Beranda > Baca Aja, Info, Motorcycle, Renungan > Pentingnya Safety Riding

Pentingnya Safety Riding

Kemarin, ketika sedang membuka YM, Yudhi memberi tahu kalau Oki kecelakaan, sempat masuk UGD dan sekarang sudah dirumah. Wah, mendengar kata UGD dibenak saya pasti parah nih. Saya pun janjian dengan Yudhi untuk menjenguk sehabis pulang kantor. (Duh, padahal kemarin saya kan sempat menelfon Oki tanya2 tentang motor saya yang mogok tiba2…duh…semoga ga parah ya lukanya)

Dari Semanggi, lewat Gatsu, belok kearah Mampang, dan meluncur ke rumah Oki di Tanjung Barat. Terlihat Oki duduk di teras bersama beberapa temannya. Dia cengar cengir begitu melihat kami. “Aduh..apa2an sih Toet pake bawa kue segala, orang gw gapapa kok…”

Oki memang terlihat tidak apa2. Di pagian betis depan telihat luka terbuka sebesar telapak tangan, tapi tidak dalam, luka merata. Yang agak parah adalah jari kelingking dan jari manis, kuku jari kelingking & jari manisnya semua terkelupas, luka terbuka agak dalam, dan darah masih menetes.

”Ki… jari lo aturan dijahit tuh… ”

”Ha? Dijahit? Ih… Ga usahlah Toet… Gapapa lagi….”

Saya dan Yudhi semakin meledek Oki tentang lukanya itu. Kita bilang harusnya dikasih obat A, obat B, obat C biar cepat sembuh, dan ledekan2 lain karena ternyata Oki ga tahan perih.

Si Oki ini kalau mengendarai motor memang terkenal kuenceeeeng alias ngebut. Nah, pada hari naas itu, sekitar jam 8 malam, Oki mau kerumah Hari untuk urusan motor. Karena pikirnya dari Tanjung Barat ke Gudang Peluru dekat jaraknya, maka Oki hanya memakai celana pendek dan bersendal jepit. Dia bertabrakan dengan bapak2 yang berboncengan dengan istri dan anaknya. Yang salah bapak itu, karena posisi Oki lurus, sedangkan Bapak ini belok kekanan melambung, jadilah serempetan itu. Dua2nya jatuh dan dibawa ke rumah sakit. Motor Oki lecet kanan. Jalunya terlepas, bodi tergores sedikit, tapi yang aneh kok kepala babinya bisa terlepas juga ya?

Inti dari cerita ini adalah pentingnya memakai perlengkapan dalam mengendarai motor. Ga usah macem2, yang standar aja. Kalau Oki pakai sepatu pasti dia ga akan luka di jari kakinya. Kalau Oki pakai celana panjang mungkin lukanya tidak separah itu. Mungkin engkelnya juga ga keseleo. Safety riding! Meskipun jarak yang ditempuh dekat, jangan sepelekan keselamatan anda.

Untuk pengendara :

  1. Cek motor anda (surat2, mesin, bahan bakar).
  2. Pakai perlengkapan standar (jaket, sepatu, helm, sarung tangan).
  3. Kendarai motor dengan kecepatan sewajarnya.
  4. Selalu waspada.
  5. Jangan lupa bawa dompet… hehehehe.
  6. Udah ya… ada yang kurang ga? Kayanya gitu aja udah cukup ye? Kalo ada yang kurang sok atuh ditambahin ya?

Untuk boncenger alias yang dibonceng :

1. Minta ijin dulu sama yang punya motor, mau ga dia mbonceng kita.

2. Pakai perlengkapan standar juga (sepatu, helm)

3. Pegangan kuat ke pinggang yang mbonceng (jangan malu-malu meluknya ya!)

4. Jangan ngantuk!

5. Selalu waspada (apalagi kalo cewek kan biasanya bawa tas tuh, hati2 naruhnya, jangan disamping, usahakan didepan, didalam jaket, atau didalam bagasi) Errghh.. kalo bawa tas besar, pikirin deh gimana caranya ya…

6. Jangan lupa berdoa biar selamat sampai tujuan.

Satu lagi nih tambahan, pembonceng dan boncenger harus sama2 menghadap ke depan, jangan satu ke depan, satu ke belakang, atau dua2nya menghadap ke belakang ya, bisa bahaya tuh… *halah, ni tips ngaco amat sih*

Selamat jalan……

Iklan
  1. IK
    Mei 29, 2008 pukul 6:27 am

    Uhmm…mbak, mbak…*eh,beneran embak kan yah, hihi..* secara dakuw biasa jd boncengers nih yaa, bijimaneh dunks persiapan na?? *staring innocently*
    IK

    @IK
    uhmm… aku embak apa mas ya?? *wakakakaks….nerawang ga jelas*
    udah ku tulis tuh tips untuk boncenger, dibaca dengan baik dan benar ya…:-)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: