Beranda > Baca Aja, CurHat, Orang Terkenal, Presiden, Renungan > Selamat Jalan Pak Harto…

Selamat Jalan Pak Harto…

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.

Indonesia dikejutkan dengan berita duka telah berpulangnya salah seorang putra terbaik bangsanya.  Pada hari minggu, 27 Januari 2008 pukul 13.10 WIB di RS Pertamina, setelah dirawat selama 24 hari, Jendral Besar (purn) H. Muhammad Soeharto, mantan Presiden RI yang ke 2,  dipanggil Sang Kuasa karena komplikasi penyakit yang dideritanya. Beliau meninggalkan 6 orang anak yang telah menikah, sejumlah cucu, dan sejumlah cicit.

Semua media cetak berlomba-lomba untuk mendapatkan berita terbaik. “Breaking news” begitu headline2 yang terpampang di media elektronik dan cetak. Sosok Pak Harto memang melekat kuat dalam benak kita. Disaat pro & kontra mengenai keadaannya yang harus mempertanggung jawabkan atas semua yang pernah dilakukannya, Pak Harto tetaplah manusia biasa juga.

Lihatlah betapa banyak masyarakat yang ingin menyaksikan dari dekat kepergian “The Smiling General” tersebut. Meskipun mereka dibatasi dari pagar kediaman  (dan pada akhirnya diperbolehkan untuk masuk 10 orang -10 orang untuk dapat melihat walaupun dari jauh), menandakan bahwa beliau masih sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Sepanjang jalan dari mulai kediaman, jalan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, hingga tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo, dan sampai ke Astana Giribangun, tempat peristirahatan terakhirnya…. ratusan orang berbaris ingin melihat dari dekat dan seolah memberikan lambaian terakhir baginya.

Banyak yang berkata, semasa Beliau hidup, keadaan lebih baik daripada sekarang. Pendidikan tidak mahal, keamanan terjamin, perekonomian tidak terpuruk seperti sekarang ini.

Ah… kita memang tidak bisa kembali ke masa lalu. Yang bisa adalah belajar dari masa lalu itu menuju yang lebih baik……. 

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: