongin gitu..apalagi jamsostek yang mendapatkan keuntungan dari anggota jamsostek..
    Seperti teman saya lagi yang alhadulilah tidak pernah sakit parah dan tidak pernah claim dalam wkt 1 th sedangkan gaji dipotong terus..apa yang dia dapat..”nol”..
    Saya mohon bantuan dari bapak/ibu/sodara terhomat yang ada di Jamsostek dan tolong buka mata hati untuk mereka..karena nasib seseorang tidak semua-nya sama seperti apa yang kita kira..
    Demikian, mohon maaf, dan terima kasih..

  352. mohamad barokah
    Januari 15, 2011 pukul 7:58 am

    maf mbak saya mo nanya ? kan saya udah dapat jamsostek 2006 blan 1 nah kan skrang udh 2011 apakh saya bisa mengambil blan skrang ataw bln februari tgl brapa? tlng jelaskan .

    @mohamad barokah:
    januari 2006 + 5 tahun 1 bulan = februari 2011
    kalau perusahaan anda sudah mengeluarkan anda dari jamsostek, maka sudah bisa diambil. Tapi kalau belum ya tidak bisa diambil:)

  353. eil
    Januari 20, 2011 pukul 3:08 pm

    Dear all,

    Saya ingin sedikit share tentang JAMSOSTEK, saya bekerja pada perusahaan kontrak yang berlokasi di KALTIM periode maret 2010 – oktober 2010, saat akhir masa kerja saya memperoleh kartu JAMSOSTEK, namun nama yang tertera di kartu tersebut berbeda dengan nama saya di KTP (terdapat kekurangan 1 huruf/salah ketik nama), sedangkan perusahaan tempat saya bekerja dulu telah bangkrut/tutup. Yang saya ketahui, apabila ada perbedaan nama antara KPJ dan KTP maka akan kesulitan dalam proses pencairan nantinya..Menurut rekan-rekan dapatkah saya merubah nama di kartu tersebut lewat kantor JAMSOSTEK di daerah saya? atau apakah harus lewat HRD perusahaan saya yang dulu, tapi sementara perusahaan tersebut sudah tidak ada lagi.. :(
    Sekedar informasi, saya sudah cek saldo via website jamsostek dan saldonya ada, setelah habis kontrak saya juga memperoleh surat keterangan kerja dr perusahaan tsb. Mohon masukannya rekan-rekan, bantuan kalian sangat berguna bagi saya. Terimakasih sebelumnya.

  354. vie
    Januari 22, 2011 pukul 2:24 am

    apakah kalo ada tanda D2 pada kartu jamsostek berarti ada kesalahan dokumentasi dan hanya bs dicairkan di gatsu..?

  355. EVA
    Januari 22, 2011 pukul 12:55 pm

    Maaf mba aku mau tanya nih,aku kan ikut jamsostek dah lebih dari 3tahun trus aku kan dah keluar dari perusahaan tersebut klo aku ga nerusin lagi gmn ya nasib jht aku masih bisa siambil atau hangus selamanya?tolong dijelaskan trims

  356. ety
    Januari 31, 2011 pukul 5:26 am

    suami sy pernah bekerja di beberapa perusahaan.awalnya kami tidak terlalu peduli dg jamsostek, krn khawatir ribet dll.tp pas saya baca blog ini, mulai deh cari info…lumayan blog ini banyak membantu….
    lanjutin lagi ya…
    dari 5 kartu yang ada, saya cek deh saldonya di web jamsostek, 4 bisa kebuka tapi satu kartu jawabannya mengejutkan,,,,ketika login muncul jawaban bahwa no KPJnya sudah ada yang pakai, lho ko bisa????.mohon bantuannya kenapa bisa begitu?
    terima kasih.

  357. muhammad hidayat
    Februari 2, 2011 pukul 10:49 am

    sebelumnya saya mohon mf ? saya mo nanya, saya ikut jamsostek dari tahun 2007 dan pada tahun 2009 saya berhenti bekerja, apakah saya bisa mencairkan uang jamsostek saya, terima kasih……………

  358. arwan setyatmocko
    Februari 9, 2011 pukul 4:13 am

    saya kerja 2 tahun, dari januari 2006 sampai januari 2008 dan didaftarkan jamsostek dari perusahaan dari awal kerja tahun 2006 di bulan februari.yang saya tanya kan sekarang sudah 2011 yaitu tahun ke 5 jamsostek saya, apa saya bisa mencairkan uang jamsostek saya sekarang?trimakasih

  359. budi santoso
    Februari 9, 2011 pukul 6:15 am

    kalo mo cliam, tapi tanggal di kartu jamsostek salah, beda dengan yang ada di KTP bs ga ya?

  360. rajiman parasian
    Februari 11, 2011 pukul 3:44 pm

    saya kerja 2 tahun, dari september 2005 sampai agustus 2007 dan terdaftar sebagai peserta jamsostek, tetapi kartu jamsostek saya ter sebut kini hilang. dan saya ingin mencairkannya. yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa mencairkan uang jamsostek saya tersebut dan bagaimana caranya?

  361. Eny Kusumawati
    Februari 12, 2011 pukul 2:12 am

    Thn. 1991 – 1994 Saya bekerja di suatu perusahaan kemudian sy pindah ke perusahaan lain dari th. 1994 smp sekarang. No. peserta jamsostek, saya teruskan dari perusahaan yang lama ke perusahaan yg sekarang bekerja (no. peserta tidak berubah) dan yg berubah hanya no. (kode JJXXXXXX). Kemudian pada beberapa thn terakhir sy terima saldo perhitungan jamsostek dari perusahaan sy skrg, tp itu di mulai dari th. 1994 dan tdk di mulai dari th.1991(pada saat sy bekerja di perusahaan lama saya tidak pernah menerima rincian perhitunggan saldo). Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah saldo jamsostek saya dari th. 1991 – 1994 itu msh ada/hilang?
    2. Dan kalo memang msh ada apakah bisa dicairkan atau tidak?
    Terima kasih

  362. andripujiono
    Februari 16, 2011 pukul 2:00 pm

    assalamualaikum wr wb..
    sy prnah bekerja d prusahaan asing slama 2 thn (1997-1999)& sy mngikuti program jamsostek & mndapatkan krtu kpersertaan,
    stlah 2 thun bekerja sy mndapat musibah(sy sadari akibt kcrobohan sy),pd akhrnya trjadilah pemutusan hub krja pd sy,
    stelah PHK sy mncari krtu kpersertaan sy hilang,stiap sy pnya wktu slalu mncoba mnanyakan DPT D CAIRKAN KAH JIKA KARTU ASLINYA HILANG?tp sy pnya parklaring dr perusahaan trsbut.
    sy jg pernah mnanyakan k peerusahaan trsbut,tp mrka slalu mnjawab brhub stuktur krja sdah brubah jd mungkin agak ribet untuk mncari no KPJ sy pd prusahaan itu.
    hingga saat ni sy hnya bisa pasrah & berharap akan adanya k ajaiban..
    sy brandai2 jika dana JHT sy bisa d ambil sy akan gunakan untuk membli kasur(mnggigat kasur sy sudh pd bolong),
    sy brharap dr bapak/ibu dpt membrikan solusi untuk sy..
    dmn dr thun 1997-2011(14thun) cukup lumayn lama wktunya sy brharap & berandai2..
    mksh..
    wasallamuallaikum wr wb

  363. duy
    Februari 19, 2011 pukul 3:19 am

    pagi.. mau tanya dong, skrng sudah keluar kerja dari perusahaan lama dan sudah 6 tahun saya bekerja di tempat lama yang berarti sudah cukup 5 tahun kepersertaan saya di jamsostek. dan saya mendapat kepersertaan jamsostek baru di tempat kerja baru.
    saya ingin mencairkan jamsostek saya di tempat kerja saya yang lama.tapi kartu asli di tahan di bank karena masih ada cicilan. apakah bisa di cairkan mengingat pembayaran di bank sendiri sudah auto grab dan uang di jamsostek ingin saya pergunakan.
    trim’s

  364. denden
    Februari 19, 2011 pukul 3:33 pm

    bos bagaimana kalau saya pindah tempat tinggal, apakah saya harus mengunakan KTP yang baru dan kartu keluarga yang baru atau menggunakan KTP dan KK yang lama?

  365. denden
    Februari 19, 2011 pukul 3:36 pm

    eh lupa kalau salah nama? di KTP Denden Fajar B tetapi di tulis di kartu jamsostek Denden Fajar G, jadinya gimana tuh?
    Thanks….

  366. fefen
    Februari 21, 2011 pukul 7:48 pm

    klo boleh tau,,berapa besar dana JHT yang saya peroleh setelah saya bekerja selama 2 tahun ?

  367. eky
    Februari 26, 2011 pukul 1:59 am

    sebelum 5 taun jamsostek bisa di ambil???????????
    bener ga seh?
    kebetulan saya kena phk baru 4 taun kurang

  368. yuni
    Maret 2, 2011 pukul 2:36 pm

    Kalo tempat tinggal sekarang beda dengan tempat JHT nya,harus buat domisili dari RT,aduh ribet jg ya…padahalkan sudah jelas ada nama,kartu jamsostek,dan surat keterangan kerjanya.
    Emangnya gak bisa tanpa surat keterangan domisilinya?kan harus ngurus2nya lg…

  369. Sahat P. Simamora
    Maret 7, 2011 pukul 8:36 am

    Masalah Saldo JHT tahun 2010.

    Bapak/ Ibu petugas PT. Jamsostek, Kenapa yah untuk Saldo JHT tahun 2010 ini hanya di cetak mulai januari 2010 samapai dengan desember 2010, bagaimana dong dengan Saldo JHT dari tahun-tahun sebelumnya (tidak ada penggabungan ) ????????????

  370. Donni
    Maret 8, 2011 pukul 11:56 am

    KPJ saya nyambung dari perusahaan lama ke baru.
    Kira-kira bisa ga ya saldo yang dari perusahaan lama diambil ? lagi BU :)
    Ikutan sudah > 5 th.
    Kalau ga boleh, nyesel juga disambungin hehehe…

  371. febri
    Maret 9, 2011 pukul 5:02 am

    Siang, kalau saya mau mencairkan jamsostek saya bagaimana dengan kondisi begini:
    saya mempunyai 3 kartu jamsostek, berhubung yang aktif 1 (tempat kerja sekarang), yang 2 saya mau saya cairkan, kira-kira apa cukup membawa potocopy/asli KTP Dan potocopy/asli kartu jamsostek saja? Mengingat saya kurang tahu PT sebelumnya yang mana, yang membuatkan jamsostek saya tersebut. Bisa tidak tanpa keterangan kerja, dengan hanya menunjukkan 1 kartu jamsostek aktif sekarang saja, untuk bisa mencairkan 2 kartu jamsostek yang sudah tidak aktif. terima kasih

  372. Nia
    Maret 10, 2011 pukul 3:22 am

    Saya baru saja resign dari perusahaan tempat saya bekerja pada 28 Februari 2011 dan saya sudah terdaftar sebagai member JAMSOSTEK sejak Maret 2005, berarti masa keanggotaan saya sudah hampir 7 tahun. Apabila saya ingin mencairkan dana Jamsostek, apakah saya harus menunggu 6 bulan setelah saya resign atau saya bisa cairkan kapanpun sebelum 6 bulan???
    Mohon infonya. Thx.

  373. ana maria
    Maret 15, 2011 pukul 4:59 am

    kurang lebih 5 tahun lalau saya ikut kepesertaan jamsostek di kantor saya, lalu proyek selesai dan kantor kami sudah tutup. apakah saya bisa tahu saldo saya dan dapat diambil, jika kartu jamsostek saya hilang hanya ada no kepesertaan saja yang saya catat, surat keterangan dari kantor sebelumnya juga hilang…mungkin tidak ya? danbagaimana caranya?

  374. Gatot
    Maret 16, 2011 pukul 7:57 am

    Saya sudah pernah ambil saldo jamsostek di ketika saya resign dari perusahaan yang lama…trus kalo saya mau ambil saldo saya dari perusahaan yang baru ( saya sudah resign kepersertaan 1 tahun ) apakah juga harus nunggu 5 tahun ?

    Mohon informasinya …

  375. ridho
    Maret 26, 2011 pukul 2:29 am

    saya bekerja di sebuah perusahaan yang telah berganti management,lalu management baru secara sepihak mengganti kpj kami yg lama dengan yang baru.yang ingin saya tanyakan bagaimana hukumnya jika mempunyai kpj ganda dengan identitas sama dgn masa blum 5 thn,apakah nanti keduanya bisa dicairkan.terima kasih..

  376. Maret 30, 2011 pukul 6:44 am

    siang mbk..
    Mhn penjlsn mbk,slm kenal mbak..
    Sy yuli prnah bkerja di pt.indofood palembang sejak desember 2006 dan sejak itu pula sy trdaftar dijamsostek.dan sy tlh tdk bkrja lg sejak des 2008,yg ingin sy tnyakan,bgaimana tentang saldo sy?apakah sdh bs diambil skrg/tdk..?klau blm,kapan ya mbak sdh bs diambil.dan apabila blm bs,apakah ada ktenggangan dr jamsostek agar sy bs ambil sblm wktny ckp,krna sy butuh dana itu.djwb ya mbk..trims byk mbk..

  377. indra aristianto
    Maret 31, 2011 pukul 3:50 am

    pa mau tanya…dulu saya punya jamsostek sewaktu kerja di batam (94-95) hampir 2 thn…terus kartunya hilang lupa nomernya…untuk mendapatkan nomernya dan mengecek saldonya masih bisa gak ya…sekarang sy sudah bekeja di bekasi…terima kasih….(indra)

  378. April 4, 2011 pukul 4:06 pm

    mas saya kerja di jamsostek kok tidak menerima klaim ya???kok cuma layanan kesehatan ya????terus yang saya susahi itu masuk kerjanya itu kok tidak di beri sif/pergantian ya??jam 8 pagi sampek jam 12 lalu jam 4 sampek jam 7 malam,,,mbok ya langsung aja jam 8 pagi sampak jam 3 sore,,,memang jamsostek itu swasta apa milik negara sih BUMN???kok dikantor saya cuma kayak suwasta aja,,kok cuma biasa aja,,,dan bayaranya gak ditentukan???gimana ini???

  379. atik
    April 12, 2011 pukul 2:45 am

    mbak,kalau surat keterangan berhenti kerja ga ada/hilang gimana tuh?sementara perusahaan tempat kerja dlu sudah tutup’bisa diambil ga ya?thx

    @atik:
    ada id card perusahaan ga? pokoknya yg bisa ngebuktiin kalo sist pernah kerja di PT itu. Slip gaji juga bisa, kan ada tercantum tuh nama PT nya.
    thx kembali:)

  380. Junita
    April 13, 2011 pukul 7:41 am

    mba, saya dulu ikut jamsostek di jkt skrg tinggal di riau

    1. bisa ngga saya ambil dana jamsostek saya di riau (pekan baru)
    2. nama di kpj saya tidak lengkap seperti nama di ktp atau kartu keluarga

    tolong jawabananya, terimakasih

    @Junita:
    1. Bisa, kan Jamsostek sudah online.
    2. Yang penting ada bukti2 lengkap bahwa Junita yg di KPJ itu orangnya ya cuma satu, seperti Junita yg di KTP / KK & kartu2 yg lain. Intinya biar ga terjadi kesalahan sist:)

    Semoga membantu ya….
    Trims kembali..

  381. nova
    April 17, 2011 pukul 8:13 am

    mu tanya nih bang,,, saya pernah kerja sekitar 2 tahun lalu keluar nah sekarang udah 4 tahun saya nganggur apa bisa di ambil jamsostek saya baru 4 tahun.. trus saldo saya nambahin ga ya heheheh ngarep :) 1 lagi saya kerja di bandung dulu apa bisa di urus di daerah Jakarta. makasih ya..

  382. Sari Dewi
    April 28, 2011 pukul 3:37 am

    Ass….
    Sari Dewi, S. Sos
    NPP/Divisi RR001303/000
    KPJ/Kep Awal 07R00127411/08/-2007
    Waktu th. 2007 saya bekerja di Kopkar Pedami (koperasi Karyawan)
    Thn. 2008 Saldo terakhir Rp. 847.525,03
    Thn. 2009 Saldo terakhir Rp. 1. 942.026,28
    Thn. 2010 saya lulus test masuk PDAM pada bulan Mei 2010
    Saldo terakhir Rp. 806.971,31

    Yang ingin saya tanyakan :
    Apakah boleh di ambil karena saya pindah perusahaan walaupun belum 5 tahun menjadi peserta?
    Mengapa saldo terakhir saya berkurang? Kan harus nya nyambung?
    atau bagaimana cara mengetahui cara-cara nya…
    terima kasih atas infonya.
    Wslm

    @Sari Dewi:
    – musti tunggu 5 tahun dari tgl masuk Kepesertaan awal (2007)
    – thn 2010 anda kan lulus tes masuk PDAM, jadi mungkin kepesertaan anda di Kopkar Pedami distop, jadi saldo hanya sampai bulan April/Mei, makanya berkurang. Nah apakah anda mendapat nomer KPJ baru di PDAM? jika iya, berarti tidak nyambung, anda punya 2 nomer KPJ. Ini tidak menjadi masalah.
    terima kasih kembali

  383. maria
    April 30, 2011 pukul 2:30 pm

    saya pernah kerja selama 3 tahun kurang, apakah bisa dicairkan jamsostek saya? kata perusahaan bisa diambil pada tahun 2007, dan prosesnya bagaimana?

    terima kasih

  384. yeni
    Mei 6, 2011 pukul 6:09 am

    saya bekerja di perusahaan tgl 5-9-2005 berhenti tgl 28-3-2011 , saya mau mencairkan JHT saya, ternyata pihak karyawan jamsosteknya bilang pihak kantor lama saya harus merubah bulannya menjadi 28-02-2011 kenapademikian padahal saya bekerja sudah lebih dari 5 thn , mohon penjelasannya agar saya tdk bolak balik ke kanror lama saya lagi.

  385. yeni
    Mei 6, 2011 pukul 6:23 am

    saya bekerja di perusahaan tgl 5-9-2005 berhenti tgl 28-3-2011 , saya mau mencairkan JHT saya, ternyata pihak karyawan jamsosteknya bilang pihak kantor lama saya harus merubah bulannya menjadi 28-02-2011 kenapademikian padahal saya bekerja sudah lebih dari 5 thn , mohon penjelasannya agar saya tdk bolak balik ke kanror lama saya lagi.

    maria :
    bb

  386. Mei 7, 2011 pukul 3:28 pm

    saya punya tiga kartu jamsostek,kartu yg pertama tahun 2003 nerarti sdh 7 tahun lebih,kartu yg kedua dan yg ketiga saya mau ikutkan agar di cairkan,tapi kartu yg ketiga berakhir tahun ini,masa tunggunya belum 5 bulan,pertanyaanny apakah bisa sigairkan seamua kartu ini senagan mengikutkan ke kartu yg pertama ???? makasi atas jawabannya…

  387. Mei 7, 2011 pukul 3:31 pm

    saya punya tiga kartu jamsostek,kartu yg pertama tahun 2003 berarti sdh 7 tahun lebih,kartu yg kedua dan yg ketiga saya mau ikutkan agar di cairkan,tapi kartu yg ketiga berakhir tahun ini,masa tunggunya belum 5 bulan,pertanyaannya apakah bisa dicairkan seamua kartu ini dengan mengikutkan ke kartu yg pertama ???? makasi atas jawabannya…

  388. ari
    Mei 9, 2011 pukul 4:31 am

    Hari senin yg lalu saya ke jamsostek kelapa gading jakarta utara antri urutan pertama dipanggil baru jam 9 pagi padahal biasanya jam kantor 8.30 karyawannya telat. Syarat2nya semua lengkap lalu di panggil ditanya tinggal dimana saya jawab jakarta selatan oh gak bisa harus ada keterangan pengantar dari RT .katanya jamsostek bisa diambil dimana saja ternyata cuma bohong……arrrghhh/.

  389. Mei 12, 2011 pukul 3:23 pm

    saya sudah brhenti dari tempat kerja saya kurang lebih pada bulan mei 2011 dan saya sudah bekerja selama 3 tahun,yang perlu saya tanyakan apakah bisa saya cairkan jmsostek saya sekarang setelah keluar apa saya harus menunggu setelah 5 tahun kemudian dr saya bekerja….mohon balasannya????terimakasih

  390. yosi
    Mei 13, 2011 pukul 4:39 am

    saya mau tanya,, saya mau mencairkan JHT saya,, padahal surat keterangan berhenti nya tidak ada soalnya saya tidak menghabiskan masa kontrak di karenakan saya sakitnya lama,, jd saya tidak masuk lg kerja.. yang saya tanyakan apakah saya bisa mencairkan JHT saya… Terimakasih……….

  391. irna
    Mei 19, 2011 pukul 3:14 am

    mba saya mau tanya apakah pencairan dana JHT boleh pakai Copy paklaring, sedangkan KTP ( asli ), KK ( Asli ), dan kartu Jamsostek ( Asli )

  392. endah
    Mei 23, 2011 pukul 2:55 am

    saya mau tanya saya bekerja di perusahaan sunparking sudah satu tahun.sekarang peruahaannya gulung tikar,tetapi kartu jamsostek saya belum di kasih dan tiap bulannya saya di potong untuk jamsostek,ketika saya ke kantor jamsostek ternyata ketika di cek tidak ada dan saya harus keperusaan dan perusaan nya sudah gulung tikar.

  393. Mei 23, 2011 pukul 4:38 am

    Ass Mrww. slmat siang,buk/Bapak , sy mananyakan apakah ada hak JHT kita dlm perusaahn dimana kita bekerja saat kita di berhentikan dgn tdk hormat karna ada suatu masalah intern sedangkan kita bekerja sudah 20 tahun tp JHT kita ditahan di perusaan tersebut

  394. ijali
    Mei 24, 2011 pukul 3:10 am

    Dear All,

    Saya mau tanya, saya pernah mendengar kabar dari teman saya (ntah kabar burung atau bukan) jika masa kepesertaan belum memenuhi 5 tahun, tetapi kita sudah tidak bekerja lagi di perusahaan A, katanya dana JHT bisa dicairkan.. Mohon konfirmasinya.

    Terima kasih.

  395. yohanes batista
    Mei 28, 2011 pukul 6:22 am

    Saya peserta Jamsostek dari Purwakarta dan sudah berhenti dari Perusahaan saya bekerja pada Tahun 2002 sampai saat ini Jamsostek belom dikelaim untuk diuangkan apakah masih bisa diurus.

  396. nungki
    Juni 9, 2011 pukul 4:08 am

    klo mau cek saldo ke cabang jamsosteknya caranya gmn mbak??atau apa aja yg harus di bawa??? thx a lot

  397. vie
    Juni 17, 2011 pukul 4:27 am

    saya ingin mengmbil dana jamsostek tapi baru 3thn dah dapat dicairkan belum y

  398. mtc
    Juni 23, 2011 pukul 3:24 am

    @nungki, silahkan daftar di website jamsostek di http://www.jamsostek.co.id. Di situ tinggal masukkan nama dan nomor kepesertaan. Setelah selesai nanti bisa cek saldo. Berapapun kartu jamsostek yg kita punya bisa dicek di sana, tentunya dengan user name yang beda2.. smoga membantu.

  399. radell
    Juni 25, 2011 pukul 9:35 am

    aku mo tanya donk..

    Emangnya sampe skrg syarat bwt cairin JHT hrs tunggu 5thn ya ?? Soalnya aku bingung, ada yg bilang peraturan baru skrg ga harus 5 thn, mana yg benar ?

    Kebetulan aku kmaren abis kecelakaan, kaki kiri aku patah, dan ud hmpir stahun ga bisa kerja lagi, kira2 bisa dicairin ga ya ? Aku msk jamsostek okt’2006.. Makasih sblmnya ?

  400. Jonny
    Juni 27, 2011 pukul 9:13 am

    Mohon informasinya, saya mau mengambil JHT, semua persyaratan sudah terpenuhi terpenuhi termasuk masa kepesertaan 5 tahun dan 6 bulan, tetapi saya mendapat informasi bahwa perusahaan dulu tempat saya berkerja belum membayar iuran 2 bulan. Pertanyaannya, dapatkan saya mencairkan dana JHT saya?
    Terima Kasih.

  401. andi rendova
    Juli 5, 2011 pukul 8:07 am

    mohon infonya saya mau mencairkan jamsostek tp permaslahan nya kartu jamsostek nya hilang dan saya sudah membuat surat kehilangan dari kepolisian, selain itu 2 dari 3 surat keterangan kerja saya juga sudah hilang, dan 1 dari 3 perusahaan tempat saya pernah bekerja sudah bangkrut dan lokasinya di luar pulau jawa.

    pertanyaan saya : bagaimana caranya supaya saya bisa mencairkan jamsostek saya secara utuh????

    makasih

  402. Agam
    Juli 7, 2011 pukul 3:37 am

    Kakak saya tgl 6/7/11 mengurus jaminan hari tua di menara Jamsostek..a/n suaminya yg telah meninggal…dari kartu 1 tertera tahun kepersertaan 2004 kemudian melanjutkan keperusahaan lain dengan nomor kepesertaan yg sama hingga 2010 dan 2011 meninggal dunia alangkah anehnya dana yg tersimpan dari hasil data yg diberikan pihak Jamsostek hanya Rp.900,000 dgn masa kepersertaan 2010, yg menjadi pertanyaan saya kemana larinya dana sejak 2004 hingga 2009 dan bagaimana cara menelusuri hilangnya dana tsb…

  403. Ade
    Juli 7, 2011 pukul 5:38 am

    mo ty ni kan saya krj diperusahaan a selama 4 bulan dan sdh mnjdi psrta jamsostek trus hbs itu hbs kontrak…trus saya masuk lagi keperusahaan itu selama 1 tahun dan juga mnjadi peserta jamsostek….intinya saya mempunyai 2 kartu jamsostek
    trus kalo sekarang mau nyairin itu bisa g????????????

  404. Agung Mulatno
    Juli 19, 2011 pukul 12:59 am

    untuk hari sabtu apakah kantor jamsostek tetap melayani peserta JHT? ataukah libur? tks

  405. Juli 24, 2011 pukul 10:29 am

    Mau tanya nih:

    Bagaimana kalau kartu asli hilang? Tapi saya masih ada kertas saldonya. Dan saya sudah resign dari perusahaan. Apakah masih bisa mencairkan dana JHT?

    Terimakasih

  406. sisin
    Juli 26, 2011 pukul 10:07 pm

    mo tanya ne ak ud resign dr perusahaan t4 ak krja ud 2th masa kerja ak dl 3 th(skrg dh g krj lg) tp smpai skrg blm ak cairkan dana jamsostek…apakh bisa di cairkan itu dan apakah syratnya sm aj?

  407. alfin
    Juli 29, 2011 pukul 11:11 am

    mo tnya nh sya bkerja mulai agustus 2007 smpai februari 2011 kira2 kpn jamsostek sya sudah cair ?

  408. hery sumarno
    Agustus 3, 2011 pukul 12:09 am

    Saya pernah bekerja di perusahaan yg bergerak di bidang jasa pd thn 2007 n saya berhenti dithun 2oo8. saya berhenti tdk melapor ke perusahaan yg tempat saya bekerja. seharusnya jamsostek saya cair pd thn 2012. apakah saya dpt mencairkan jamsostek saya?????????

  409. Meilin Kesumawaty
    Agustus 10, 2011 pukul 2:56 am

    saya bekerja di perusahaan bln sept 2006 dan sejak dr agustus 2008 sudah tdk bekerja lg sampai sekarang, apakah bs saya mencairkan jamsostek saya? satu lg pak, kartu jamsostek saya hilang, yg ada hanya laporan tahunan jamsostek saja, apa bs digunakan untuk mencairkan dananya? Mohon penjelasannya..terima kasih

    • Ocha
      September 20, 2011 pukul 10:47 am

      untuk mba toetot, maaf ya kalo nyelonong…..hehehe =D
      cuma share aja nih mba meilin, kalo kartu nya hilang tinggal bikin aja surat kehilangan dari kepolisian dgn disertai no kartu jamsostek yg tentunya tertera di laporan tahunan yg ada di mba meilin yg penting berkas pendukung yg lain lengkap semua ( KK, KTP, IJASAH, PAKLARING, AKTE LAHIR ), tidak hanya lengkap tapi juga harus senada seirama antara data yg satu dan yg lain yg punya bukti kuat bahwa memang kitalah yg empunya hak dari saldo jamsostek yg ada. gitu lohh. semoga membantu ya mba.

      @Ocha:
      no problemo, malah aku makasih ya say dah mbantuin jawab:)
      soalnya biasanya pertanyaannya udah ada jawabannya…

      • Ocha
        September 20, 2011 pukul 10:54 am

        oh ya satu lg mba meilin, untuk mengambil uangnya harus tunggu kepesertaan jamsostek anda sampai 5 tahun dan 1 bulan, tapi itu dah deket kok sekitar 9 november 2011. untuk lebih pastinya koordinasi aja di cabang jamsostek terdekat.
        =D

  410. sulistya
    Agustus 12, 2011 pukul 4:21 am

    saya mau tanya donk..
    kemarin tgl 10 agustus 2011 saya ke jamsostek Pluit untuk ngambil jht, eh udah ditunggu dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang, ternyata jht saya ga bs dicairkan. kt orang jamsosteknya, saya kebanyakan rawat inap, jd banyak yang nyangkut. padahal kalau saya pikir dari tahun 2005 sampai 2011 rawat inap 5x, wajar. lagipula pas saya rawat inap saya sudah dapat surat jaminan, berarti saya sdh di tanggung donk..
    emank pengambilan jht ada hubungannya dengan jpk yach? dan sekarang saya disuruh tunggu sampai dari pihak jamsostek pluit menghubungi saya.
    bagaimana caranya supaya saya bs mencairkan uang jht tsb? Thx

  411. hanz
    Agustus 14, 2011 pukul 4:29 pm

    jika saya ingin mengambil saldo saya tapi blm sampai 5 tahun karena keperluan..dan saya tidak bekerja lagi di perusahaan tempat saya bekerja apakah bisa di ambil?

    • wawan
      Agustus 29, 2011 pukul 5:21 pm

      hanz :
      jika saya ingin mengambil saldo saya tapi blm sampai 5 tahun karena keperluan..dan saya tidak bekerja lagi di perusahaan tempat saya bekerja apakah bisa di ambil?

  412. wawan
    Agustus 29, 2011 pukul 5:12 pm

    bisa ga saya nyairin jamsostek saya.karena saya sudah ga kerja lagi,alias habis kontrak.masa kerja saya 1 tahun,dari th 2009 ampe 2010.

    bales ya pak

  413. iin
    September 5, 2011 pukul 8:33 am

    mba toetoet,saya mw menanyakan,sy terdaftar di kartu jamsostek bln mei 2005,,dan sy sdh berhenti bekerja tgl 24 agustus 2011..jika dgn masa tunggu 1 bln,kira2 kpn sy bisa mencairkan jht?mohon jawabannya..trima kasih

  414. Yeka
    September 5, 2011 pukul 12:13 pm

    Jamsostek masih berlaku apa tidak pada masaa kerja tahun 1980-1985?

  415. iin
    September 5, 2011 pukul 12:57 pm

    maaf saya ingin meralat kalo kepesertaan jamsostek sy dari bulan mei 2006..bukan 2005..
    thx be4.

  416. iin
    September 7, 2011 pukul 3:05 am

    mau tanya,saya kan berhenti dari kantor tgl 24 agustus 2011,,dan saya terdaftar di jamsostek bulan mei 2006,jika dengan masa tunggu 1 bulan..kpn saya bisa mencairkan jht tersebut…mohon dijawab,,,terima kasih.

  417. Ocha
    September 20, 2011 pukul 11:06 am

    Dear mba toetoet,
    lagi kemana mba…..kok ga nongol2
    fans nya dah banyak tuhhhh

    salam kenal
    Ocha

    *___*

    @Ocha:
    *blup* *blup* keluar dari air
    abis “nyelem” cha:D
    makasih banget ya dah bantuin jawab.. haha
    salam kenal juga

  418. kusuma
    September 26, 2011 pukul 4:06 am

    mohon bantuan infonya…saya baru dpt kbr dr kntr lama saya bwha jamsostek sy sudah bisa dicairkan.yg mo tanyakan mang skrng bisa yah tnpa hrs nunggu 6 bulan..krn sy berhenti dr kntr lm itu bar bulan juli yg lalu,,mohon infonya

  419. angga
    September 27, 2011 pukul 5:47 pm

    maaf saya mau tanya waktu itu saya bekerja hanya 1 tahun dan saya mengikuti jamsostek saya berhenti kerja di tahun 2007 apakah di tahun ini bisa saya cairkan dananya sebelumnya terima kasih besar harapan saya untuk di bales..

  420. angga
    September 27, 2011 pukul 5:56 pm

    maaf mba saya ikut serta jamsostek tahun 2007 agustus..apakah tahun ini bisa saya cairkan..

    @Angga:
    2007 + 5 = 2012 baru bisa cair

  421. rai
    Oktober 3, 2011 pukul 5:43 pm

    apa sih perbedaan JPK dan JHT apakah JPK itu sudah termasuk dalam JHT karna saya hanya dapat kartu pemeliharaan kesehatan saja…mohon di jelas kan

  422. widya
    Oktober 4, 2011 pukul 10:02 am

    dear Mbak toetoet saya mau share thn 2006 saya menjadi anggota berhenti tahun 2008 apakah sudah bisa diambil tetapi masaahnya kartu saya hilang tetapi saya masih punya kartu jpknya dan masih ada nonya bagaimana caranya?bisa dibantu gak

  423. Oktober 15, 2011 pukul 12:00 am

    dh
    pt jamsostek
    bpk/ibu saya mau tanya kartu jamsostek saya hilang yang asli tapi yg fotocopy msh ada apa harus pakai surat keterangan dari kepolisian juga untuk buat kartu peserta jamsostek yang baru
    thanks

    @Kardianto Ari Nugroho:
    iya pak, kan lapor hilang:)
    thx kembali

  424. aby
    November 4, 2011 pukul 3:45 am

    saya peserta jamsostek untuk bisa mengetahui soaldo gimana … dan per 01/08/2011 keluar dari perusahaan kapan saya bisa mencairkan dana dan apa saja hak saya

  425. November 11, 2011 pukul 1:39 pm

    saya ada 2 pertanyaan:
    1.domisili saya sekarang sudah pindah lain kecamatan sedang alamat jamsostek yg terdaftar masih alamat yg lama.untuk pengambilan JHT apa ada kesulitankah?apa ada persyatan tambahan?
    2., dengar2 JHT akan dibagikan ke seluruh peserta jamsostek?apa benar isu tsb.
    mohon pencerahan.trima kasih

  426. sry
    November 19, 2011 pukul 4:42 am

    saya bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang boga sejak tahun 2005, tapi terdaftar sebagai anggota jamsostek mulai tahun 2006, dan pada pertengahan november 2011saya sudah berhenti dari perusahaan tempat saya bekerja, yang saya ingin tanyakan adalah kapan jamsostek saya sudah bisa di cairkan, dan bagaimana cara mencairkannya, sedangkan selama saya bekerja saya tidak pernah menerima laporan tahunan jumlah saldo saya.
    Thank’s ya

  427. rudi
    November 22, 2011 pukul 2:11 pm

    halo2 mba….

    saya mau tanya..
    saya jd peserta jamsostek dari tahun 2006.sebelum saya keluar dari perusahaan yang lama tidak dikasih kartu jamsostek.
    hanya di kasih print out saldo akhir dari jamsostek.di print out trsebut ada nama dan nomor KPJ.kemudian saya cek saldo via online.hasilnya cocok dengan saldo akhir.

    # Apakah saya harus buat kartu jamsostek dulu baru bisa dicairkan..??
    #Proses buat kartu jamsostek bisa dilakukan sendiri ga atau minta ke perusahaan yang lama..??

    mohon infonya….

    thanks & best regards

  428. ericbernardi
    November 23, 2011 pukul 2:45 am

    Saya peserta jamsostek 10/07. berhenti kerja 11/11.. baru 4 tahun saya jadi peserta jamsostek. Kapan JTH saya bisa dicairkan ? dan apa saja syarat-syarat yang di butuhkan ?
    thx before..

  429. torry
    November 28, 2011 pukul 2:35 am

    Salam kenal…
    Saya mau tanya sehubungan UU No. 3 Thn 1992 Pasal 18 ayat (4), apakah pekerja dapat menuntut kekurangan pembayaran JHT kepada perusahaan yg tidak melaporkan upah sebenarnya, karena dalam pasal ini jelas sekali..mohon pencerahan dan jawaban yang mudah dimengerti

  430. takeshi
    November 29, 2011 pukul 3:55 pm

    salam kenal mba noe, saya lihat di slip gaji saya hitungan 2% potongan dri karyawan itu melebihi, malah nyampe 5,7%, jadi 3,7% itu apakah akan kembali ke karyawan??

  431. Bambang Herawansyah
    Desember 3, 2011 pukul 8:47 am

    Mohon Jawaban : saya bekerja di sebuah perusahan selama 8 tahun, pada tahun ke 5 saya bekerja saya tanya ke bagian HRD mana kartu Jamsosotek saya, jawabannya sudah ada yg ngambil” tapi tidak tau siapa ” pada tahun 2008 saya keluar dari perusahan tsb, tapi kartu jamsostek saya tidak dapat sampai sekarang, jadi sampai saat ini saya tidak tahu apakah saya terdaftar sebagai peserta jamsostek atau tidak, yang mau saya tanyakan bagaimana agar kita tahu bahwa kita diikutsertakan atau tidk dlm program jamsostek.
    mohon petunjuk, terima kasih.

  432. David Wijaya
    Desember 12, 2011 pukul 3:08 am

    saya ikut anggota jamsostek dari april 2007,sekarang masih aktif kerja,tapi rencana nya desember 2011 ini saya mau resign?jadi bulan apa ya kira” saya bisa mencairkan dana jamsostek?

  433. hermawan
    Desember 12, 2011 pukul 9:26 am

    saya bekerja diperusahaan A dan mempunyai kartu jamsostek yang terdaftar pada agustus 2006. pada bulan desember 2010. saya dipindah tugaskan ke cabang lain dengan perusahaan yang masih satu grup dengan perusahaan A. pada cabang yang baru ini. saya dibuakan kartu jamsostek baru terdaftar pada bulan februari 2011.
    – bisa kah saya mencairkan saldo jamsostek saya untuk kartu yang pertama yang terdaftar agustus 2006, karena saya sudah didaftarkan kartu baru.
    terima kasih

  434. Desember 16, 2011 pukul 2:12 pm

    saya berkerja di PT. Truba Jaya Engineering yang tiap periodenya pindah pindah…yang diantaranya PLTU 2 Labuan Banten, PLTU tanjung jati B Jepara Jateng dan sekarang Di PLTU 2 Palabuan ratu jabar.saya ada masalah pada saat itu kehilangan dompet dan pada saat itu jga kartu jamsosteknya ada di dalam dompet yang hilang….saya konfirmasi ke jamsostek tempat saya tinggal di Kota Tasikmalaya tidak bisa untuk penerbitan kartu tersebut…saya harus bagaimana!!!pernah di daftarkan ke jamsostek on line tp lupa lagi password nya…saya minta tolong bantuannya…kartu yang bermasalah yang di PLTU Tanjung jati B jepara Jateng. terimalasih sebelumnya

  435. priyosanyotp
    Desember 21, 2011 pukul 9:47 am

    saya bekerja di PT.X dan PT.tersebut mau merger ke PT.Y jadi kondisinya adalah karyawan masih bekerja di PT.Y Pertanyaanya adalah Jamsostek saya apakah bisa saya ambil mengingat PT.X Tersebut sudah bubar demi hukum.Trims ya..

  436. Umay
    Desember 27, 2011 pukul 5:15 am

    pas daftar masih ktp daerah..sekarang sudah pindah ke jakarta utara dengan keluarga baru (belum punya KK, maklum masih baru ber RT).. apa bisa pake ktp jakarta utara and surat nikah. trus katanya sekarang gak perlu lagi 5 tahun 6 bulan.. 5 tahun aja udah bisa..

    mohon infonya…

  437. Maya
    Desember 28, 2011 pukul 5:24 pm

    saya kan bekerja di sebuah perusahaan, diprusahaan saya menggunakan sistem outsorshing, setelah 2tahun saya di yayasan kmudian pindah kontrak PT, nah kartu jamsostek saya melanjutkan dari yayasan ke kontrak PT, pertanyaan saya apa nanati akan jadi sulit dalam pengurusannya, dan apa akan di bedaan antara yayasan dengan kontrak PT?

  438. yudi yanto
    Januari 1, 2012 pukul 11:30 am

    saya bekerja diperusahaan A dan mempunyai kartu jamsostek yang terdaftar pada februari 2005. pada bulan 28 januari 2009. saya dipindah tugaskan ke cabang lain dengan perusahaan yang masih satu grup dengan perusahaan A. pada cabang yang baru ini. saya dibuakan kartu jamsostek baru terdaftar pada bulan januari 2011.
    – bisa kah saya mencairkan saldo jamsostek saya untuk kartu yang pertama yang terdaftar februari 2005,pada bulan apa saya bisa mengambil saldo saya jika saya keluar dari perusahaan A tersebut pada bulan november 2011.mohon minta tolong bantuannya,berhubung saya sangat membutuhkan dana tersebut..
    terima kasih

  439. ARIE KURNIAWAN
    Januari 10, 2012 pukul 6:13 am

    Ass. sy mau tanya ttng pencairan JHT.Saya menjadi peserta selama 2th dan masa kontrak krja saya selama 2th tlah selesai.Apakah saya bisa langsung mencairkan dana JHT saya dan apa saja persyaratan nya sedangkan kontrak kerja telah berakhir sekitar 1bln.Mohon info nya……

  440. TASYA
    Januari 19, 2012 pukul 7:55 am

    Saya: Tasya.. ingin tanya. Th 2008 saya punya kartu jamsostek. sudah 3 tahun lebih saya bekerja. tetapi akhir tahun 2011 dijambret oleh 2 sekawanan penjambret yang mengambil tas saya dengan menggunakan 2 golok & clurit. di dalam tas tersebut kehilangan byk hal termasuk kartu jamsostek. 12 januari 2012 saya resign dari kantor yang tidak beritikad untuk membantu pengurusan kartu jamsostek saya tersebut. Setelah agak memaksa, akhirnya mendapatkan surat keterangan kerja, namun tetap tidak mendapatkan pengurusan kartu jamsostek. tetapi saya sudah mengurus surat kehilangan ke KEPOLISIAN, KTP ASLI, NPWP, ATM.
    Saya pun sudah telpon ke jamsostek pusat bahwa saya disuruh untuk mengurus ke cabang yang disarankan. saya langsung ke sana. tetapi sesampainya di sana saya disarankan untuk ke kantor cabang jl. R.A. Kartini.. & mengisi form yang diharuskan mendapat tanda tangan direktur / HRD kantor terakhir saya bekerja. Lhooo..???
    Padahal saya hanya ingin meminta kartu jamsostek saya dicetak ulang.. bukan untuk dicairkan.. Mohon infonya segera.. Trm ksh..

  441. husnawan
    Januari 19, 2012 pukul 3:51 pm

    jika ada perbedaan tahun kelahiran pada KTP yg di miliki sekarang dengan yg ada pada data jamsostek,apakah nanti akan di persulit jika saya mencairkan dana JHT saya nanti?jika ya, apa yg harus saya lakukan?mohon jawaban nya ke Email saya….tanks…….

  442. eckwan
    Januari 29, 2012 pukul 12:31 pm

    saya minta penjelasan donk saya punya 2 kartu jamsostek di 2 perusahaan yang berbeda
    kartu 1=saya resien 2006
    kartu 2=saya resein 2010
    tapi yg jadi permasalahanya saya cuma punya slip laporanya yg setiap th di kirim ke saya
    kartuya ilang kecopetan terus sarat yang lain entah kemana ilang pd saat saya pindahan rumah
    yang ilang paklaringya
    mohon pencerahanya dan mohon petunjukya tolong bangetya kira2 bisa ga di cairin??di tungguya jwbanya

  443. slamet haryanto
    Februari 1, 2012 pukul 8:04 am

    selamat sore pa…..
    kalau ambil dana jht tapi diwakil kan dengan istri saya apa syarat nya…
    terima kasih
    jawabanya ditunggu….

  444. Februari 13, 2012 pukul 10:09 am

    saya kenak kecelakan krj tp tak ad santunan dr pihak perusaan.saya udh 5th ikut jamsostek tp tak ad reksi.minak tolng di jls.

  445. fauzan akhyan
    Februari 20, 2012 pukul 4:45 am

    mba saya bisa gk cairin jamsostek saya (jht) saya pernah berkerja selama 2 tahun masa akhir kerja saya januari 2008-2009 desember. aku mau cairin mba tahun 2012 ini kira2 bisa gk mba .!! makasih mba ku cantik tolong penjelasan’y makasih mba??

  446. rachmah maulidina
    Februari 22, 2012 pukul 4:02 pm

    kalo kepesertaan jamsosteknya 2003…apakah skrg msh bs diambil…?klo ga diambil”…apakah saldonya hilang/angus…tlg infonya…

    @rachmah maulidina:
    bisa… saldonya ga hilang dong:)

  447. andri pujiono
    Februari 24, 2012 pukul 3:35 am

    pagi mba toetut..
    sypprnah mnulis k blog ni tp ko lom ada respon y..
    & skrang sy pnya prtanyaan lg(mdah2an mba dpt mrespon lngsung y….
    prtanyaan sy yg skarang apakah benar& bisa psert jmsostek yg k anngotaanya sdah 5 thun dpt mbcairkan danNya tanpa harus resign dr prusahaan sy bkerja..mkasih

    @andri pujiono:
    maaf ya mas andri.. biasanya saya tidak merespon karena jawabannya sudah ada di isi blog / jawaban2 sebelumnya:)
    iya bisa meskipun tidak resign. tapi sayang loh mas, kan JHT itu Jaminan Hari Tua, buat tabungan kita nanti..
    kembali kasih..

  448. msg.sulaiaman
    Februari 25, 2012 pukul 3:15 am

    nama saya msg sulaiman

    saya bergabung menjadi peserta jamsostek thn 2008 dan pada thn 2011 perusahaan saya sahamnya di belih oleh pemilik baru dan semua karyawan di berikan serat refferensi penonaktifan kepesrtaan jamsostek (surat pengantar klaim).yang ingin saya tanyakan di waktu peralihan Perusahaan saldo terakhir saya s/d maret 2011 sebesar Rp.2.000.000.pada thn 2013 nanti baru bisa saya cairkan karena baru genap 5 thn,apakah pada thn 2013 saya akan menerima dananya sesuai dengan print saldo akhir atau apakah saldo saya akan bertambah lebih dari itu

    Mohon informasinya..salam

  449. prapto
    Maret 2, 2012 pukul 6:52 am

    Mohon dibantu,saya sudah resign dr tempat kerja..sy kepengin mencairkan jamsostek saya..masa keanggotaan sudah 8th lebih..tapi surat referensi kerja gak ada..bisa dibantu gak?tlong hubungi saya di 085774638440

  450. suhardiman
    Maret 7, 2012 pukul 2:49 am

    saya peserta jamsostek …mau tanya.. Apakah ada limit untuk biaya Jaminan Pemeliharaan Kesehatan….?

  451. friski eka
    Maret 7, 2012 pukul 5:01 am

    aq mau tanya,bila kartu jamsosteknya ilang apa dananya bisa cair ngak ya..

  452. ayyik
    Maret 8, 2012 pukul 12:42 pm

    kartu jamsostek saya hilang dan slip rincianya juga hilang gmn cranya supaya bisa di urus kembali soalnya saya dulu kerjanya diluar kota masak harus ke sana hanya untuk ngurus saja kalo lewat nama dan tempat saya bekerja dulu bagaimana bisa tidak terlacak nomer jamsostek saya??tolong dibalas dan ditanggapi.

  453. Rita isnarti
    Maret 11, 2012 pukul 3:34 am

    Kalo mau pinjam untuk anak ..masuk kuliah bisa tidak?………saldo terakhir sudah 49 jutaan …terimakasih and gmn caranya? kalo bisa mudah ” an bisa yach …

  454. Rita isnarti
    Maret 11, 2012 pukul 3:48 am

    Gimana caranya kalo mau cairin dana Jamsostek sya msh bekerja and udah 20 tahunan ….thanks tolong jawabannya yach

  455. Maret 12, 2012 pukul 6:28 am

    met siang pak/bu kepala bagian jamsostek.
    saya mau tanya tentang pencairan dana,
    jamsostek yang baru katanya begitu di PHK/perusahaan pailit bisa langsung cair
    demikian terima kasih

  456. Nana Rohana
    Maret 12, 2012 pukul 10:24 am

    Saya bergabung menjadi peserta jamsostek dari bulan April 2009 sampai bulan Feb 2012,
    yang ingin saya tanyakan.
    Kapan dana jamsostek bisa saya cairkan dan persyaratan-nya apa saja ?

  457. enda hemawan
    Maret 13, 2012 pukul 3:17 pm

    susah bngt cek jamsostek,lwat sms/intrnet.
    d krnakan dh 3 thn blum dpt slip saldo.
    cra yg mudh bgai mna….?

  458. purnama
    Maret 14, 2012 pukul 2:53 am

    klw keanggotaan jamsostek blm 5 tahun,boleh g d cairkan JHT ny???
    katanya sekarang bisa …???
    totlong di jawab…penasaran

  459. Ervina
    Maret 14, 2012 pukul 3:01 pm

    Beneran gak sih klo bs d cairakan d jamsostek d mana ja gak harus d wilayah jamsostek tmpt kita krj??? Trus persyaratan ijasah/surat nikah itu kadang kan d sertakan itu ntuk pa ya

  460. anisa
    Maret 19, 2012 pukul 11:49 am

    wah trnyata gampang ya. Tp gmana kalo misalnya cuma kerja gak nyampe 5 tahun, ya mgkn cma 2th apa msh bisa dicairkan Jht nya dgn catatan menunggu masa 5th 6bln. Mohon blasanya melalui emai yaa..makasih

  461. Arifin
    Maret 22, 2012 pukul 3:58 am

    asslmkum…..mas/mbak,sy mw tanya,bgai mana klo kartu jamsostek saya hilang,trus perusahaanNya juga sudah gulung tikar,tpi sya mempunyai paklaring eks perusahaan tersebut..apa bisa sya mencairkan dana JHT saya dngan bermodal paklaring itu..?mohon informasiNya ya mas/mbak….trima ksih bnyak:-)

  462. ori sahuri
    Maret 22, 2012 pukul 7:31 am

    dlu sya krj dibandung sy tinggal dimajalengka kalo mau mencairkan jht dimajalengka bisa engga?

  463. ori sahuri
    Maret 22, 2012 pukul 7:39 am

    saya ingin men cairkn jht dlu saya krj di daerah bandung sekarang tinggal di majalengka .bisa ga mencairkannya di tempat tinggqal saya dan apa saja persyaratannya?mohon dibera penjelasannya atau sms in ke no 085624630984.makasih

  464. JJC
    Maret 26, 2012 pukul 8:03 am

    info ini bermanfaat bagi peserta jamsostek lainnya diseluruh wilayah indonesia. sip dan mantap. salam dari JJC(jamsostek jember community)

  465. ima
    Maret 27, 2012 pukul 1:56 pm

    saya ikut jamsostek tahun 2007 dan saya berhenti bekerja tahun 2009,tahun 2011 saya kerja lagi sampai sekarang,nah d tempat kerja saya yang bru, saya ga buat lagi jamsostek tapi saya melanjutkan kartu jamsostek saya yang saya dpt di tempat kerja saya yang dulu,apa saldonya bisa saya ambil?

  466. ian
    Maret 31, 2012 pukul 3:10 am

    assalamualikum…. Bpak pemimpin Jamsostek yg terhormat..
    ayah saya Bekerja di sebuah perusahaan ternama di Jkarta selama 17 tahun, pada thun 1990 ayah saya mengundurkan diri, ayah saya terdaftar sebagai anggota ASTEK (sekarang JAMSOSTEK) pada tahun 2010 ayah saya terkena musibah ledakan GAS Elpiji sehingga mata ayah saya BUTA total, saya hendak mengurus ASTEK saya apakah bisa cait sdngkan No anggota JHT sdh Hilang entah kamana, saya sdh mnghubungi k perusahaan TIGA RAKSA data datanya sdh Hilang.. apakah bisa di cairkan.. please.. kami mohon jawabanya.. terima kasih….
    tolong jawabanya di Alamat FB saya Ian MIlanisti Aremania.. (aprilianie@yahoo.co.id) sekali laGI TERIMA KASIH…
    WASSALAMUALIKUM..

  467. ade
    April 6, 2012 pukul 5:33 am

    assalam…
    sy mau naya barang kali ada yang bisa bantu jwab..
    jd sy kan udah berhenti Kerja dari thun 2009 dan tidak bekerja lagi (di PT) sampe sekarang, terus apakah Jamsostek (uang) sya jika tidak di ambil akan tetap jumblahnya atau akan terus bertambah tiap tahunya meski sy sudah tidak lagi bekerja…
    mhon bantuanya….
    wassalam…

    @ade:
    jika tidak diambil uangnya tetap ada. jika anda tidak bekerja lagi disana, iurannya ya tidak dibayarkan lagi:) tetapi saldo bunga terus bertambah sampai dicairkannya JHT tersebut.

  468. Lee
    April 12, 2012 pukul 5:11 am

    Mba mau tanya dunk,, kalo kartu jamsostek saya hilang gimana tapi surat ket krja dari perusahaan saya sih ada,, gmn tu mba?

    @Lee
    minta surat keterangan hilang ke polisi… cantumkan no Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) nya ya di surat itu.
    nanti surat itu akan diperlukan untuk pengurusan pengambilan JHT

  469. Andi Arisman
    April 14, 2012 pukul 11:52 am

    perusahaan saya telah bangkrut,.HRD saya entah kemana, saya tidak punya pengalaman kerja, apakah saya bisa mengambil uang JHT saya ?, Kalau tidak bisa bagai mana caranya.terima kasih

  470. yanti
    April 17, 2012 pukul 7:03 am

    mba mau tanya , kalau saya mau mencairkan dana jamsostek saya di daerah boyolali bisa gak, trus alamatnya dimana untuk cabang jamsostek yang berada didaerah boyolali ? sedangkan saya daftar keanggotaan di cabang salemba jakarta . mohon bantuanya terimakasih….. ( apakah saya tetap harus mencairkan dana tersebut di cabang salemba jakarta )

    @yanti:
    seharusnya bisa ya karena jamsostek sudah online

  471. indah handayani
    April 18, 2012 pukul 5:09 am

    mba , saya mau tanya .. saya kan pernah kerja disuatu perusahaan ,dan sudah 8 bulan lebih saya resign dari perusahaan tersebut . tapi masa kerja saya disana cuma 1 tahun 3 bulan, setelah itu otomatis jamsostek saya kan non aktif. kata pihak perusahaan saya sudah bisa mencairkan dana tsb tnpa mnggu 5 thn , saya coba telp jamsostek cabg salemba tapi gak diangkat ..
    apa benar bisa diambil ? terima kasih

    @indah handayani
    Setahu saya minimal tetap 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan. CMIIW
    trims kembali

  472. rizal
    April 20, 2012 pukul 3:37 am

    selamat siang mbak,
    saya mau mencairkan dana jamsostek saya,saya bekerja pada perusahaan yg pakai outsourcing, dan sering ganti2 outsorsing,,saya punya 5 kartu JHT dari perusahaan yang berbeda,yg mau saya tanyakan SURAT REFERENSI KERJA/SURAT KETERANGAN TIDAK BEKERJA yang dilampirkan cukup yang terakhir atau semuanya, karena ada beberapa surat referensi kerja saya yang hilang,,mohon pencerahannya,,trimakasih

    @rizal:
    Selamat siang. Kalau KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) nya ada 5 berarti suratnya ya 5 juga.
    Terimakasih kembali.

  473. Mei 1, 2012 pukul 4:31 am

    Slamet Siang
    Jamsostek

    Saya mau bertanya soal Jamsostek :
    1. soal Pencairan Saldo Jamsostek, ketika saya cek di Kartu Jamsostek saya ada sedikit kekeliruan di keterangan tanggal lahir tertulis 21/05/77, sedangkan di KTP dan Kartu Keluarga tertulis 21 Maret 1977, sedangkan syarat-syarat untuk pencairan Saldo Sudah Lengkap, apakah bisa d cairkan??
    2. Saya ingin mencairkan juga saldo jamsostek istri saya, tetapi sudah lama sekali berhenti kerjanya dan istri saya tidak memiliki surat keterangan berhenti bekerja dari Pabrik tempat istri saya bekerja (Pakelaring), mohon petunjuknya??

    @solehudin:
    Selamat siang Pak,
    sebelumnya saya jelaskan bahwa ini blog pribadi, bukan Jamsostek, dan sayapun bukan karyawan Jamsostek:) saya juga peserta Jamsostek, dan kebetulan sharing mengenai JHT.
    1. Bisa dicairkan, tetapi mungkin perlu ada surat keterangan tambahan dari kecamatan yang menerangkan bahwa tgl lahir yang tercantum di KPJ (21 Mei) dan yg tercantum di KTP & Akte lahir (21 Maret) orangnya adalah sama.
    2. Mungkin ada rekan2 yang bisa membantu?

    • Mei 1, 2012 pukul 8:12 am

      ok terima kasih banyak atas informasinya, mohon maaf atas kekeliruannya… slam

      @solehudin:
      sama2….kalau ada info yg bisa disharing dipersilahkan loh:)

  474. Mei 8, 2012 pukul 9:45 am

    kalau referensiny tidak ada pak dimana perusahan dulu yang pernah saya bekerja karena bangkrut perusahaanny.bisa tidak ya pak untuk di cairkan jamsostekny?

  475. fany
    Mei 23, 2012 pukul 2:19 am

    mba, kalau usia kita belum 55 tahun, trus masa keikutsertaan jamsostek kita juga belum 5 tahun (baru 4 tahun) tapi sudah berhenti kerja, apakah dana jamsosteknya bisa diambil juga?
    trims sebelumnya atas informasinya
    Salam
    Fany

    @fany:
    belum, tunggu 5 tahun:)
    trims kembali

  476. shelly junita
    Juni 20, 2012 pukul 6:26 am

    mba, sy terdaftar di jamsostek sejak aug 2007 dari prsh A dan berhenti pada maret 2010 , april 2010 bekerja kembali d prsh B dan didaftarkan di jamsostek menggunakan nomor kartu yang lama. tapi kartu jamsostek sy yang terdaftar d prsh A sudah tidak ada.. hanya ada kartu jamsostek yg terdaftar di prsh B.
    akhir mei 2012 kmrn saya berhenti bekerja di prsh B.
    apakah saya bisa mencairkan JHT dengan menggunakan kartu jamsostek yg terdaftar d prsh B ? atau saya harus membawa kedua kartu nya (nomor yang sama hanya beda perusahaan) sehingga saya harus melaporkan kehilangan untuk kartu yang terdaftar di prsh A ?
    many thanks..

    @shelly junita
    Bisa menggunakan kartu B saja mbak, kan sudah diperpanjang:)
    trims kembali

  477. topan
    Juli 1, 2012 pukul 1:08 pm

    dear mba toetoet,
    mba saya pserta jamsostek dari juni 2007,saya pernah pindah perusahaan dan menggabungkan saldo dari 2 perusahaan tsb dlm 1 kartu,klo mau d cairkan verklaring yg d btuhkan dari perusahaan terakhir atau keduanya?dan kpn ya bisa d cairkan?
    thanx

    best regards,
    topan

    @topan:
    verklaring yg diperlukan ya keduanya:)
    bisa dicairkan min 5 tahun kerja diperusahaan terakhir

  478. ika
    Juli 28, 2012 pukul 12:21 pm

    saya berhenti bekerja 1 april 2011, kepesertaan jamsostek saya agustus 2007,,, kpan saya bisa mencairkan dana jamsostek saya??? bgaimna syarat2nya?? tambahan: domisili saya sekarang berbeda dengan tempat saya bekerja dulu.

  479. catur
    Agustus 2, 2012 pukul 12:12 pm

    mbak, saya sudah pnya kartu jamsostek dari perusahaan yg dulu, stlh saya pindah ke perusahaan yg skrg saya tak mendaftarkan lg krtu jamsostek saya akan tetapi saya mendapati saldo saya bertambah dari perusahaan yg skrg.. pertanyaannya apakah saya bisa mengangambil semua saldo dgn menggunakan KPJ yg lama stelah saya keluar nanti??

  480. Agustus 10, 2012 pukul 3:49 am

    Saya dulu bekerja di sebuah perusahaan selama 2 tahun dan memiliki kartu jamsstek terdaftar pada bulan februari 2007 tertera ,sesuai dengan prosedur pemotongn setiap bulan dari pendapatan,yang ingin saya pertanyakan saat ini saya sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut,apakah jamsostek saya ini sudah bisa di cairkan apa belum waktunya…

    terima kasih.

  481. September 3, 2012 pukul 4:50 am

    slamet siang Rekan”???
    Salam…..
    Saya mau mnta tolong mungkin rekan” punya informasi soal pencairan dana jamsostek. tntang :

    Cara Pencairan dana Jamsostek soal claim Melahirkan soalnya istri saya melahirkan di bidan bukan rumah sakit rujukan, untuk pencairan dana melahirkan prosesnya seperti apa ya… tks

    salam solehudin..

  482. dede
    Oktober 29, 2012 pukul 10:51 am

    saya mau tanya klo misalkan mau mencairkan jamsostek..sebelum jangka waktu 5 tahun, tp udah g bekerja d perusaahn tersebut selama kurang lebih 2 tahun itu udah boleh d ambil g? pertama aktivasi jamsostek tahun 2009. saya ingin mencairkan jamsostek tersebut gimana bisa g?

  483. santoso
    Desember 8, 2012 pukul 10:16 am

    saya mau tanya, data kpj saya ada perbedaan sama data saya sekarang,bisa gak saya lanjutkan ke perusahaan yg baru,namun paklaring dari perusahaan yg lama hilang.

  484. yahya
    Desember 21, 2012 pukul 11:21 pm

    saya dulu bekerja di surabaya lalu mau cairkan di jakarta,, bisa ga..?

  485. KUSNAN
    Desember 23, 2012 pukul 7:47 pm

    Salam kenal mba noe, sy dulu th 1997 – 1998 prnh bekerja di PT. Pederal Motor dan mmiliki kartu jamsostek. Dan pada th 1999 – 2000 sy mnjd anggt KAMRA. Kemudian th 2001-2007 sy mnjd tenaga honorer didaerah,dan pd th 2008 diangkt mnjd PNS di PemKab. Kuningan S/d sekarang..Yg ingin sy tanyakn,apkh jamsostek atas nama sy tsb klu skrg diajukn kira2 msh bs dicairkn tdk mba…?Syrt apa sj yg hrs dilngkpi?
    Mksh sblmny mba,..

  486. Arga Abimanyu
    Desember 25, 2012 pukul 2:44 pm

    mohon infonya, saya seorang karyawan sebuah perusahaan transportasi terkemuka, dan saya berencana resign akhir bulan ini dengan masa kerja 117 bulan (9 tahun 9 bulan) ternyata saya cek ke bagian administrasi kantor saldo jamsostek saya hanya 4,5 jt, apakah benar itu ? karena menurut perhitungan saya dengan 3,7 % + 2 % nya saja dari gaji pokok sekitar 16 jt an, bagaimana cara saya mengurus hak saya tersebut agar bisa tetap dikeluarkan dan memang saya menerima hak saya ?

  487. mazroerz
    Februari 13, 2013 pukul 3:39 am

    saya sudah 6 tahun kerja sbgy karyawan outsourcing,nah…skrang sedang ada proses pengangkatan menjadi karyawan tetap….apakah jamsostek saya harus di lanjut atau bikin baru lagi??? terima kasih….

  488. Dian Gudinta Yudianto
    April 12, 2013 pukul 4:17 am

    dear mbak toetoet
    mau tanya neh…saya mau cairin JHT,masa kerja saya diperusahaan 1 dari september 2007 sd mei 2011 (4tahun)di luar jawa (kaltim) kemudian saya bekerja lagi di perusahaan baru di jakarta juni 2011 s/d juli 2012 (1 tahun) jamsostek saya teruskan diperusahaan 2,kemudian saya resign karena ingin usaha dagang sendiri. nah pada rentan waktu juli 2012 s/d febuari 2013 (8 bulan)jamsostek tetap saya pegang walaupun saya tidak bekerja..kemudian Pada bulan Febuari 2013 saya keterima kerja diperusahaan ke 3 di jakarta dan jamsostek saya teruskan lagi,apakah JHT bisa saya cairkan? dan menggunakan surat keterangan resign perusahaan ke 2 apakah bisa,soalnya saya statusnya masih kerja diperusahaan 3,,mohon di jawab ya,,mkasih banyak mbak..

    salam,

    Yudianto

  489. mariadi
    Mei 9, 2013 pukul 10:41 am

    Saya tlah mengikuti JHT jamsostek dari taun 2009 dari perusahaan saya dan taun 2010 saya mengundurkan diri dari perusahaan tsb trus tdak disambung ke perusahaan baru permasalahan skrg kartu jamsostek saya hilang namun bukti kertas saldo saya msh ada,kira kira bisa gak dicairkan cuma bawa bukti tsb tanpa ada kartu jamsostek asli
    Mohon untuk jawaban nya ya mbak….thanks

  490. Ananta
    Mei 23, 2013 pukul 10:08 pm

    Dear Kak Toetoet yg Baik,

    Pls advice nih tentang Paklarin, cuz byk pertanyaan yg senada tp “nothing answer”
    Sy krj d 3 Perusahaan dg 1 KPJ. Paklarin dr PT A&B tdk ad. Hnya ad dr PT C. Pertanyannya bisakah sy mengambil dana Jamsostek dg menyertakan surat kehilangan dr kepolisian sbg gnti paklarin A&B yg tdk ad. Plus Paklarin asli dr PT C.Atw ad advice lain?? Mohon bantuannya dari rekan2 semua yg membaca case saya. Besar harapan sy utk bs di comment posting Ana. Mungkin tmn2 ad yg puny sprti case sy. Urgently. Terimakasih

    @Ananta:
    Ya, sertakan saja surat hilang dari Kepolisian. Pastikan KPJ di PT A dan B ada ya nomernya (dan kartunya). Pokoknya semua berkas yang mendukung dilampirkan saja, nantinya petugas Jamsostek akan memberitahu apa saja yang sekiranya kurang.
    Semoga jawaban ini membantu ya Ana.
    Terima kasih kembali:)

  491. Ananta
    Mei 23, 2013 pukul 10:25 pm

    Dear Kak Toetoet,

    Ana udh baca blog ini dr Awal,keRenn aBiezz…
    Mohon bantuannya sekali lg soal paklarin y Kak, Cuz byk Case yg sama tp blum ad jawaban yg pasti.
    To : Pak Kyosuke or Mas BonBon mungkin jg bs bantu Ana. Soalna Ana benar2 pusing soal paklarin 2 Perusahaan ini. Mudah2an bisa di Bantu.

    Di tunggu Answernya ya Teman2

    Regards
    Ananta

  492. Juli 18, 2013 pukul 9:46 pm

    saya waktu oembuatan jamsostek ktpnya lampung, setelah nikah saya ikut suami saya dijakarta ,ktp aya jadi DKI Jakarta. apa bisa dicairkan dijakarta? bagaimana caranya?

  493. suharyanto
    Agustus 16, 2013 pukul 7:57 am

    web nya jamsostek.co.id kok tidak aktif ya?

  494. Oktober 1, 2013 pukul 3:50 pm

    Mau tanya ikut kepesertaan 5 th lebih, dan masih aktif kerja di perusahaan itu bisa gak di cairkan setengahnya

  495. Gery
    Oktober 11, 2013 pukul 2:05 am

    Mau nanya nih, kenapa hak karyawan untuk mencairkan JHT harus nunggu 5 tahun? kalau karyawan tersebut butuh dana, bisa ndak dicairkan sebelum 5 tahun? misalnya 3 tahun aja kerja(2010-1013),dan mau ngambil JHTnya sekarang, bisakan ?

  496. ghea
    Oktober 18, 2013 pukul 6:44 am

    kalo udh mngikuti kpesertaan jamsostek slma 3 thun, dan skrg udh stahun saya kluar dri prushaan trsebut dan tidak mngikuti jamsostek lg.kalo ingin d ambil sekalian d nonaktifkan bisa g ya sblm 5 thun?

  497. supriyatna
    Oktober 18, 2013 pukul 6:55 am

    saya mau tanya klo misalkan mau mencairkan jamsostek.. tp saya masih bekerja d perusaahn tersebut selama kurang lebih 5 tahun itu udah boleh d ambil g?
    tp saya kan masih bekerja tdk ada paklaring ,,saya ingin mencairkan jamsostek tersebut gimana bisa g?

  498. dhinie
    Oktober 19, 2013 pukul 12:10 am

    mau tnya..krtu jam sostek sya hlang dan saya sdh membuat surat kehilangan dari polisi.. rencana saya hari senin saya mau mengurus ke cbang rawamangun,persyaratannya apa saja yg hrus saya bawa untuk mengurus kehilangan kartu jamsostek saya.. mohon bantuannya

    terimakasih

  499. Gunaryadi
    Januari 15, 2014 pukul 4:55 pm

    Sya igun,istri saya melahirkan 31desember2013,tpi pas tgl 15 januari 2014 sya ingin klaim,yang ada klaim sya ditolak,mohon bantuannya

  500. vivin harjanti
    Januari 28, 2014 pukul 11:33 am

    Saya menjadi anggota jamsostek pad bulan desember 2008.hanya bekerja 2 tahun di perusahaan.saya resign pada bulan desember 2010.apakah jamsostek saya sudah dapat dicairkan? Jika belum bisa bulan ini kapan lebig tepatna untuk bia cair?

    Terimkasih..
    Ditunggu jawabannya

  501. eva
    Maret 20, 2014 pukul 8:51 am

    mba mau tanya..pda thn 2007 sya bekerja d pt A..trus sy d dftrin d jamsostek.tpi bru 2mggu sya kbur dan sya gak dpet paklaring n kartu jamsostek.trus pda maret2008 sya bkerja d pt B..sya d bkinin krtu jamsostek dgn no.kpj yg berbeda.skrg sy sudah tdak bkerja lgi.apakah jamsostek sya bsa cair?!.
    makasih.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: