Beranda > Baca Aja, CurHat, Info, Kesehatan, Renungan > Rambut Beruban

Rambut Beruban

“Mama toet, kok rambutnya ada putih-putihnya?” begitu saya mendengar Hanny berbicara dengan muka setengah bingung. Setengah meringis saya berkata, “Iya sayang, itu namanya uban.”

“Kok rambutnya bisa putih gitu sih mama Toet?”

“Iya sayang, soalnya mama udah mulai tua *errghh… kok agak susyah ya menyebutnya*”

“Dede’ masih kecil jadi ga ada putih-putihnya ya?”

“Iya sayang…”

Hmmmmfh.. sembari memikirkan perkataan anak umur 3.5 tahun tersebut, saya berfikir, apa ya yang menyebabkan timbulnya uban dikepala saya.

Rambut kita mempunyai pigmen (zat warna) yang disebut Melanin. Melanin dibuat oleh sel yang disebut Melanosit, letaknya persis dipangkal rambut dan dibagian dasar dari lapisan kulit terluar.

Jika pigmen tidak lancar berproduksi, helai rambut kita akan berubah menjadi putih   yang sering kita sebut UBAN. Uban sering dikaitkan dengan bertambahnya usia, tetepi sekarang banyak juga anak muda yang sudah beruban.

Penyebab timbulnya UBAN :

1. Genetik/keturunan

Jika ayah/ibu kita beruban sejak usia 30 tahunan, ada kemungkinan kita akan beruban pada usia tersebut pula. Ada juga orang yang sudah berusia 50 tahun, tapi rambutnya masih hitam karena faktor keturunan tersebut.

2. Stres

Stres berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12 dari badan. Kekurangan vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Tapi hal ini bersifat sementara. Bila tubuh sudah tidak mengalami stres, produksi pigmen pun kembali lancar dan rambut kembali hitam.

3. Sakit keras

Sakit keras bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncul uban. Bila kondisi membaik, rambut hitam tumbuh kembali.

4. Gizi buruk

Asupan makan yang kurang seimbang juga mempengaruhi kesehatan rambut. Ini menyebabkan rambut tumbuh kemerahan, beruban, dan rusak. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang. Kurang darah juga bisa menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok

Merokok menghambat aliran zat2 gizi yang dibutuhkan tubuh dan dibawa dalam peredaran darah.

6. Zat kimia

Penggunaan sampo, minyak rambut, cat rambut yang kandungan zat kimianya tinggi, sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Minyak dan cat rambut meresap  kedalam pori-pori kulit kepala, sehingga mempengaruhi produksi pigmen.

7. Zat pengawet

Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula sintetis, dan bahan kimia lainnya, juga mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Hmmm.. dari ke 7 faktor diatas, sepertinya : stres, gizi buruk, zat kimia, dan zat pengawet yang menyebabkan timbulnya uban2 dirambutku..hehe.

Kalau keturunan sepertinya tidak, karena ortu beruban ya setelah usia lanjut, normal-lah. Trus sakit keras juga tidak (jangan sampe), kalo merokok? sudah berhenti tuh…

Jadi…. jika kita mau ga cepet2 beruban :

*Rajinlah berolahraga, biar peredaran darah lancar. Badan sehat, rambut tumbuh hitam, lebat dan bercahaya.

*Banyak makan sayur yang mengandung vitamin A dan C (bayam, tomat, wortel, brokoli, paprika, dll) yang baik untuk pertumbuhan rambut.

*Banyak makan buah yang mengandung vitamin C (pepaya, mangga, jeruk, anggur, stroberi, dll)

*Perbanyak minum air putih.

*Berpikir positif. Hidup sudah susah… jangan tambah dibuat susah…hehe.

(diambil dari koran Kompas)

  1. Maret 14, 2009 pukul 7:18 am

    Betul sekali, sebab orang yang tidak mau berpikir positif, merasa selalu susah hidupnya, maka akan mengakibatkan depresi dan bisa-bisa mengarah pada tindakan yang tidak baik….

  2. boboha
    Maret 31, 2009 pukul 2:07 pm

    terima kasih infonya , sangat membantu….. tank s..

  3. elis
    Desember 25, 2009 pukul 5:30 am

    thank’s buat infonya, ….

    @elis:
    sama2 sist🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: