Beranda > Baca Aja, Info, Penyakit > TIPES / THYPUS

TIPES / THYPUS

Akhir2 ini banyak sekali disekeliling saya yang terkena penyakit ini. Mungkin info ini bisa dibaca…..

Posted in Bakteri by Lenny on the December 24th, 2007

Pengertian
Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).
demamKuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.
Dalam masyarakat penyakit ini dikenal dengan nama Tipes atau thypus, tetapi dalam dunia kedokteran disebut TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut.

Diagnosis
Untuk mengetahui penyakit tersebut lakukan pemeriksaan laboratorium seperti :
Terjadinya penurunan sel darah putih
Anemia rendah karena pendarahan pada usus
Trombosit menurun
Menemukan bakteri salmonella typhosa pada kotoran, darah, urin
Peningkatan titer Widal

Reaksi Widal merupakan test imunitas yang ditimbulkan oleh kuman Salmonella typhi/ paratyphi, yaitu kuman yang terdapat di minuman dan makanan kita yang terkontaminasi dengan tinja orang yang sakit. Dikatakan meningkat bila titernya lebih dari 1/400 atau didapatkan kenaikan titer 2 kali lipat dari titer sebelumnya dalam waktu 1 minggu.

Pada pemeriksaan fisik dapat ditemui bradikardi (denyut melemah) relatif, pembesaran limfa, tegangnya otot perut, dan kembung. Serta, periksakanlah apakah kandung empedu anda tidak mengalami peradangan menahun karena bakteri Tipes dapat menempati kandung empedu.

Gejala
Gejala yang dialami penderita Tipes dapat diuraikan menjadi berikut ini :
– Panas badan yang semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan kontinyu. Umumnya paginya sudah merasa baikan, namun ketika menjelang malam kondisi mulai menurun lagi.
– Pada fase awal timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar, dan diare.
– Pada keadaan yang berat penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun.

Pencegahan
Penyakit Tipes dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes , Salmonella typhosa, kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes.

Bila anda sering menderita penyakit ini kemungkinan besar makanan atau minuman yang Anda konsumsi tercemar bakterinya. Hindari jajanan di pinggir jalan terlebih dahulu. Atau telur ayam yang dimasak setengah matang pada kulitnya tercemar tinja ayam yang mengandung bakteri Tipes.

Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit ini kini sudah ada Vaksin Tipes atau Tifoid yang disuntikkan atau secara minum obat dan dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi tersebut.

Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam/24 jam, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit Tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita Tipes.

Hindarilah makanan yang tidak bersih. Cucilah tangan sebelum makan. Bagi penderita carrier (tidak menderita penyakit ini, namun dapat menyebarkan bakterinya) tetap mengkonsumsi obat.

Pengobatan
Penyakit ini tidak terlalu parah, namun sangat dapat menganggu aktifitas kita. Yang sangat dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat menderita. Anda terasa tidak bisa apa-apa ( setidaknya ini yang saya rasakan ketika menderita penyakit ini).

Yang perlu diperhatikan pasca terkena Tipes adalah pola makan yang benar. Misalnya harus lunak, ya terapkan makan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makanan yang berminyak, pedas, asam, spicy hindari. Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Kemudian untuk menjaga stamina bisa diberikan Kapsul Tapak ( sesuai ketentuan dokter) Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2 Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. (untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diusus akibat Typus).

Pengobatan pada penderita ini meliputi tirah baring, diet rendah serat – tinggi kalori dan protein, obat-obatan berupa antibiotika (dijelaskan pada paragraf berikutnya), serta pengobatan terhadap komplikasi yang mungkin timbul.

Obat untuk penyakit Types adalah antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin dll yg diberikan selama 7 – 10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai resep yg dokter berikan. Jangan dihentikan bila gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Obat harus diminum sampai habis ( 7 – 10 hari ). Bila tidak, maka bakteri Tipes yg ada di dalam tubuh pasien belum mati semua dan kelak akan kambuh kembali.

http://infohidupsehat.com/?p=72

Kategori:Baca Aja, Info, Penyakit Tag:,
  1. Februari 19, 2009 pukul 8:35 am

    Dulu saya pernah kena tipes dan 3 hari sudah bisa beraktivitas. Rahasianya ada di obat cacing kalung.

    @Anton
    Thx for the info….
    Cacing kalungnya yang bentuknya dikeringin, atau udah jadi serbuk, atau pil seperti vermin kah?

  2. Februari 20, 2009 pukul 5:26 am

    ya ampun…
    jangan sampe sayah kena tipes deh…
    bisa mati bosen kalo kudu istirahat total seminggu.
    😀

    @yoan
    iya.. jangan sampe..
    jaga kondisi badan, kesehatan nomer satu ya🙂

  3. Februari 26, 2009 pukul 12:46 am

    Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal “Mengapa Timbul Penyakit” di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/11/29/mengapa-timbul-penyakit/

    @sehat4life
    Ini copas mas..hehe..
    Terima kasih kembali & salam kenal!
    nanti saya “jalan2” kesana…🙂

  4. Anis
    April 21, 2009 pukul 12:33 am

    Sekarang saya sedang trsiksa lemah berbaring di tmpat tidur..karena sakit tipes. Pemeriksaan titer widal 1/100.. Obat yg dikasih dokter cirofloxasin, thiamphenicol. Yg saya rasakan lemah lemes dan capek di kaki juga. Sambil tiduran saya ngenet baca2 ttng sakit tipes. Thanks jeng Toetoet ya.

    @Anis:
    sama2 sist, get well soon ya:)

  5. Kevin
    Agustus 3, 2009 pukul 2:25 pm

    Aku skarang lagi sakit tipes
    Kata mama ku kalo kita sakit jangan di rasa2-in
    Uda gitu katanya slama masih bisa jalan harus tetep skolah
    Padahal bukan nya tipes ga boleh cape ya?
    Sedangkan kelas ku ada d lantai 3 dan naek nya pake tangga lagi
    Akhirnya hari ini baru masuk skolah pulang nya ngedrop langsung

    Apakah pendapat mama ku itu benar? Tolong komen nya ya?

    @Kevin:
    Sakit tipes itu harus istirahat total. Mungkin maksud mama kamu, kamunya agar jangan manja🙂
    tapi memang seharusnya tidak masuk sekolah, makan bubur saring dan minum obat dokter, malah kalau parah ya harus dirawat dirumah sakit, diinfus.
    semoga kamu cepat sembuh ya…

  6. Melia
    Desember 25, 2009 pukul 6:11 am

    istirahat total mksdnya gmn?
    aq br smbh seminggu yg lalu …
    dan aq ud mrasa shat spti biasanya ..
    jd ap aq hrs ttp brbaring” ria d kasur?
    ato blh beraktivitas spti biasa?
    tlg blasannya y … aq tkt bngt klo penykt ini bs kembali menyerang .. TT

    @Melia:
    jangan melakukan kegiatan yg terlalu aktif
    jaga kondisi aja ya sist, jangan diforsir, kalo udah ngerasa capek istirahat dulu…begitu🙂

  7. Icha cheepz
    Maret 14, 2010 pukul 10:39 am

    thx y, tas infonya.. q lgi kna pnyakit ini, tpi q g bsa yg nmanya istirahat total.

  8. ibad
    Agustus 20, 2010 pukul 3:27 pm

    Bagus banget nih artikel, walo sudah lama tapi tetap bermanfaat.
    Saya lagi kena tipes, tp kata dokter baru gejala si. jd jngn terlalu watir.
    Walo baru gejala, bener2 g enak, sering panas, mual, pusing, batuk kering juga berdahak,yang edun lagi tenggorakan ikut sakit, klo batuk kepala sakit, kaki kiri pegeel bngt bawaannya.

    Pertanyaan saya, di luar obat yang diberikan Dokter, selain cacing, makanan/minuman apa yang cocok untuk membantu proses penyembuhan penyakit ini, apakah minum susu, vit c dosis tinggi (1000gr/hr) aman dikonsumsi?

    Trima Kasih.

    Ibad

  9. Agustus 27, 2010 pukul 2:23 pm

    thanksss yahh. aku ambil buat tugas kuu ttg penyakit dalam. semuanya lengkap dr pengertian sampe obat2an. mau di post ke blog ku juga. thanks gbu

    @nurseella:
    Trims kembali… senang bisa membantu🙂

  10. Maret 15, 2011 pukul 7:36 am

    Suami sy skt tipes,udah brobat k rmh skt,prtanyaan sy ap blh dbrngn minum obatnya sm obat cacing.trus brapa hr sembuh jk mengkonsumsi obat cacing. trimakasih

    @salsabila:
    waktu itu pernah tanya apoteker (pas lagi ambil obat) sebaiknya dikasih jeda 1-2 jam. CMIIW.
    kalau untuk sembuh relatif ya… sekitar semingguan… biasanya panas dingin udah enggak, tapi pusingnya masih.
    thx kembali.

  11. Desember 11, 2011 pukul 12:44 pm

    terima kasih ya buat infonya. saya kira typus itu penyakit yang ga terlalu parah, ga taunya cukup kronis.
    kasian pacar saya harus istirahat dalam kurun waktu yang cukup lama🙂
    (karena termasuk laki-laki yang aktif)

  12. ayik
    Mei 5, 2012 pukul 7:32 am

    saya kenak penyakit tipes deman saya udah 4 hari udah turun…..
    tapi skarang kok saya susah tidur kadang keringan dingin keluar itu gimana?

  13. anisaandriani
    November 5, 2012 pukul 5:10 am

    sekarang saya sedang terbaring lemah,menahan rasa sakit karena penyakit tipes sudah 4 hari namun belum juga ada perubahan,minum obat sangat menyiksa bagi saya,saya pekerja keras skejul saya padat setiap harinya dari senin-minggu.Terkadang malam mengerjakan tgs kuliah sampai larut mlm,pagi ngajar,sore kuliah,jd wkt untk istrht sangatlah minim.Jadi,kalau saya harus istrhat brhari-hari,brminggu-minggu bhkan brbulan-buln,bagaimana dgn tugs dn tanggungjwb sy sbagai tnaga pndidik?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: